Diet dan Nutrisi

Nutrisi Anak 12 Bulan, Moms Harus Perhatikan 6 Menu Ini

April 16, 2020 | Santi Andriani | dr Iqbal Adi Anugra
feature image

Ditulis oleh: dr Iqbal Adi Anugra

Moms, kebutuhan nutrisi anak 12 bulan tentu berbeda dengan ketika ia masih bayi.   Seperti apa sih makanan yang bernutrisi dan baik untuk anak usia 12 bulan, ini yang patut moms ketahui agar pertumbuhan si buah hati tidak terhambat.

Anak berusia 12 bulan yang sudah mengenal makanan padat, ada 6 nutrisi harian yang harus terpenuhi. Jangan sampai si kecil tidak mendapatkan nutrisi seimbang di usia emasnya.

Nutrisi anak 12 bulan

1. ASI

ASI baik untuk bayi. Sumber Foto: https://www.lufthansa.com/

Jika memungkinkan ASI sebaiknya diberikan sampai anak berusia genap 2 tahun. Selain makanan pendamping nutrisi yang seimbang juga bisa didapatkan dari ASI.

Baca Juga: Rambut Bayi Tidak Kunjung Lebat, Terapkan Perawatan dengan 7 Bahan Alami Ini Mom’s

2. Protein hewani dan nabati

Protein hewani dan nabati nutrisi untuk bayi 12 bulan.Sumber Foto: https://dailysylhet.com/

Makanan yang mengandung protein hewani dan nabati berfungsi untuk perkembangan otak si kecil. Protein hewani bisa memicu perkembangan sel otak lebih cepat.  Semakin cepat perkembangannya, akan membuat si kecil menjadi cerdas dan mudah menyerap segala informasi yang diberikan.

Pastikan si kecil mendapatkan makanan tinggi protein seperti daging ayam, sapi, telur, tahu, tempe, dan juga ikan.

3. Mengandung serat

Selain makanan tinggi protein, kamu juga harus memberikan makanan tinggi serat. Serat bermanfaat untuk menjaga sistem pencernaan anak. Contohnya adalah bayam, kangkung, brokoli dan daun kol.

4. Mengandung vitamin

Vitamin adalah hal yang sangat dibutuhkan anak, vitamin anak bisa membantu menjaga daya tahan tubuh si kecil. Tentu saja dengan vitamin yang cukup membuat anak terhindar dari penyakit musiman seperti flu atau batuk.

Kandungan vitamin ini bisa ditemukan di berbagai macam buah-buahan. Misalnya saja stroberi, jeruk, semangka, dan anggur.

Baca Juga: Bekas Luka Bakar Bikin Tidak Percaya Diri, Tangani dengan 3 Bahan Alami Ini

5. Mengandung mineral dan kalsium

makanan mengandung mineral
Nutrisi yang baik untuk anak. Sumber Foto: https://health.clevelandclinic.org/

Mineral dibutuhkan anak usia 12 bulan untuk perkembangan tulang dan giginya. Mineral dan kalsium ini bisa terpenuhi ketika si kecil mengonsumsi susu, udang, dan ikan laut.

6. Mengandung karbohidrat

karbohidrat
Makanan mengandung karbohidrat baik untuk anak. Sumber Foto: https://www.nytimes.com/

Karbohidrat merupakan asupan utama dalam pemberian nutrisi anak usia 12 bulan. Sebagai sumber energi, karbohidrat ini sangat penting sebagai penunjang aktivitas si kecil. Jadi pastikan anak kamu mengonsumsi karbohidrat yang cukup.

Pilihan karbohidrat untuk si kecil bisa disesuaikan dengan seleranya. Jika anak bosan dengan nasi cobalah mengganti karbohidrat dengan kentang, sereal, atau umbi-umbian.

Tanyakan masalah seputar kesehatan kepada dokter profesional di Good Doctor, yuk langsung tanya sekarang!

Reference

Angga. (2019, November 8). info gizi. Retrieved from Jurusan Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya: http://gizi.fk.ub.ac.id/gizi-seimbang-anak-0-2-tahun/

Dewey, K. G. (2013). The Challenge of Meeting Nutrient Needs of Infants and Young Children during the Period of Complementary Feeding: An Evolutionary Perspective. NCBI, 1.

Medicine, T. N. (2019). Nutritional Considerations for Infants and Children. In T. N. Medicine, Child and Adult Care Food Program: Aligning Dietary Guidance for All (pp. 61-76). Washington DC: National Academy of Sciences.

    register-docotr