Kamus Obat

Salah Langkah Bisa Fatal, Kenali dulu Cara Suntik Insulin Berikut Ini!

July 9, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Cara suntik insulin menggunakan jarum suntik masih menjadi yang paling populer dalam perawatan diabetes. Kamu bisa saja memasukan insulin dengan perangkat seperti insulin pen, insulin pump hingga jet injector, tapi penggunaan jarum suntik masih yang termurah.

Suntik insulin ini dibutuhkan oleh tubuh kamu karena saat terkena diabetes, tubuh tidak bisa bisa menggunakan insulin dengan benar (diabetes tipe 2) atau bahkan tidak bisa memproduksi insulin (diabetes tipe 1). Lalu bagaimana cara suntik insulin yang tepat? Simak ulasannya.

Baca Juga: Kabar Gembira! Minyak Kelapa Bisa untuk Perawatan Kecantikan Lho, Catat Manfaatnya

Lokasi yang tepat saat menerapkan suntik insulin

Insulin harus langsung disuntikan atau diaplikasikan di bawah kulit. Itu berarti kamu harus menyuntikannya di lapisan lemak di antara kulit dan otot.

Cara suntik insulin yakni pada jaringan lemak, karena kalau terlalu dalam dan masuk ke otot, tubuh kamu akan terlalu cepat menyerapnya. Terlalu dalam juga akan membuat otot terasa sakit dan akan berujung pada gula darah yang terlalu rendah.

Jika kamu harus melakukan suntik insulin setiap hari, usahakan untuk merotasi lokasi suntikan. Lokasi penyuntikan yang sama akan berujung pada rusaknya jaringan lemak.

Beberapa lokasi yang biasanya dipilih untuk penyuntikan antara lain:

  • Perut: lokasi ini paling dipilih untuk penyuntikan, karena insulin akan lebih mudah terserap dengan cepat. Pilihlah lokasi antara tulang rusuk dan tulang kemaluan
  • Paha: kamu bisa menerapkan cara suntik insulin di area atas paha, sekitar 10 cm dari atas kaki dan 10 cm dari lutut
  • Lengan: kamu bisa menerapkan cara suntik insulin di area lemak di bagian belakang lengan, di antara pundak dan siku

Langkah-langkah dalam menerapkan cara suntik insulin

Sebelum menyuntikan insulin, pastikan kamu memeriksa kualitasnya terlebih dahulu. Jika insulin beku karena ditaruh di mesin pendingin, maka biarkan insulin menyesuaikan dulu dengan suhu ruangan.

Yang perlu kamu ingat, jangan gunakan insulin yang sudah menggumpal dan berubah warnanya. Jika sudah yakin akan kualitas insulinnya, maka kamu bisa ikuti langkah berikut ini:

Kumpulkan semua peralatan

Sebelum menerapkan cara suntik insulin yang benar, beberapa perlengkapan ini perlu kamu siapkan terlebih dahulu.

  • Botol kecil insulin
  • Jarum dan suntikan
  • Kapas beralkohol
  • Kain kasa
  • Plester
  • Wadah anti bocor untuk bekas jarum dan suntikan

Sebelum melakukan penyuntikan, pastikan tangan kamu bersih, oleh karena itu cuci tanganlah dengan sabun selama di air mengalir selama 20 detik.

Pindahkan insulin ke suntikan

  • Posisikan suntikan di tangan kamu dengan jarum di bagian atas. Tarik pompa pendorong di dalam suntikan sampai bagian atasnya menyentuh angka ukuran dosis yang hendak kamu suntikan.
  • Lepas penutup botol insulin dan jarum suntik. Kalau botol ini sudah kamu pakai sebelumnya, bersihkan bagian atasnya dengan kapas beralkohol, lalu masukkan jarum lewat bagian atas botol.
  • Tekan pompa pendorong di dalam suntikan sehingga udara di dalam suntikan berpindah ke botol. Udara yang masuk ke botol akan menggantikan jumlah insulin yang akan kamu tarik.
  • Balikan posisi botol lalu tarik pompa pendorong sampai bagian hitam dari pompa ini menyentuh angka yang pas dengan dosis di dalam suntikan, jangan lupa oleskan kepala botol dengan kapas beralkohol ketika kamu mencabut suntikan.

Cara suntik insulin selanjutnya yakni memilih lokasi suntikan

Ketika suntikan sudah siap dengan dosis dari insulin yang hendak kamu masukan ke dalam tubuh, maka pilihlah lokasi penyuntikan. Cubit 3 hingga 5 cm kulit dari lokasi yang mau disuntik supaya suntikan tidak terkena otot, lalu oleskan dulu dengan kapas beralkohol.

  • Masukan jarum dengan sudut 90 derajat, tekan pompa pendorongnya hingga insulit dalam suntikan habis dan tunggu sekitar 10 detik lalu cabut jarum dan lepaskan cubitan kulit tadi ketika sudah selesai.
  • Ingat, jangan menggosok lokasi penyuntikan tadi meskipun kamu melihat ada sedikit darah setelah penyuntikan. 
  • Lebih baik segera tekan secara pelan lokasi itu dengan kain kasa dan segera tutup dengan perban jika diperlukan. segera taruh jarum dan suntikan bekas ke dalam wadah yang sudah kamu siapkan sebelumnya.

Baca Juga: Kenali Mastitis Payudara: Infeksi Jaringan Payudara pada Ibu Menyusui dan Cara Mencegahnya

Cara suntik insulin yang efektif dan nyaman

Ikuti langkah-langkah cara suntik insulin berikut ini untuk suntikan yang lebih nyaman dan efektif:

  • Kamu boleh membuat lokasi suntikan mati rasa dengan mengaplikasikan es batu beberapa menit sebelum mengolesnya dengan kapas beralkohol
  • Saat menggunakan kapas beralkohol, tunggu alkohol itu mengering sebelum melakukan penyuntikan
  • Hindari penyuntikan di akar rambut tubuh

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Healthline.com (2020) diakses 05 Juli 2020. https://www.healthline.com/health/diabetes/insulin-injection
  2. Medlineplus.gov (2018) diakses 05 Juli 2020. https://medlineplus.gov/ency/patientinstructions/000660.htm
    register-docotr