Diet dan Nutrisi

Tinggi Serat dan Mineral, Ini 5 Manfaat Konsumsi Roti Gandum bagi Kesehatan!

August 22, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Roti gandum sedang naik daun seiring dengan mulai diliriknya pangan yang rtinggi serat dan bebas gula. Jenis roti ini secara umum merupakan yang paling bernutrisi dan bisa dimakan pada jenis diet apapun.

Roti gandum sendiri berbeda dibandingkan dengan roti putih yang biasa lebih mudah kamu temukan di mana-mana.

Kandungan nutrisi roti gandum

Mengutip laman Department of Agriculture Amerika Serikat (USDA), berikut ini adalah kandungan nutrisi dalam satu potong (43 gram) roti gandum utuh:

  • 80 kalori
  • 0 gram lemak
  • 170 mg sodium
  • 20 gram karbohidrat
  • 3 gram serat
  • 4 gram gula
  • 5 gram protein

Manfaat konsumsi roti gandum bagi kesehatan

Dengan melihat kandungan nutrisinya, beberapa manfaat konsumsi roti gandum bagi kesehatan di antaranya:

1. Memperlancar fungsi sistem pencernaan

Manfaat yang satu ini merupakan efek kandungan serat pada roti gandum. Serat merupakan nutrisi penting untuk kesehatan saluran pencernaan kamu, lho.

Dengan mengonsumsi serat dalam jumlah cukup, maka bakteri baik di dalam usus pun dapat tumbuh dengan normal. Sebagai efek prebiotik dalam meningkatkan pertumbuhan bakteri baik serta memperkuat sistem imun.

2. Menurunkan risiko kanker kolorektal

Kanker yang dapat terjadi ketika kamu mengalami masalah pencernaan adalah kolorektal. Kanker ini bisa dicegah dengan konsumsi makanan yang dapat menyehatkan usus, salah satunya roti gandum.

Dalam sebuah studi disebutkan dengan menggonsumsi serat yang cukup dapat mengurangi resiko terkena kanker kolorektal sebanyak 40 % lho.

3. Menjaga kesehatan jantung

Tidak hanya untuk pencernaan, mengonsumsi makanan dengan gandum utuh dalam jumlah yang tepat juga bermanfaat untuk kesehatan jantung, lho. Asupan gandum utuh dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan jantung koroner.

4. Menurunkan risiko stroke

Masih dari penelitian yang dilakukan British Medical Journal, konsumsi makanan yang mengandung biji-bijian, termasuk gandum utuh disebut dapat menurunkan risiko penyakit stroke. 

Tidak hanya itu saja, studi tersebut juga menemukan adanya penurunan kematian yang terjadi karena penyakit serius dengan konsumsi makanan ini dalam jumlah yang cukup.

5. Membantu proses penurunan berat badan

Di balik reputasi roti yang dapat menambah lingkar pinggang kamu, jenis roti gandum justru malah memberikan efek yang berlawanan. 

Sebuah kajian yang dilakukan terhadap 38 penelitian epidemiologi mencatat jika konsumsi roti gandum utuh tidak menyebabkan kenaikan berat badan. Ini berarti, makanan ini sangat baik untuk membantu menurunkan atau menjaga berat badan.

Untuk lebih membuatnya terasa lebih sehat dan efektif dalam menurunkan berat badan, kamu bisa mengonsumsi roti gandum yang dipadukan dengan bahan-bahan alami atau bahkan dengan sup sayuran.

Demikian informasi tentang manfaat konsumsi roti gandum bagi kesehatan. Apakah kamu juga suka mengonsumsinya secara rutin?

Selalu perhatikan asupan makanan dan kandungan nutrisi di dalamnya agar kesehatanmu tetap terjaga. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kami melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Verywellfit.com (2020) diakses 19 Agustus 2020. Whole Wheat Bread Nutrition Facts and Health Benefits
  2. Healthline.com (2019) diakses 19 Agustus 2020. Wheat 101: Nutrition Facts and Health Effects
  3. Medicalnewstoday.com (2019) diakses 19 Agustus 2020. Is bread healthful or should I avoid it?
    register-docotr