Kamus Obat

Daftar Antibiotik Obat Tipes di Apotek, Mau Tahu Apa Saja?

August 24, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Tipes atau demam tifoid merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Penyakit ini menjadi ancaman yang serius bagi anak-anak. Tipes sendiri dapat diobati dengan menggunakan pengobatan antibiotik. Lalu, apa saja obat tipes di apotek yang aman buat anak-anak?

Tipes dapat menyebar melalui makanan dan air yang terkontaminasi, atau bahkan melalui kontak dekat dengan seseorang yang terinfeksi. Gejala penyakit ini dapat termasuk demam tinggi, sakit kepala, sakit perut, sembelit, atau diare.

Baca juga: Kenali Gejala, Penyebab, hingga Cara Pencegahan Tipes pada Anak

Apa saja obat tipes di apotek?

Pengobatan antibiotik merupakan satu-satunya pengobatan yang efektif untuk mengobati tipes. Kebanyakan orang yang mengalami tipes merasa lebih baik dalam beberapa hari setelah memulai pengobatan antibiotik.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah obat tipes di apotek yang perlu kamu ketahui.

1. Ciprofloxacin (Cipro)

Ciprofloxacin merupakan obat yang digunakan untuk mengobati berbagai infeksi bakteri. Obat ini termasuk ke dalam golongan obat yang disebut quinolone antibiotics, ia bekerja dengan cara menghentikan pertumbuhan bakteri.

Obat ini hanya dapat digunakan untuk mengobati infeksi bakteri saja. Ini tidak akan bekerja untuk mengobati infeksi virus, seperti pilek atau flu. Jika menimbulkan gejala seperti muntah atau diare, obat ini sebaiknya diberikan secara intravena (IV).

2. Ceftriaxone

Obat ini biasanya diberikan dalam bentuk suntikan atau injeksi. Ceftriaxone sendiri merupakan antibiotik sefalosporin, ia bekerja dengan melawan bakteri di dalam tubuh. Antibiotik suntik ini adalah alternatif untuk infeksi yang lebih rumit atau serius.

Obat ini digunakan untuk mengobati berbagai jenis infeksi bakteri, termasuk dalam bentuk yang parah atau mengancam jiwa seperti meningitis. Tak hanya itu saja, obat ini juga digunakan untuk mencegah infeksi pada orang yang menjalani operasi tertentu.

3. Azithromycin (Zithromax)

Obat tipes di apotik selanjutnya adalah azithromycin. Obat ini merupakan antibiotik yang bekerja dengan cara melawan bakteri.

Azithromycin digunakan untuk mengobati berbagai jenis infeksi yang disebabkan oleh bakteri seperti tipes, infeksi saluran pernapasan, infeksi kulit, infeksi telinga, infeksi mata, atau bahkan penyakit menular seksual.

Pengobatan ini digunakan jika seseorang tidak dapat menggunakan ciprofloxacin atau bakteri yang resisten terhadap ciprofloxacin. Obat ini efektif untuk mengobati tipes tanpa komplikasi pada anak yang berusia 4-17 tahun.

Obat ini tidak dapat dikonsumsi bagi kamu yang pernah mengalami penyakit kuning atau masalah hati akibat menggunakannya. Tak hanya itu saja, obat ini juga tidak dapat digunakan bagi yang alergi terhadap obat serupa seperti, clarithromycin, erythromycin, atau telithromycin.

4. Amoxilin

Amoxilin adalah antibiotik penisilin yang melawan bakteri. Obat ini termasuk antibiotik paling terkenal yang diberikan secara oral dengan dosis harian 75-100 mg/kg selama 14 hari.

Obat ini dapat digunakan untuk mengobati berbagai jenis infeksi bakteri, termasuk tipes, tonsillitis, bronkitis, radang paru-paru, infeksi pada telinga, hidung, tenggorokan, kulit, atau bahkan saluran kemih.

5. Chloramphenicol

Chloramphenicol adalah antibiotik buatan manusia. Obat ini dapat memperlambat pertumbuhan bakteri dengan mencegah menghasilkan protein penting yang dibutuhkan untuk bertahan hidup.

Antibiotik ini efektif untuk melawan bakteri seperti S. typhi, H. influenzae, E.coli, spesies Neisseria, spesies Staphylococcus dan Streptococcus, Rickettsia, dan kelompok organisme limfogranuloma-psittacosis.

Chloramphenicol biasanya diberikan secara oral, tetapi bagi pasien yang mengalami muntah atau diare, obat ini diberikan secara intravena (IV).

6. Levofloxacin

Selain antibiotik yang sudah dijelaskan di atas, obat tipes di apotek yang juga dapat mengobati gejala tipes lainnya adalag levofloxacin. Obat ini termasuk fluoroquinolone antibiotics yang bekerja dengan cara melawan bakteri di dalam tubuh.

Sama seperti pengobatan antibiotik lainnya, obat ini juga digunakan untuk mengobati berbagai jenis infeksi bakteri, termasuk tipes. Levofloxacin juga digunakan untuk mengobati seseorang yang pernah terkena antraks atau jenis wabah tertentu.

Sebaiknya jangan sembarangan dalam mengonsumsi obat ini, karena fluoroquinolone antibiotics dapat menyebabkan efek samping yang serius. Levofloxacin hanya digunakan untuk infeksi yang tidak dapat diobati dengan antibiotik yang lebih aman.

Nah, itulah beberapa obat tipes di apotik yang perlu kamu ketahui. Sebelum mengonsumsi obat-obatan tersebut, ada baiknya jika kamu berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter agar tahu pengobatan yang tepat sesuai dengan kondisi serta gejala tipes yang kamu alami.

Kamu juga dapat bekronsultasi dengan dokter kami melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Drugs.com. Diakses pada 22 Agustus 2020. Medications for Typhoid Fever 

Drugs.com (2020). Diakses pada 22 Agustus 2020. Amoxicillin

Drugs.com (2019). Diakses pada 22 Agustus 2020. Azithromycin 

Drugs.com (2019). Diakses pada 22 Agustus 2020. Ceftriaxone 

Drugs.com (2019). Diakses pada 22 Agustus 2020. Levofloxacin 

Mayo Clinic (2018). Diakses pada 22 Agustus 2020. Typhoid Fever

Medscape (2019). Diakses pada 22 Agustus 2020. Typhoid Fever Medication 

Medicine Net. Diakses pada 22 Agustus 2020. Chloramphenicol 

RxList (2020). Diakses pada 22 Agustus 2020. Ciprofloxacin 

    register-docotr