Diet dan Nutrisi

5 Inspirasi Menu Sayur Buka Puasa yang Sehat dan Menyegarkan

April 27, 2020 | Anisya Fitrianti
feature image

Menyambut datangnya bulan puasa, banyak sekali hal yang harus dipersiapkan. Termasuk menu sayur buka puasa yang beragam dan sehat.

Setelah seharian menahan haus dan lapar, pilihan makanan berbuka menjadi hal yang penting untuk mengembalikan kondisi tubuh. Menu berbuka yang dipilih pun tidak bisa sembarangan. Untuk tetap menjaga kesehatan usahakan berbuka dengan makanan yang ideal.

Dengan mengikuti panduan memakan sayuran selama berbuka puasa kamu bisa menjaga keseimbagan tubuhmu.

Selain menjaga berat badan, kamu juga akan terhindar dari kadar gula serta kolesterol yang tinggi dalam tubuh. 

Berikut ini ada tips serta rekomendasi menu sayur buka puasa yang bisa kamu coba nanti. Yuk simak informasinya!

Tips sehat berbuka puasa dengan menu sayur 

World Health Organization (WHO) merekomendasikan untuk berbuka puasa dengan cara tradisional. Langkah pertama berbuka puasa adalah dengan konsumsi segelas air dan tiga buah kurma. Kemudian konsumsi sayuran dan biji-bijian untuk mengembalikan energi pada tubuh. 

Hindari makanan yang digoreng serta makanan olahan yang tinggi akan lemak. Daripada menggunakan teknik menggoreng, WHO merekomendasikan kamu untuk memanggang makananmu. 

Konsumsi karbohidrat seperti nasi merah dan gandum juga sangat direkomendasikan. 

Sebagai pilihan untuk menu protein, kamu bisa gunakan daging, ayam, atau ikan yang bebas lemak serta kulit. 

Yang paling penting, hindari makan berlebihan saat berbuka puasa. Alih-alih kenyang, perutmu justru bisa sakit jika makan berlebihan. 

Inspirasi pilihan menu sayur buka puasa 

Meski banyak pantangan dalam memilih menu buka puasa, kamu nggak perlu pusing memutar otak. Di bawah ini ada inspirasi menu buka puasa yang bisa kamu sajikan di rumah untuk keluarga:

1. Sup daging dan sayur 

menu sayur buka puasa
Sup daging dan sayur. (Foto: https://www.freepik.com)

Membuat sup berisi kuah kaldu daging bisa menjadi pilihan menu buka puasa yang sehat. Gunakan potongan daging ayam atau sapi segar sebagai bahan untuk kaldu dan topping sup. 

Kamu juga bisa gunakan sayur kol, wortel, buncis, jamur atau sayuran lain untuk isian sup sesuai selera. 

Hindari menggunakan produk daging olahan seperti sosis ataupun bakso dalam jumlah yang banyak. Kamu juga harus mengurangi kadar garam dalam sup.

Sebagai catatan penting, untuk menu berbuka puasa tidak disarankan untuk membuat sup instan yang berbasis serbuk, lho. Lebih baik membuatnya sendiri.  

2. Kangkung belacan udang 

Selain mudah untuk diolah, kangkung mengandung berbagai vitamin dan mineral untuk tubuh. Seperti zat besi, protein, vitamin C dan A,, juga lemak serta kalsium. Kangkung memiliki kandungan cairan yang tinggi sehingga mampu menggantikan cairan tubuh yang hilang selama berpuasa. 

Untuk kamu yang tidak memiliki alergi, kamu bisa tambahkan udang sebagai topping. Namun jika kamu memiliki alergi, sebaiknya hindari udang dan gunakan protein dari sumber makanan yang lain. Menu ini sangat terkenal hingga ke wilayah Asia Tenggara lho! 

3. Salad hijau

Mungkin berbuka puasa dengan salad sayur jarang dilakukan olehmu, tapi kamu bisa memulainya dari sekarang. Pilihlah sayuran hijau seperti selada, timun jepang dan sebagainya.

Tambahkan paprika, tomat serta saus sebagai dressing salad. Kamu bisa menggunakan saus wijen, thousand island, atau pun olive oil. 

Salad hijau baik mengandung banyak vitamin serta tidak sulit untuk dicerna oleh tubuh. Menu yang satu ini juga sangat mudah untuk disajikan. Memakan sayur saat berbuka puasa mampu membuatmu terhindar dari gangguan pencernaan. 

4. Sayur bening bayam 

Setelah seharian berpuasa, menikmati sayur bening bayam mampu mengembalikan energi dalam tubuhmu. Bayam kaya akan vitamin A, B, C dan K serta berbagai mineral lain yang baik untuk tubuh.

Selain itu, bayam mampu menstabilkan gula darah serta menjaga tekanan darah. Tentunya ini merupakan pilihan yang tepat sebagai menu buka puasamu. 

Sebagai tambahan, kamu juga bisa gunakan tomat dan jagung dalam sayur bening bayam. 

5. Sup tomat daging sapi

Salah satu alternatif menu sup yang bisa kamu hidangkan adalah sup tomat daging sapi. Pada menu ini, daging sapi dapat disajikan dalam bentuk potongan dadu atau pun bola daging. Pilihlah sesuai selera. 

Tomat merupakan salah satu sayuran yang mengandung banyak air sehingga cocok sebagai menu buka puasa. Selain itu tomat juga kaya akan vitamin A dan C serta beta carotene yang baik untuk kesehatanmu. Nah, menu ini paling tepat disajikan selagi hangat. 

Itu dia beberapa pilihan menu yang bisa kamu nikmati di rumah agar badan tetap sehat selama menjalani puasa. Selamat mencoba! 

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
    register-docotr