Diet dan Nutrisi

Lengkuas Tak Cuma Lezatkan Masakan, Bumbu Dapur Ini Bisa Tingkatkan Kesuburan Pria!

June 12, 2020 | Felicia Elfriestha
feature image

Pastinya kamu sering menemukan lengkuas untuk dijadikan sebagai bumbu masakan. Tak hanya untuk menyedapkan rasa, ternyata bumbu dapur ini memiliki manfaat baik untuk kesehatan lho. Yuk kita simak manfaat lengkuas di bawah ini!

Baca Juga: Bantu Atasi Masalah Jantung hingga Kolestrol, InI Manfaat Bawang Merah

Manfaat lengkuas untuk kesehatan

Kandungan yang ada di dalam lengkuas ternyata memiliki segudang manfaat baik untuk tubuh kita seperti galanginbeta-sitosterol, quercetin, alpin, dan flavonoid.

Berikut beberapa manfaat lengkuas yang sangat baik untuk kesehatan, antara lain:

Kaya akan antioksidan

Lengkuas memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Yang mana antioksidan dapat membantu melawan penyakit dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Kandungan pilifenol yang ada pada lengkuas merupakan antioksidan yang bermanfaat untuk mengingkatkan memori dan menurunkan gula darah dan kadar kolesterol LDL (buruk).

Mencegah kanker

Kandungan antioksidan dan antinflamasi pada lengkuas mampu menurunkan kerusakan DNA akibat radikal bebas. Bahkan peneliti Inggris menemukan bahwa lengkuas memiliki sifat melawan kanker. 

Penelitian ini sudah terbukti ampuh adalah menangani penyakit kanker payudara dan paru-paru.

Manfaat lengkuas meningkatkan kesuburan pria

Lengkuas dipercaya dapat membantu meningkatkan kesuburan pria. Akar lengkuas bermanfaat untuk meningkatkan motilitas dan jumlah sperma sehingga meningkatkan kesehatan umum bagi para pria.

Setelah mengonsumsi lengkuas, jumlah motilitas dan sperma dipercaya akan meningkat 3 kali lipat. 

Mengurangi peradangan dan nyeri

Lengkuas dipercaya dapat mengurangi peradangan yang dapat menyebabkan penyakit. Kandungan fitokimia (senyawa kimia alami dalam tanaman) yang terdapat di dalamnya yang mampu meredakan peradangan dan nyeri.

Melindungi diri dari infeksi

Lengkuas yang dijadikan minyak esensial mampu melawan bakteri atau mikroorganisme yang berbahaya bagi tubuh. Tidak hanya itu saja, lengkuas juga dapat berfungsi untuk meredakan alergi.

Jika kamu mengalami alergi terhadap udang, ikan, atau berbagai makanan laut yang lain yang membuat kulit kamu gatal, kamu bisa meminum racikan potongan lengkuas setiap harinya untuk meredakan alergi tersebut.

Manfaat lengkuas menurunkan kadar kolesterol

Selain itu manfaat lengkuas adalah menurunkan kadar kolesterol. Penelitian di China menyebutkan bahwa ekstrak lengkuas dapat melawan sintase asam lemak berkat bantuan flavonoid nya seperti kaempferol dan quercetin.

Menurunkan demam

Kandungan zat antiseptik dan analgesik yang ada pada lengkuas dapat berfungsi untuk melawan infeksi. Tidak hanya itu saja, kandungan lengkuas juga berperan sebagai antibakteri tersebut dapat menghambat bakteri patogen.

Manfaat lengkuas lainnya

Tidak hanya bermanfaat baik untuk kesehatan tubuh, ternyata ada banyak manfaat lain dari lengkuas, diantaranya:

Mengatasi jerawat

Lengkuas memiliki kandungan antiseptik dan komponen pembersih wajah yang sangat kuat lho. Jika digunakan pada kulit wajah, lengkuas dapat melawan jerawat secara alami.

Caranya mudah, pertama kamu harus menghaluskan lengkuas. Setelah itu, tambahkan dengan air, aduk sampai rata, kemudian oleskan ke wajah kamu. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, gunakan sebanyak dua atau tiga kali sehari.

Mencegah penuaan dini

Kandungan antioksidan yang ada pada lengkuas dipercaya mampu untuk mencegah terjadinya penuaan dini akibat radikal bebas yang berbahaya. Kamu bisa menggunakan lengkuas yang dihaluskan dan dijadikan masker wajah.

Manfaat lengkuas mencegah rambut rontok

Kandungan asam lemak pada lengkuas lengkuas sangat bagus untuk rambut tipis. Kamu bisa mencampurkan lengkuas yang dihaluskan dengan minyak jojoba. Kemudian aplikasikan pada rambut yang menipis. 

Baca Juga: Bantu Atasi Masalah Jantung hingga Kolestrol, InI Manfaat Bawang Merah

Menghilangkan ketombe

Lengkuas memiliki sifat antiseptik yang akan sangat membantu dalam menyingkirkan ketombe secara permanen. Minyak yang dihasilkan dari lengkuas dapat diaplikasikan pada kulit kepala. 

Selain itu, kamu juga dapat mencampur lengkuas yang baru diparut dengan minyak zaitun atau minyak wijen untuk dioleskan ke kulit kepala,

Jadi, sekarang sudah tahu kan berbagai manfaat lengkuas? Sebelum menggunakannya pastikan terlebih dahulu kalau kamu tidak alergi dengan bumbu dapur yang satu ini ya. Jika alergi, hal ini justru bisa membahayakan kamu lho.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar manfaat lengkuas lainnya? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
register-docotr