Diet dan Nutrisi

Jadi Favorit Para Biksu, Ini Lho Segudang Manfaat Lo Han Kuo!

September 6, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Pernahkah kamu mendengar lo han kuo? Buah yang satu ini memang tidak sepopuler buah jeruk atau apel. Namun jangan salah, meskipun namanya terdengar asing, lo han kuo menyimpan banyak sekali manfaat lho, terutama untuk kesehatan. Lantas, apa saja manfaatnya lo han kuo?

Baca juga: Tak Hanya Cantik, Ini Manfaat yang Dimiliki Bunga Telang untuk Kesehatan Tubuh!

Apa itu lo han kuo?

Lo han kuo (monk fruit) atau yang juga dikenal dengan buah biksu merupakan buah yang berukuran kecil yang berbentuk bulat dan berasal dari Tiongkok Selatan. Buah ini dinamai dengan nama biksu yang pertama kali membudidayakannya berabad-abad lalu.

Manfaat kesehatan yang dimiliki oleh buah ini telah dikenal dalam pengobatan tradisional China selama beberapa dekade. Buah yang menjadi favorit para biksu ini memiliki kandungan gula yang alami, terutama fruktosa dan glukosa.

Meskipun demikian, rasa manis yang dimiliki oleh lo han kuo tidak berasal dari gula alaminya lho. Namun rasa manis tersebut berasal dari antioksidan unik yang disebut dengan mogrosida.

Berbagai manfaat lo han kuo yang wajib kamu tahu

Jika kamu mengonsumsi buah ini, kamu bisa memperoleh banyak sekali manfaat yang dimiliki oleh lo han kuo. Berikut adalah manfaat yang dimiliki oleh lo han kuo seperti yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Aman untuk penderita diabetes

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya bahwa lo han kuo mendapatkan rasa manisnya dari senyawa alami yang disebut dengan mogrosida. Ini membuat lo han kuo aman untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes karena buah ini tidak menyebabkan peningkatan gula darah.

Meskipun demikian, makanan dan minuman yang dimaniskan oleh buah ini mungkin dapat mengandung beberapa tambahan gula yang dapat meningkatkan jumlah karbohidrat dan kalori, atau bahkan memengaruhi sensitivitas insulin.

Maka dari itu, kamu harus berhati-hati dalam mengonsumsi produk lo han kuo, karena tidak semua produk olahan buah ini bebas karbohidrat dan gula.

2. Membantu penurunan berat badan

Lo han kuo tidak mengandung kalori, karbohidrat ataupun lemak, oleh karena itu buah ini menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Lo han kuo bisa menjadi pengganti gula biasa dan bahan pemanis lainnya, seperti cokelat.

3. Membantu mencegah kanker

Gula buatan dikaitkan dengan berbagai jenis kanker karena dapat menyebabkan peradangan dalam tubuh yang mana nantinya dapat mengakibatkan kanker.

Lo han kuo memiliki manfaat antikanker. Kamu dapat mengurangi konsumsi gula dan menggantinya dengan konsumsi lo han kuo untuk memperoleh manfaat anti kanker tersebut.

Tak hanya itu, Dilansir dari Conserve Energy Future, penelitian menunjukkan bahwa buah ini mengandung manfaat antikarsinogen yang mampu menghambat pertumbuhan tumor kulit dan payudara.

4. Memiliki sifat antiinflamasi

Mogrosida yang dimiliki oleh lo han kuo dipuji karena karakteristik antioksidannya, yang mana dapat melindungi tubuh dari kerusakan jaringan yang disebabkan oleh radikal bebas (sumber utama peradangan).

Sifat antiinflamasi ini sangat ideal untuk pencegahan berbagai penyakit, seperti kanker, radang sendi, serta masalah pencernaan.

Baca juga: Bukan Cuma Obat, 7 Makanan Anti-inflamasi Ini Juga Bisa Membantu Mengatasi Peradangan

5. Mempromosikan umur panjang

Buah biksu dikenal sebagai buah umur panjang (lo han kuo), yang mana nama tersebut menekankan pada salah satu manfaat buah, yakni dapat mempromosikan umur panjang.

Mengonsumsi buah ini secara teratur dipercaya dapat membuat orang hidup lebih lama karena antioksidan dalam mogrosida buah dapat membantu mengontrol peradangan dan degenerasi sel tubuh.

Buah biksu dapat melindungi penuaan dini, dari mulai memerangi radikal bebas dalam tubuh, melindungi tubuh dari peradangan, serta melawan infeksi.

6. Menjaga kesehatan jantung

Buah ini dapat menurunkan risiko serangan jantung dan stoke, yang mana dapat membantu untuk menjaga kesehatan jantung.

Adapun manfaat ini disebabkan karena lo han kuo mengandung komponen yang mencegah oksidasi kolesterol (pembentukan kolesterol menjadi plak di arteri dan pembuluh darah).

Mogrosida dalam lo han kuo memiliki kemampuan untuk melindungi kolesterol dalam tubuh agar tidak menumpuk. Tak hanya itu, mogrosida juga dapat meningkatkan kolesterol HDL yang baik untuk fungsi jantung.

7. Manfaat lo han kuo yakni menjaga sistem kekebalan tubuh

Sifat antimikroba yang juga dimiliki oleh lo han kuo dapat membantu keseimbangan bakteri di usus yang menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap terkendali. Antioksidan yang terkandung juga telah dikenal dapat membantu melawan radikal bebas yang menyebabkan berbagai penyakit.

Selain itu, lo han kuo juga dapat membantu mencegah dari kerusakan DNA.

Itulah beberapa manfaat buah lo han kuo yang perlu kamu tahu. Menjaga kesehatan tubuh merupakan hal yang wajib. Maka dari itu, tak ada salahnya lho memasukan buah ini ke dalam daftar makanan sehatmu agar kesehatan tubuhmu tetap terjaga.


Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Conserve Energy Future. Diakses pada 04 September 2020. 13 Amazing Benefits of Monk Fruit 

Healthline (2019). Diakses pada 04 September 2020. Monk Fruit Sweetener: Good or Bad?

Healthline (2017). Diakses pada 04 September 2020. Why Everyone’s Going Mad for Monk Fruit 

    register-docotr