Diet dan Nutrisi

Bukan Cuma untuk Mata, Ternyata Ini Segundang Manfaat Wortel!

October 7, 2020 | Putri Prima Soraya | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Selama ini kita tahu, kalau wortel punya manfaat untuk kesehatan mata. Sayur berwarna oranye ini memang punya banyak kandungan vitamin A yang dibutuhkan mata. Eh, tapi jangan salah, manfaat wortel bukan hanya itu saja lho. 

Ada segudang manfaat yang bisa kita rasakan dengan rutin mengonsumsi wortel. Selain untuk kesehatan mata, kandungan mineral, vitamin, dan serat dalam wortel membantu membuat tubuh lebih sehat, untuk perawatan tubuh, hingga pencegah penyakit kronis seperti kanker dan diabetes.

Ingin tahu berbagai kandungan gizi wortel dan manfaatnya? Yuk, simak ulasannya dalam artikel ini!

Baca Juga: 5 Hal Bisa Kamu Lakukan untuk Membantu Tenaga Medis Hadapi COVID-19

Kandungan gizi wortel dan manfaatnya bagi tubuh

Mungkin kita hanya mengenal wortel berwarna oranye saja, padahal sejak pertama orang-orang mulai memakan wortel, yaitu sekitar 5.000 tahun yang lalu, wortel berwarna ungu, merah, dan kuning.

Wortel oranye seperti yang kita kenal hari ini baru berhasil dikembangkan sekitar tahun 1.600-an. Wortel oranye ini punya banyak kandungan yang baik bagi kesehatan. Berikut kandungan gizi wortel yang baik untuk kesehatan tubuh:

1. Beta karoten

Ini merupakan karoten utama yang ditemukan dalam wortel oranye dan dapat diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Karoten sendiri adalah zat dengan aktivitas antioksidan kuat yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi risiko banyak penyakit.

2. Alpa karoten

Antioksidan yang sama seperti beta karoten, sebagian dari alpa karoten akan diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. 

3. Lutein

Zat antioksidan satu ini sangat penting untuk kesehatan mata. Kandungan lutein bisa kita temukan dalam wortel oranye atau juga kuning.

4. Likopen

Antioksidan likopen ini umum kita temukan di sayuran dan buah, termasuk juga wortel. Likopen dapat mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung.

5. Polyacetylenes

Polyacetylenes adalah salah satu senyawa bioaktif dalam wortel yang dapat membantu melindungi terhadap leukemia dan kanker lainnya.

6. Antosianin

Ini adalah salah satu senyawa kuat yang bisa ditemukan pada wortel berwarna gelap.

7. Potasium

Potasium adalah salah satu mineral penting yang bisa mengontrol tekanan darah.

Nutrisi dalam wortel

Kandungan nutrisi wortel dalam satu porsi, yaitu sekitar 100 gram wortel yang kamu konsumsi terdiri dari:

  • 41 kalori
  • 9,6 gram karbohidrat
  • 2,8 gram serat
  • 4,7 gram gula
  • 0,9 gram protein
  • 0.2 gram lemak.

Wortel juga merupakan sumber serat yang relatif baik, dalam satu wortel berukuran sedang (61 gram) menyediakan 2 gram.

Vitamin dan mineral dalam wortel

Wortel adalah sumber vitamin dan mineral penting. satu porsi wortel senilai dengan:

  • 73% dari kebutuhan vitamin A harian
  • 9% dari vitamin K
  • 8% dari potasium dan serat harian 
  • 5% dari vitamin C 
  • 2% kalsium dan zat besi.

Manfaat wortel untuk kesehatan

Punya rasa yang manis, renyah, dan juicy, wortel menawarkan segudang manfaat bagi kesehatan, tidak hanya untuk mata. Namun, juga berbagai permasalahan kesehatan lainnya, termasuk diabetes dan kanker.

Berikut ini berbagai manfaat yang akan kamu dapatkan dengan rutin.

1. Manfaat wortel untuk mata

Manfaat wortel untuk mata sudah kita kenal sejak lama. Wortel diketahui membantu mata kita untuk tetap sehat karena kandungan vitamin A yang dimilikinya. 

Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan xerophthalmia, penyakit mata progresif. Xerophthalmia dapat menyebabkan kebutaan malam atau kesulitan melihat ketika tingkat cahaya rendah.

Bahkan, menurut Dietary Supplements, kekurangan vitamin A merupakan salah satu penyebab kebutaan pada anak-anak. Selain itu, kandungan lutein dan zeaxanthin yang tinggi dari wortel juga baik untuk mencegah degenerasi makula terkait usia, sejenis kehilangan penglihatan.

2. Manfaat wortel untuk mencegah kanker

Radikal bebas yang terlalu banyak dalam tubuh bisa meningkatkan risiko kita untuk terkena berbagai jenis kanker, menurut National Cancer Institute.

Antioksidan telah terbukti mampu melawan radikal bebas berbahaya di tubuh kita, dan itu bisa membuat kita lebih kecil kemungkinannya terkena kanker. Dua jenis antioksidan utama dalam wortel adalah karotenoid dan antosianin. Lutein dan zeaxanthin adalah dua contoh dari karotenoid ini.

Satu wortel mentah berukuran sedang, dengan berat 61 gram, mengandung 509 mikrogram RAE vitamin A. Dan juga menyediakan 5.050 mcg beta karoten dan 2.120 mcg alfa karoten, dua antioksidan provitamin A yang dapat diubah tubuh menjadi lebih banyak vitamin A, sesuai kebutuhan.

Beberapa jenis kanker yang bisa dicegah atau juga diturunkan risikonya dengan wortel, di antaranya:

Manfaat wortel untuk mencegah leukemia 

Pada 2011, peneliti menemukan bukti bahwa nutrisi dalam ekstrak jus wortel dapat membunuh sel-sel leukemia dan memperlambat atau menghentikan perkembangannya.

Kanker prostat

Sebuah tinjauan studi pada 2015 menyarankan untuk melakukan diet kaya karotenoid sebagai penurun risiko kanker prostat. Namun, tinjauan tersebut masih membutuhkan penelitian lebih dalam.

Kanker paru-paru

Sebuah penelitian pada 2011 menyimpulkan bahwa minum jus wortel dapat membantu mencegah jenis kerusakan yang mengarah pada kanker paru-paru pada perokok.

3. Membantu pengobatan diabetes

Seperti yang kita ketahui, wortel punya rasa yang manis, apakah ini bagus untuk dikonsumsi orang dengan diabetes?

Ya, tentu, wortel baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Kandungan kalori dalam wortel terbilang rendah, 10 persen wortel adalah karbohidrat, 30 persen lainnya merupakan serat, dan hampir setengahnya adalah gula. 

Memakan wortel rebus tidak akan membuat lonjakan gula darah, karena hanya mengandung indeks glikemik sebanyak 39.

Kandungan serat dalam wortel juga dapat membantu mencegah perkembangan diabetes tipe 2, dan membantu penderita diabetes tipe 2 mengelola kadar gula darahnya.

Studi menunjukkan bahwa peningkatan asupan serat dapat meningkatkan metabolisme glukosa pada individu dengan diabetes.

4. Kekebalan tubuh dan penyembuhan

Antioksidan lain yang disediakan wortel adalah vitamin C. Vitamin C berkontribusi pada produksi kolagen. Kolagen adalah komponen kunci dari jaringan ikat dan penting untuk penyembuhan luka dan menjaga tubuh tetap sehat.

Vitamin C juga hadir dalam sel-sel kekebalan, yang membantu tubuh melawan penyakit. Beberapa ahli percaya bahwa mengonsumsi vitamin C tambahan dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh ketika sedang stres.

5. Manfaat wortel untuk kesehatan tulang

Wortel mengandung vitamin K dan sejumlah kecil kalsium dan fosfor. Semua ini berkontribusi pada kesehatan tulang dan dapat membantu mencegah osteoporosis.

6. Manfaat wortel untuk penurunan berat badan

Apakah kamu sedang berjuang untuk menurunkan berat badan? Kalau iya, cobalah untuk memasukkan wortel dalam menu diet. Wortel dapat membantu kamu untuk merasa kenyang lebih lama.

Serat larut yang terkandung dalam wortel juga dipercaya dapat mengurangi lemak perut.

7. Mengontrol tekanan darah

Dalam jus wortel setidaknya terkandung beberapa nutrisi termasuk serat, kalium, nitrat, dan vitamin C, yang membantu efek penurunan tekanan darah.

Tidak cuma itu, wortel mengandung potasium. Potasium yang cukup dalam tubuh tidak hanya melemaskan arteri dan pembuluh darah, tetapi juga membantu meningkatkan sirkulasi darah, sehingga menurunkan tekanan darah.

8. Manfaat wortel untuk wajah

Jika manfaat wortel untuk mata sudah sangat terkenal, kamu juga perlu tahu ada banyak manfaat wortel untuk wajah. Kandungan antioksidan pada wortel dapat membantu mengatasi masalah kulit, khususnya pada kulit wajah.

Salah satunya dapat membantu mengatasi jerawat. Manfaat wortel untuk wajah lainnya dapat membantu kulit tetap lembab dan kenyal. Untuk mendapatkan manfaat wortel untuk wajah yang satu ini, kamu bisa menjadikan wortel sebagai masker wajah.

Caranya kamu hanya perlu memarut wortel dan mencampurnya dengan madu dan minyak zaitun. Kemudian oleskan pada wajah dan biarkan 15 hingga 20 menit sebelum membilasnya. Lakukan dengan rutin untuk mendapat hasil maksimal.

9. Manfaat wortel untuk asam lambung

Wortel adalah salah satu sayuran berserat tinggi. Sehingga akan membuat kamu merasa lebih cepat kenyang. Di situlah manfaat wortel untuk asam lambung, karena rasa cepat kenyang tidak akan membuatmu makan berlebihan. 

Makan berlebihan tidak baik untuk asam lambung karena dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada perut. Manfaat wortel untuk asam lambung ini bisa kamu rasakan dengan mengonsumsi wortel dalam masakan atau meminumnya dalam bentuk jus wortel.

Baca Juga: 5 Hal Bisa Kamu Lakukan untuk Membantu Tenaga Medis Hadapi COVID-19

Cara lezat dan bergizi menikmati wortel

Irisan wortel, Sumber foto Pixabay

Apakah kamu biasa mengupas wortel saat menikmatinya? Kalau iya, kamu harus mengubah kebiasaan itu. Ternyata, kulit wortel justru mengandung sekitar setengah dari antioksidan (dikenal sebagai senyawa fenolik) dalam wortel.

Sementara agar antioksidan itu tidak hilang, cobalah untuk mencucinya secara bersih dan menyeluruh daripada mengupas kulitnya.  

Tapi, jika kamu berniat untuk menyimpan wortel dalam waktu yang lama, pilihan untuk mengupas kulitnya adalah pilihan tepat, karena itu bisa mempertahankan warna wortel dan memperpanjang waktu penyimpanan.

Lebih baik mengonsumsi wortel dimasak atau mentah?

Memakan wortel dalam keadaan masih mentah atau dimasak sama baiknya dan sama-sama dianjurkan. Kamu dapat merasakan manfaat wortel mentah karena memiliki indeks glikemik yang lebih rendah. Indeks glikemik yang rendah dapat mengendalikan kadar gula darah. 

Jadi manfaat wortel mentah baik untuk orang yang memiliki penyakit diabetes. Atau manfaat wortel mentah tersebut baik untuk kamu yang sedang menjaga kadar gula darah, agar tidak berlebihan. 

Namun, tidak ada salahnya jika kamu memilih mengonsumsi wortel yang dimasak. Karena memasak wortel membantu meningkatkan penyerapan antioksidan. 

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

Web MD (2019). Diakses pada 24/05/20. Health Benefits of Carrots

Good house keeping (2018). Diakses pada 24/05/20. Why You Should Eat Carrots Every Single Day

Medical News Today (2019). Diakses pada 24/05/20. What are the health benefits of carrots?

Healthline (2019). Diakses pada 24/05/20. Carrots 101: Nutrition Facts and Health Benefits

Health (2019). Diakses pada 24/05/20. 8 Health Benefits of Carrots

 

    register-docotr