Diet dan Nutrisi

Menakjubkan, Ini 8 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui!

May 15, 2020 | Muhammad Hanif S. | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Selain buahnya yang manis, daun dari pohon sirsak memiliki banyak khasiat. Jarang diketahui, ternyata banyak manfaat daun sirsak untuk kesehatan yang bisa kamu dapatkan selain dari mengonsumsi buahnya.

Beberapa manfaat itu di antaranya adalah mencegah kanker, antiinflamasi, pengobatan diabetes, dan masih banyak lagi. Yuk, simak delapan manfaat daun sirsak untuk kesehatan berikut ini.

Baca Juga: Diet Tetap Makan Enak dengan Resep Menu ala DEBM Ini

1. Pencegahan kanker

manfaat daun sirsak untuk kesehatan
Daun sirsak sangat bermanfaat bagi kesehatan. Sumber foto: Shutterstock

Sebagian masyarakat Indonesia menggunakan daun sirsak sebagai obat tradisional untuk mengobati kanker. Ini sejalan dengan penelitian para researcher dari UT Southwestern Medical Center yang menyebutkan bahwa daun sirsak cukup efektif untuk membunuh sel-sel kanker.

Daun sirsak, atau yang juga dikenal dengan graviola, mampu menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh manusia hingga 80%. Kandungan asetogenin pada daun sirsak memiliki sifat anti-kanker.

Selain untuk pencegahan, daun sirsak yang telah diolah menjadi ekstrak juga mampu membantu dalam penanganan atau pengobatan kanker. Senyawa asetogenin dapat menghambat penyebaran sel kanker dan membuat sistem metabolisme tubuh meningkat.

Perlu kamu ketahui, asetogenin adalah senyawa yang unik, memiliki kemampuan menghancurkan dan membunuh sel-sel kanker tanpa merusak sel-sel lain di dalam tubuh yang masih sehat. Ini yang membuat daun sirsak banyak digunakan sebagai pencegahan dan pengobatan tradisional kanker.

2. Anti-inflamasi

Tidak hanya pencegahan kanker, manfaat daun sirsak untuk kesehatan yang tidak boleh dianggap enteng adalah sifatnya yang sebagai anti-inflamasi. Sebuah penelitian di Brazil menyimpulkan bahwa daun sirsak bisa berfungsi sebagai anti-racun.

Dalam hal ini, dapat meredakan peradangan pada tubuh manusia. Senyawa anti-racun tersebut juga mampu menghasilkan efek yang sama seperti obat-obatan analgesik atau penghilang rasa nyeri.

Sifat anti-inflamasi ini tidak hanya ada di daun sirsak, tapi juga bagian lain pada pohonnya seperti akar dan kulit kayu.

Baca juga: 17 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

3. Kesehatan mata

Manfaat daun sirsak untuk kesehatan berikutnya adalah mengoptimalkan fungsi mata. Mengutip US National Institutes of Health, Amerika Serikat, sirsak adalah buah yang kaya akan antioksidan, termasuk daunnya.

Daun sirsak mengandung banyak vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama C dan E. Kandungan vitamin tersebut mampu mengurangi risiko sejumlah penyakit mata.

Senyawa seng dan beta-karoten sebagai pelengkap dapat meredakan stres oksidatif pada saraf mata, yang jika dibiarkan bisa berakhir pada degenerasi makula dan katarak.

4. Pengobatan diabetes

Jika kamu adalah penderita diabetes, tidak ada salahnya untuk menggunakan daun sirsak sebagai obatnya. Mengutip US National Library of Medicine, daun sirsak memiliki senyawa aktif yang mampu mengontrol kadar glukosa dalam tubuh.

Tentu saja, kamu bisa mendapatkan manfaat itu dari daun yang telah diekstrak. Ekstrak daun sirsak juga memiliki peranan penting sebagai penghambat dan pencegah kerusakan oksidatif pada hati, yang biasanya dirasakan oleh banyak penderita diabetes.

Oleh karena itu, daun sirsak sangat cocok untuk digunakan sebagai pencegahan maupun pengobatan diabetes.

5. Kesehatan lambung

Ada banyak masalah kesehatan yang diakibatkan oleh gangguan lambung, seperti maag dan asam lambung berlebih. Daun sirsak memiliki sifat sebagai antiulcer, bertugas menjaga produktivitas lendir pada dinding lambung.

Seperti diketahui, dinding lambung yang bermasalah akan menimbulkan berbagai masalah pencernaan yang bisa kamu rasakan. Daun sirsak yang telah diekstrak dapat membunuh parasit yang menjadi pemicu masalah pada perut.

Dengan demikian, kamu bisa menjadikan daun sirsak sebagai teman setia-mu saat masalah pencernaan menyerang.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Research Fondation of Korea memaparkan bahwa daun-daun sirsak yang telah diekstrak dapat meningkatkan kekebalan tubuh manusia. Ini tidak lepas dari senyawa bioaktif yang ada padanya.

Ekstrak daun sirsak dapat merangsang sistem imun tubuh, biasanya digunakan untuk pengobatan pasien immunocompromised atau kelainan imun.

Mikronutrien seperti vitamin C (asam karbonat), vitamin A, dan beta-karoten membuat daun sirsak tidak jarang digunakan sebagai suplemen pada program diet.

7. Kesehatan kulit

Siapa sangka, daun sirsak ternyata bisa memberikan efek yang baik untuk kulitmu. Pencegahan papilloma adalah salah satu manfaat daun sirsak untuk kesehatan kulit yang bisa kamu dapatkan. Papilloma sendiri adalah jenis penyakit yang dibawa virus penyebab infeksi.

Selain itu, menurut sebuah publikasi di Perpustakaan Pusat Kedokteran Amerika Serikat, daun tanaman sirsak dapat menenangkan kulit pada bayi dan kulit kepala. Dengan kata lain, ekstrak daun sirsak cukup efektif untuk mengusir rasa gatal dan ketombe pada rambut.

Baca juga: 8 Manfaat Buah Tomat untuk Kesehatan yang Perlu Kamu Tahu

8. Pengobatan rematik

Percaya atau tidak, air rebusan daun sirsak mampu meredakan nyeri akibat rematik. Selain air rebusannya, kamu juga bisa langsung menumbuk daun tersebut lalu mengoleskannya di kulit pada bagian tubuh yang nyeri. Sangat mudah, bukan?

Di banyak negara di Afrika, daun sirsak sudah umum digunakan untuk mengomati rematik dengan cara ditumbuk. Anthocyanin dan alkaloid adalah dua senyawa aktif yang bisa memberikan efek luar biasa sebagai pereda nyeri tak tertahankan.

Itulah delapan manfaat daun sirsak untuk kesehatan yang bisa kamu rasakan langsung. Yuk, terapkan gaya hidup sehat agar terhindar dari berbagai penyakit!

Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

  1. Healthline, diakses 9 Mei 2020, Soursop (Graviola): Health Benefits and Uses.
  2. Stylecraze (2020), diakses 9 Mei 2020, 16 Amazing Benefits of Soursop for Skin, Hair, and Health.
  3. US National Library of Medicine (2012), diakses 9 Mei 2020, Graviola: a novel promising natural-derived drug.
  4. US National Library of Medicine (2015), diakses 9 Mei 2020, Cancer: Forbidden cures?
  5. US National Institutes of Health, diakses 9 Mei 2020, Antioxidants: In Depth.
  6. US National Library of Medicine (2016), diakses 9 Mei 2020, Experimental Lachesis muta rhombeata envenomation and effects of soursop as natural antivenom.
  7. US National Library of Medicine (2008), diakses 9 Mei 2020, Anti hyperglycemic activities of Annona muricata (Linn).
  8. US National Library of Medicine (2016), diakses 9 Mei 2020, Immunomodulatory Efficacy of Standardized Annona muricata (Graviola) Leaf Extract.
  9. US National Library of Medicine (2016), diakses 9 Mei 2020, Ethnobotanical survey of cosmetic plants used in Marquesas Islands.

    register-docotr