Diet dan Nutrisi

Tak Hanya Nikmat, 5 Buah Ini Juga Dapat Menurunkan Gula Darah

December 9, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan gula darah, mulai dari mengubah gaya hidup serta mengadopsi pola makan sehat. Salah satu cara yang dapat dicoba adalah dengan mengonsumsi buah penurun gula darah.

Nah, apa saja pilihan buah yang bisa kamu konsumsi untuk menurunkan gula darah? Berikut ulasannya!

Baca juga: Atasi Gula Darah Tinggi, Konsumsi Makanan Penurun Gula Darah, Berikut!

Bahaya kadar gula darah terlalu tinggi bagi kesehatan

Mengontrol kadar gula darah itu merupakan hal penting yang harus dilakukan. Sebab, jika gula darah terlalu tinggi dalam waktu yang lama, ini bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Dilansir Web MD, terdapat beberapa komplikasi dari gula darah yang terlalu tinggi, di antaranya adalah:

  • Kerusakan ginjal
  • Kerusakan saraf
  • Penyakit jantung atau serangan jantung
  • Kerusakan mata
  • Masalah pada kulit

Tak hanya itu, tingginya kadar gula darah juga dapat menimbulkan beberapa gejala yang harus diwaspadai. Adapun, beberapa gejala tersebut yakni:

  • Penglihatan kabur
  • Merasa lebih haus dari biasanya
  • Buang air kecil lebih sering
  • Kesemutan atau kaki mati rasa
  • Merasa lebih lapar dibandingkan biasanya
  • Merasa lebih lelah
  • Penyembuhan luka membutuhkan waktu yang relatif lama

Maka dari itu, guna menghindari bahaya tersebut, sangat penting untuk menjaga kadar gula darah agar tetap normal.

Berbagai macam buah penurun gula darah

Buah-buahan memang dapat menyehatkan tubuh. Namun, yang perlu diperhatikan adalah masing-masing buah memiliki jumlah kandungan nutrisi yang berbeda.

Bagi para penderita diabetes maupun kondisi lain yang memengaruhi gula darah, diharuskan selektif dalam mengonsumsi makanan. Sebab, pola makan adalah bagian utama untuk mengontrol kadar gula darah agar tetap stabil.

Nah, berikut ini adalah beberapa buah yang bisa membantu untuk menurunkan gula darah.

Baca juga: 8 Cara Menurunkan Gula Darah yang Wajib Diketahui

1. Alpukat

Tak hanya nikmat dikonsumsi dan memiliki tekstur yang lembut saja, alpukat juga memiliki manfaat untuk mengontrol gula darah di dalam tubuh. Alpukat kaya akan kandungan lemak sehat, serat, vitamin, dan mineral.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa alpukat dapat membantu menurunkan kadar gula darah, serta melindungi dari perkembangan sindrom metabolik. Ini merupakan sekelompok kondisi yang termasuk tekanan darah tinggi serta gula darah tinggi.

2. Okra

Sebagian dari kamu mungkin saja asing mendengar buah yang satu ini. Okra sendiri adalah buah yang biasa digunakan seperti sayuran.

Di Turki, biji okra telah lama digunakan sebagai obat alami untuk membantu mengobati diabetes. Hal ini berkat khasiat penurunan gula darah yang dimilikinya. Okra kaya akan kandungan senyawa penurun gula darah, seperti antioksidan flavonoid serta polisakarida.

Salah satu senyawa yang telah diidentifikasi sebagai antidiabetik yang kuat adalah rhamnogalacturonan, yakni polisakarida utama dalam okra. Sebagai tambahan, okra juga mengandung quercetin 3-O-gentiobioside dan flavonoid isoquercitrin, yang dapat membantu mengontrol gula darah.

Meskipun penelitian pada hewan menunjukkan okra memiliki sifat antidiabetik yang kuat, tetapi masih diperlukan banyak penelitian pada manusia.

3. Apel

Menjadi buah yang banyak disukai, apel juga dapat membantu mengurangi kadar gula darah. Ini berkat kandungan serat larut dan senyawa tumbuhan yang dimilikinya, termasuk asam klorogenat, asam galat, serta quercentin.

Sebuah studi menemukan bahwa mengonsumsi buah-buahan tertentu, terutama blueberry, anggur, dan apel dikaitkan dengan penurunan secara signifikan terhadap risiko diabetes tipe 2.

4. Buah beri

Buah beri kaya akan kandungan serat, vitamin, mineral, serta antioksidan. Oleh karena itu, buah ini merupakan pilihan yang baik bagi seseorang yang ingin mengelola gula darah.

Penelitian telah menunjukkan bahwa, stroberi, blueberry, dan blackberry memiliki manfaat untuk pengelolaan gula darah dengan cara meningkatkan sensitivitas insulin.

5. Jeruk

Buah lain yang dapat membantu untuk menurunkan kadar gula darah adalah jeruk. Buah ini dianggap sebagai buah dengan indeks glikemik rendah, karena tidak memengaruhi gula darah sebanyak jenis buah-buahan lainnya, misalnya saja nanas ataupun semangka.

Jeruk dan grapefruit memiliki kandungan serat dan senyawa tanaman, seperti polifenol yaitu naringenin, yang memiliki sifat antidiabetik yang kuat.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai buah-buahan yang bisa membantu untuk mengurangi kadar gula darah. Agar gula darah terkontrol dengan baik, jangan lupa untuk dibarengi dengan gaya hidup sehat, ya.

Untuk mengetahui infromasi lebih lanjut terkait hal ini, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline (2020). Diakses pada 08 Desember 2020. The 17 Best Foods to Lower (or Regulate) Your Blood Sugar 

Webmd (2018). Diakses pada 08 Desember 2020. Dangers of Uncontrolled Blood Sugar 

Dreher, Mark  L, Adrienne J Davenport (2013). Hass Avocado Composition and Potential Health Effects. NCBI (diakses pada 08 Desember 2020)

Strull, J April (2016). Blueberries’ Impact on Insulin Resistance and Glucose Intolerance. NIH (diakses pada 08 Desember 2020)

 

    register-docotr