Diet dan Nutrisi

Bantu Sukseskan Dietmu, Ini 6 Manfaat Rumput Laut Lainnya untuk Kesehatan Kamu!

June 30, 2020 | Dhiamara Arradea
feature image

Tahu kah kamu manfaat rumput laut sangat banyak lho. Hal itu karena rumput laut memiliki kandungan nutrisi yang bisa mencegah penyakit.

Rumput laut tumbuh di dalam perairan asin. Tanaman laut ini pada umumnya mengandung banyak mineral yang sehat. Menambahkan rumput laut ke dalam makanan dapat membantu fungsi tiroid, kesehatan pencernaan, dan penurunan berat badan.

Apa itu rumput laut?

Sayuran laut atau rumput laut adalah bentuk ganggang padat nutrisi yang tumbuh di air asin. Rumput laut tumbuh di sepanjang garis pantai di seluruh dunia, tetapi di negara Asia pada umumnya sering digunakan sebagai makanan.

Rumput laut sangat fleksibel dan dapat digunakan sebagai pembungkus gulungan sushi (maki) dan bahan utama dalam sup dan semur. Sayuran laut ini juga biasa digunakan sebagai suplemen dengan cara dimasukkan ke dalam kapsul multivitamin.

Tidak hanya itu, tanaman laut ini juga memiliki pasokan protein, serat, lemak tak jenuh, dan sejumlah vitamin dan mineral yang dapat membantu menjaga kesehatan untuk tubuh.

Tanaman ini memiliki tekstur yang sangat mudah dicerna oleh tubuh, sehingga menjadi pilihan yang sangat baik untuk menambah nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kamu.

Jenis rumput laut

Berikut merupakan jenis-jenis dari rumput laut:

  • nori
  • kelp
  • wakame
  • kombu
  • dulse

Manfaat rumput laut

Sejumlah kecil rumput laut dapat berkontribusi bagi kesehatan kamu loh. Yuk ketahui beberapa manfaat terbesar yang bisa kamu dapatkan untuk kesehatan :

Kaya akan nutrisi         

Setiap jenis rumput laut mengandung nutrisi dan mineral yang sedikit berbeda. Namun, secara umum mengonsumsi tanaman ini adalah cara sederhana untuk meningkatkan asupan vitamin dan mineral tanpa harus menambah banyak kalori.

Dilansir dari medicalnewstoday.com, rumput laut mengandung beberapa zat yang kaya nutrisi sebagai berikut:

  • Protein
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Mineral
  • Asam lemak tak jenuh ganda

Berbagai jenis rumput laut juga mengandung nutrisi bermanfaat, termasuk:

  • Vitamin C
  • Vitamin B
  • Vitamin A
  • Zat besi
  • Yodium

Tidak hanya itu, rumput laut juga mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari stres osidatif dan mengurangi peradangan pada tingkat sel.

Dapat membantu fungsi tiroid

Rumput laut sangat kaya akan yodium. Tanaman laut jenis kombu memiliki sumber yodium terbanyak, diikuti oleh wakame dan nori. Bubuk rumput laut juga merupakan sumber yodium yang signifikan.

Kelenjar tiroid dapat mengontrol dan melepaskan hormon untuk memproduksi energi, pertumbuhan, dan perbaikan sel.

Kekurangan yodium adalah salah satu penyebab hipotiroidisme (tiroid yang kurang aktif). Ini dapat menyebabkan pembesaran kelenjar tiroid yang terlihat. Seseorang mungkin dapat mencegah hipotiroidisme dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan yodium seperti rumput laut.

Mengobati diabetes

Makanan kaya akan serat bisa membantu mengobati diabetes. Hal ini dikarenakan serat yang tinggi dapat mengatur kadar glukosa darah dan kadar insulin. Menambahkan rumput laut ke dalam makanan dapat membantu meningkatkan asupan serat tanpa peningkatan kalori.

Senyawa dalam rumput laut juga dapat mengurangi faktor risiko diabetes, seperti peradangan, kadar lemak tinggi, dan sensitivitas insulin.

Menjaga kesehatan usus

Bakteri di usus memainkan peran penting dalam memecah makanan dan mendukung pencernaan juga kesehatan secara keseluruhan. Rumput laut cenderung mengandung jumlah serat yang tinggi, dan dapat membentuk 23-64 persen dari berat rumput laut kering.

Serat ini dapat membantu memberi makan bakteri pada usus. Bakteri usus memecah serat menjadi senyawa yang meningkatkan kesehatan sistem kekebalan tubuh.

Mencampurkan rumput laut ke dalam makanan juga mungkin merupakan cara yang sederhana untuk mengatasi masalah seperti sembelit atau diare.

Membantu penurunan berat badan

Serat dalam rumput laut dapat bermanfaat bagi orang yang mencoba menurunkan berat badan. Serat membantu seseorang merasa kenyang.

Sejumlah besar serat makanan menunda pengosoan perut. Akibatnya, perut mungkin tidak mengirim sinyal jika sedang lapar.

Melindungi hati

Makanan berserat tinggi seperti alga juga dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Serat larut ini mengikat asam empedu atau garang dalam tubuh.


Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Baca Juga: Yuk, Kenali Perbedaan Usus Buntu dan Batu Ginjal Berikut Ini

Reference
  1. Healthyeating.sfgate (2018). Diakses pada 26 Juni 2020.  What Are the Health Benefits of Eating Seaweed?
  2. Medicalnewstoday (2018). Diakses pada 26 Juni 2020. What Are the Benefits of Seaweed?
  3. Foodsforbetterhealth.com (). Diakses pada 26 Juni 2020. The Health Benefits of Sea Vegetables
    register-docotr