Kamus Obat

Cefadroxil Monohydrate

December 11, 2020 | Arin Khurota
feature image

Cefadroxil monohydrate merupakan antibiotik turunan sefalosporin yang merupakan bentuk hydrate dari cefadroxil.

Antibiotik ini sering dimanfaatkan dalam mengatasi beberapa masalah kesehatan yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Namun, penggunaan obat untuk mengatasi gangguan akibat infeksi virus mungkin tidak akan bekerja.

Beberapa informasi berikut mungkin dapat membantu kamu memahami untuk apa obat cefadroxile monohydrate, dosis pemakaian, serta cara pakai yang tepat.

Untuk apa obat cefadroxil monohydrate?

Cefadroxil monohydrate adalah obat antibiotik golongan sefalosporin yang umumnya digunakan sebagai profilaksis sebelum prosedur perawatan gigi dan untuk pasien yang alergi terhadap penisilin.

Obat ini juga diberikan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan yang disebabkan oleh bakteri dengan kategori keparahan tingkat ringan sampai sedang.

Bentuk sediaan cefadroxile monohydrate sendiri sudah berkembang tidak hanya dalam sediaan per oral atau sirup, tetapi juga sudah tersedia dalam bentuk injeksi/parenteral.

Apa fungsi dan manfaat cefadroxil monohydrate?

Cefadroxile monohydrate berfungsi sebagai obat antibiotik yang memiliki aktivitas spektrum luas, sehingga efektif dalam mengatasi infeksi bakteri gram negatif maupun gram positif.

Cefadroxil monohydrate adalah antibiotik generasi pertama yang dibentuk semisintetik dengan efek pelepasan kinerja obat yang panjang, serta larut dalam air.

Antibiotik ini bekerja dengan cara mengikat protein pengikat penisilin spesifik yang terletak di dalam dinding sel bakteri sehingga dapat menghambat tahap ketiga dan terakhir sintesis dinding sel bakteri.

Cefadroxil monohydrate biasa dimanfaatkan untuk mengobati beberapa masalah kesehatan akibat infeksi bakteri, terutama untuk pasien yang alergi penisilin. Berikut beberapa gangguan kesehatan secara spesifik:

Sistitis

Sistitis adalah istilah medis untuk menyebut radang kandung kemih. Peradangan biasa disebabkan oleh infeksi bakteri, sehingga dapat disebut juga infeksi saluran kemih (ISK).

Infeksi saluran kemih biasanya disebabkan oleh spesies E. coli, P. mirabilis, dan spesies Klebsiella.

Meskipun jarang, sistitis dapat terjadi sebagai reaksi terhadap obat-obatan tertentu, terapi radiasi, atau potensi iritan, seperti semprotan kebersihan wanita, jelly spermisida, atau penggunaan kateter dalam jangka panjang.

Pengobatan yang umum digunakan untuk sistitis bakterial adalah antibiotik, seperti cefadroxil monohydrate.

Dosis yang biasa diberikan adalah 1-2 gram diminum dua kali sehari.

Infeksi kulit dan jaringan lunak

Infeksi kulit dan jaringan lunak terjadi akibat infeksi mikroorganisme pada kulit dan struktur pendukungnya.

Sebagian besar infeksi yang terjadi disebabkan oleh Staphylococcus aureus yang resisten methicillin dan streptococcus beta-hemolitik.

Infeksi topikal dengan tingkat keparahan sedang dapat diberikan antibiotik oral yang bekerja sistemik, dengan konsentrasi terarah.

Pada beberapa kondisi medis, cefadroxil monohydrate dapat menjadi pilihan terapi karena cara kerja obat dengan spesifikasi spektrum luas.

Dosis yang biasa diberikan adalah 1 gram diminum dalam dosis tunggal atau dibagi dalam dua dosis terpisah.

Faringitis dan tonsilitis

Faringitis dan tonsilitis disebabkan oleh infeksi bakteri Streptococcus pyogenes (Streptokokus beta-hemolitik Grup A).

Cefadroxil monohydrate bentuk kapsul diindikasikan untuk pengobatan pasien dengan infeksi yang disebabkan oleh strain yang rentan dari organisme.

Cefadroxil monohydrate umumnya efektif dalam pemberantasan streptokokus yang menginfeksi saluran faring.

Untuk mengurangi perkembangan bakteri yang resistan terhadap obat dan menjaga efektivitas kapsul cefadroxil dan obat antibakteri lainnya.

Kapsul cefadroxil sebaiknya hanya digunakan untuk mengobati atau mencegah infeksi yang terbukti atau diduga kuat disebabkan oleh bakteri yang rentan.

Dosis yang biasa diberikan untuk mengobati masalah kesehatan ini adalah 1 gram yang diberikan dalam dosis terbagi selama 10 hari.

Merek dan harga cefadroxil monohydrate

Beberapa nama generik maupun merek dagang cefadroxil monohydrate telah beredar luas di Indonesia. Berikut beberapa nama generik dan paten yang umum digunakan:

Nama generik

Cefadroxil monohydrate 500mg, sediaan tablet generik ini bisa kamu dapatkan dengan harga Rp3.290-Rp6.800/tablet.

Cefadroxil Dry Syrup 60ml, sediaan sirup kering mengandung cefadroxil monohydrate 125mg/5ml untuk anak-anak. Sirup ini bisa kamu dapatkan dengan harga Rp25.915/botol.

Nama dagang/paten

  • Librocef 500mg, sediaan kapsul mengandung cefadroxil monohydrate 500mg yang bisa kamu dapatkan dengan harga Rp2.158/kapsul.
  • Pyricef Dry Syrup, sediaan sirup kering mengandung cefadroxil monohydrate 125mg/5ml yang bisa kamu dapatkan dengan harga Rp67.948/botol.
  • Renasistin 150mg/ml Drop 15ml, sediaan obat tetes mengandung cefadroxil monohydrate 150mg ditujukan untuk pengobatan infeksi kulit, faringitis, dan tonsilitis. Obat ini bisa kamu dapatkan dengan harga Rp79.931/botol.
  • Renasistin tablet, sediaan tablet mengandung cefadroxil monohydrate 500mg yang biasa dijual dengan harga Rp12.746/tablet.
  • Sedrofen F 250mg/5ml Dry Syrup 60ml, sediaan sirup kering mengandung cefadroxil monohydrate 250mg yang bisa kamu dapatkan dengan harga Rp124.105/botol.
  • Vroxil 500mg, sediaan kapsul mengandung cefadroxil monohydrate yang bisa kamu dapatkan dengan harga Rp13.324/kapsul.
  • Widoxil 500mg, sediaan tablet mengandung cefadroxil monohydrate 500mg yang biasa dijual dengan harga Rp12.134/tablet.
  • Lapicef 150mg/ml oral drop 15ml, sediaan obat tetes oral mengandung cefadroxil monohydrate yang dikhususkan untuk anak. Obat ini bisa kamu dapatkan dengan harga Rp75.412/botol.

Bagaimana cara minum obat cefadroxil monohydrate?

Minum obat ini melalui mulut dengan atau tanpa makanan seperti yang diarahkan oleh dokter. Obat biasanya diminum sekali atau dua kali sehari.

Kamu bisa meminum obat ini bersamaan dengan makanan apabila kamu memiliki gangguan gastrointestinal (gangguan lambung dan saluran pencernaan)

Jika kamu menggunakan bentuk cair dari obat ini, kocok botolnya dengan baik sebelum diminum. Ukur dosisnya dengan hati-hati menggunakan alat pengukur atau sendok khusus. Jangan gunakan sendok makan karena dikhawatirkan tidak mendapatkan dosis yang tepat.

Dosis ditentukan berdasarkan kondisi medis dan respons terhadap pengobatan. Pada anak-anak, dosisnya berdasarkan berat badan. Biasanya, dokter yang akan memberikan detail mengenai hal ini.

Jika obat dalam bentuk sirup kering, encerkan lebih dahulu dengan air hangat dan kocok sebelum diminum. Takar obat sesuai dosis yang telah diberikan dokter.

Minum obat pada waktu yang sama setiap hari dan teratur. Hal ini untuk memudahkan kamu mengingat dan diharapkan dapat mendapatkan efek terapi yang maksimal.

Minum obat hingga habis meskipun gejala penyakit mungkin telah hilang. Hal ini untuk menghindari adanya resistensi bakteri.

Apabila kondisi kamu tidak semakin membaik, bahkan memburuk, segera hubungi dokter.

Berapa dosis obat cefadroxil monohydrate?

Dosis dewasa

Faringitis dan tonsilitis: 1 g per hari dalam satu atau dua dosis terbagi.

Infeksi saluran kemih: 1 atau 2 g per hari dalam satu atau dua dosis terbagi.

Infeksi kulit dan jaringan lunak pada kulit: 1 g per hari dalam satu atau dua dosis terbagi

Dosis untuk Anak-anak

Dosis untuk anak diberikan 30 mg/kg berat badan diminum tiap hari dalam dosis terbagi setiap 12 jam.

Apakah cefadroxil monohydrate aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat memasukkan obat ini dalam kategori B.

Tidak ada penelitian yang memadai dan terkontrol dengan baik pada wanita hamil. Karena studi reproduksi pada hewan tidak selalu dapat memprediksi respons manusia.

Obat ini dapat digunakan selama kehamilan hanya jika diperlukan dengan jelas.

Cefadroxil monohydrate dapat terserap dalam ASI. Penggunaan obat ini untuk ibu menyusui harus dengan petunjuk dari dokter.

Apa efek samping cefadroxil monohydrate yang mungkin terjadi?

Efek samping dari penggunaan cefadroxil monohydrate mungkin jarang terjadi.

Namun, apabila gejala efek samping berikut muncul, segera hentikan pemakaian dan konsultasikan lebih lanjut dengan dokter.

  • Sakit perut
  • Mual, muntah terus-menerus
  • Diare
  • Kehilangan nafsu makan
  • Mata atau kulit menguning
  • Urine berwarna gelap
  • Sakit tenggorokan yang tidak kunjung sembuh
  • Demam
  • Mudah memar atau berdarah
  • Susah buang air kecil
  • Perubahan mood
  • Obat ini jarang menyebabkan kondisi usus yang parah
  • Reaksi alergi yang serius: ruam, gatal, atau bengkak (terutama pada wajah, lidah, dan tenggorokan), kesulitan bernapas, dan pusing.

Peringatan dan perhatian

Sebelum meminum obat ini, beritahu dokter atau apoteker jika kamu memiliki riwayat alergi terhadap penisilin atau sefalosporin.

Sebelum menggunakan obat ini, beritahu dokter atau apoteker mengenai riwayat kesehatan yang pernah kamu derita, terutama dari penyakit ginjal, penyakit usus (kolitis).

Cefadroxil dapat menyebabkan vaksin bakteri hidup (seperti vaksin tifoid) tidak berfungsi dengan baik. Sebaiknya kamu tidak melakukan imunisasi atau vaksinasi saat menggunakan obat ini.

Suspensi mungkin mengandung gula. Disarankan apabila kamu memiliki riwayat penyakit diabetes untuk membatasi makanan yang mengandung gula. Konsultasikan lebih lanjut mengenai hal ini dengan dokter.

Sebelum menjalani operasi, beri tahu dokter atau dokter gigi tentang semua produk yang kamu gunakan (termasuk obat resep, obat non resep, dan produk herbal).

Selama kehamilan, obat ini harus digunakan hanya jika manfaat yang diperoleh lebih besar dari risiko yang mungkin terjadi. Konsultasikan lebih lanjut dengan dokter apabila kamu hendak mengonsumsi obat ini ketika hamil.

Obat ini dapat terserap dalam ASI. Meskipun tidak ada laporan bahaya pada bayi menyusui, konsultasikan dengan dokter sebelum memutuskan meminum obat ini.

Jangan gunakan obat antidiare atau opioid jika kamu mengalami gejala-gejala efek samping berupa gastrointestinal karena obat ini dapat memperburuk gejala.

Penggunaan obat ini untuk periode yang lama atau berulang dapat menyebabkan sariawan atau infeksi jamur. Sehingga, penggunaan obat jangka panjang tidak disarankan.

Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

register-docotr