Diet dan Nutrisi

Manfaat Virgin Coconut Oil: Jaga Kesehatan Jantung Hingga Rambut

August 23, 2020 | Anisya Fitrianti | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Virgin coconut oil (VCO) merupakan minyak kelapa murni berkualitas tinggi. Terkenal karena aromanya yang menenangkan serta memiliki antioksidan tinggi, minyak ini umum digunakan untuk memasak hingga merawat kulit.

Baca juga: Tidak Hanya untuk Bayi, Ada Banyak Manfaat Baby Oil untuk Wajah Kamu Lho!

Manfaat virgin coconut oil

Meningkatkan kolesterol baik

Virgin coconut oil bermanfaat untuk meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Ketika HDL meningkat, kesehatan jantung juga akan lebih terjaga.

Sebuah penelitian pada para penderita penyakit jantung koroner juga berhasil menunjukkan manfaat virgin coconut oil. Kelompok penderita penyakit koroner yang menjalankan diet dengan virgin coconut oil berhasil meningkatkan kadar kolesterol baik mereka.

Mencegah penyakit liver

Kandungan di dalam virgin coconut oil juga dipercaya dapat mencegah penyakit liver. Hal ini disimpulkan berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tikus di tahun 2017

Tikus dengan penyakit liver dibagi ke dalam dua kelompok yang mengonsumsi makanan tinggi glukosa dengan virgin coconut oil, serta tanpa virgin coconut oil.

Setelah empat minggu, kelompok tikus yang mengonsumsi virgin coconut oil memiliki kesehatan hati yang lebih baik dibandingkan dengan kelompok yang tidak. 

Menunjang sistem pencernaan

Manfaat virgin coconut oil yang tidak kalah penting adalah untuk memelihara kesehatan sistem pencernaan. Kandungan asam lemak di dalamnya yakni asam laurat dan monolaurin memiliki sifat antimikroba, antibakteri dan antivirus.

Kandungan tersebut efektif membantu tubuh melawan berbagai bakteri, jamur dan parasit yang seringkali menyebabkanb masalah usus.

Meningkatkan rasa kenyang

Bila kamu ingin mengurangi berat badan, kamu mungkin perlu mencoba minyak kelapa satu ini. Virgin coconut oil  dapat membantu kamu merasa kenyang setelah makan sehingga tidak akan makan terlalu banyak.

Mengurangi stres

Manfaat virgin coconut oil lainnya adalah untuk mengurangi stres akibat olahraga dan flu kronis. Penelitian mengenai hal ini telah dilakukan pada hewan pengerat.

Di samping itu, virgin coconut oil juga dipercaya dapat bermanfaat untuk mengobati beberapa jenis depresi karena kandungan antioksidannya yang tinggi. 

Menjaga kesehatan gigi, kulit, dan rambut

Selain untuk dikonsumsi, virgin coconut oil juga seringkali digunakan sebagai bahan kosmetik hingga perawatan kulit dan rambut. Berdasarkan penelitian, minyak kelapa kualitas tinggi dapat meningkatkan kadar air pada kulit kering dan mengurangi gejala eksim. 

Minyak kelapa ini juga bermanfaat untuk melindungi rambut dari sinar matahari. Penelitian menyebutkan bahwa virgin coconut oil dapat menghalangi sekitar 20% sinar ultraviolet (UV).

Sementara itu, pada gigi dan mulut manfaat virgin coconut oil adalah untuk membunuh beberapa bakteri berbahaya di mulut. 

Meningkatkan fungsi otak penderita alzheimer

Alzheimer merupakan penyakit yang merusak sel otak. Namun para peneliti menemukan bahwa asam lemak dalam virgin coconut oil dapat memberikan sumber energi alternatif untuk sel-sel otak yang rusak sehingga dapat mengurangi gejala penyakit alzheimer.

Mengurangi lemak perut

Kandungan asam lemak dalam minyak kelapa dapat mengurangi nafsu makan dan meningkatkan pembakaran lemak, dengan begitu kamu akan lebih mudah menurunkan berat badan. Dibandingkan minyak nabati lainnya, minyak kelapa satu ini lebih mudah dicerna tubuh.

Bagaimana, sudah tahu kan segudang manfaat virgin coconut oil? Untuk mendapatkan hasil maksimal, pastikan kamu memilih produk dengan kualitas terjamin ya.

Punya pertanyaan seputar informasi kesehatan lainnya? Jangan ragu untuk bertanya kepada dokter profesional di layanan konsultasi Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
    register-docotr