Diet dan Nutrisi

Penuh Serat dan Protein, Ini Mengapa Quinoa Wajib Masuk dalam Diet Harian Kamu

July 1, 2020 | Richaldo Hariandja
feature image

Penganut diet sehat pasti tahu manfaat whole grain, termasuk quinoa, bagi kesehatan. Kandungan serat dan protein yang tinggi menjadikan biji-bijian utuh ini digemari dalam diet sehat.

Quinoa sendiri berasal dari wilayah Andean, Amerika Selatan, dengan Peru sebagai penghasil quinoa terbanyak. Ada lebih dari 120 quinoa yang ditanam oleh para petani, sementara yang banyak ditemui di pasaran adalah quinoa putih, merah dan hitam.

Baca Juga: Jangan Diremehkan! Sejumlah Kondisi Ini Jadi Sebab Timbulnya Benjolan di Ketiak

Kandungan nutrisi quinoa

Seperti produk whole grain lainnya, quinoa memiliki banyak protein dan serat. Terdapat 8,14 gram protein dan 5,18 gram serat dalam setiap 185 gram sajiannya. 

Sebuah penelitian di Iran menyebutkan jika protein quinoa juga mengandung banyak asam amino esensial. Senyawa ini penting untuk perkembangan otot dan aktivitas imun kamu. 

Manfaat quinoa bagi kesehatan tubuh

Untuk lebih jelas dan lengkap tentang manfaat quinoa, si biji mungil yang menyehatkan ini kamu wajib menyimak daftar berikut ini:

Menyehatkan pencernaan

Manfaat quinoa terhadap pencernaan kamu ini terlihat dari kandungan seratnya yang tinggi. Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, konsumsi makanan tinggi serat dapat meningkatkan kondisi kesehatan pencernaan kamu.

Salah satu manfaat quinoa yang nyata adalah kamu tidak akan mudah terkena gangguan pencernaan seperti konstipasi, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi hingga divertikulosis.

Makanan tinggi serat juga bisa membuat menjaga berat badan yang sehat. Hal ini terjadi karena makanan ini menjaga kekenyangan lebih lama, sehingga dapat menurunkan asupan makanan harian kamu.

Manfaat quinoa yakni menurunkan risiko jantung koroner

Dibandingkan dengan makanan bebas gluten lain seperti jagung, beras atau tepung kentang, quinoa menjadi makanan sumber antioksidan yang baik. Dibanding makanan-makanan tersebut pun quinoa memiliki lebih banyak nutrien.

Salah satu manfaat antioksidan quinoa adalah menurunkan risiko penyakit jantung koroner, kanker tertentu hingga beberapa kelainan penyakit mata. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin E di dalam makanan asal Amerika Selatan ini.

Menjaga metabolisme tubuh

Menurut Department of Agriculture Amerika Serikat, dalam satu sajian quinoa terdapat 1,17 mg mangan. Jumlah ini setara dengan 27,43 persen asupan wajar mangan pada laki-laki dan 35,05 persen pada perempuan.

Mangan sendiri dibutuhkan oleh tubuh untuk perkembangan dan metabolisme. Senyawa ini juga bekerja dengan banyak enzim dalam tubuh untuk mengoptimalkan kinerja enzim tersebut.

Sumber zat besi

Manfaat quinoa yang esensial lainnya adalah memberikan zat besi bagi kebutuhan tubuh kamu.  Department of Agriculture Amerika Serikat mencatat kandungan zat besi dalam satu sajian quinoa dapat mencapai 2,76 mg.

Jumlah tersebut setara dengan 34,5 persen asupan harian yang direkomendasikan pada laki-laki dan 15,33 persen pada perempuan. Dengan asupan zat besi yang baik, kamu memastikan kinerja tubuh tetap berjalan dengan baik.

Salah satunya adalah menjaga kualitas hemoglobin yang berfungsi untuk mengedarkan oksigen di dalam darah ke seluruh tubuh. Asupan zat besi yang cukup juga baik untuk menjaga kesehatan jaringan dan otot tubuh kamu.

Manfaat quinoa membantu mengontrol gula darah

Salah satu cara untuk mengontrol gula darah adalah dengan mengonsumsi makanan dengan glycemic index yang rendah. Menurut University of Sydney, quinoa memiliki glycemic index sebesar 53, yang berarti tergolong rendah.

Makanan dengan glycemic index rendah merupakan makanan yang tidak cepat membuat kamu kenyang dan tidak akan membuat kamu obesitas. Ini adalah hal yang baik bagi para penderita diabetes tipe 2.

Menurunkan potensi bayi lahir cacat

Department of Agriculture Amerika Serikat mencatat terdapat 77,7 mikrogram asam folat dalam satu sajian quinoa. Jumlah ini setara dengan 19,43 persen kebutuhan harian kamu.

Asam folat merupakan vitamin B esensial yang menurut National Institutes of Health Amerika Serikat memiliki peran penting dalam formasi DNA. Selain itu, asam folat juga penting dalam masa kehamilan untuk menurunkan potensi cacat tabung saraf.

Baca Juga: Bisa Pertanda Penyakit, Kenali Penyebab Cegukan Berikut Ini

Sumber magnesium

Satu porsi quinoa memiliki 118 mg magnesium. Hal ini menunjukkan biji-bijian ini sangat baik bagi kebutuhan mineral kamu, karena lebih dari 300 reaksi enzimatik di setiap sel dalam tubuh memerlukan magnesium. 

Dengan kandungan ini, daftar manfaat quinoa bagi kesehatan bisa diterjemahkan sebagai berikut:

  • Menurunkan potensi tekanan darah tinggi
  • Menurunkan potensi penyakit kardiovaskular
  • Menurunkan potensi diabetes tipe 2
  • Menurunkan potensi migrain


Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Pubmed.ncbi.nlm.nih.gov (2019) diakses 26 Juni 2020. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/31323439/
  2. Eatright.org (2019) diakses 26 Juni 2020. https://www.eatright.org/food/vitamins-and-supplements/types-of-vitamins-and-nutrients/easy-ways-to-boost-fiber-in-your-daily-diet
  3. Ods.od.nih.gov (2019) diakses 26 Juni 2020. https://ods.od.nih.gov/factsheets/Folate-Consumer/
  4. Fdc.na.usda.gov (2018) diakses 26 Juni 2020. https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/168917/nutrients
  5. Wholegrainscouncil.org diakses 26 Juni 2020. https://wholegrainscouncil.org/whole-grains-101/grain-month-calendar/quinoa-%E2%80%93-march-grain-month
  6. Healthline.com (2018) diakses 26 Juni 2020. https://www.healthline.com/nutrition/11-proven-benefits-of-quinoa
  7. Glycemicindex.com (2019) diakses 26 Juni 2020. http://www.glycemicindex.com/foodSearch.php?num=927&ak=detail
  8. Medicalnewstoday.com (2019) diakses 26 Juni 2020. https://www.medicalnewstoday.com/articles/274745
    register-docotr