Diet dan Nutrisi

Berbagai Manfaat Lemon: dari Kecantikan Kulit hingga Kesehatan Jantung!

September 11, 2020 | Fitri Chaeroni
feature image

Lemon memang sering digunakan sebagai tambahan perasa pada olahan makanan. Lemon jarang dikonsumsi sendiri karena rasanya yang asam, padahal lemon punya banyak manfaat lho.

Air lemon sering diklaim bisa membantu meningkatkan kesehatan pencernaan, detoksifikasi tubuh, dan membantu penurunan berat badan.

Selain itu, manfaat jeruk lemon juga bisa membantu tubuh kita tetap sehat lho. Apa sih yang membuat air lemon begitu bermanfaat? Berikut ulasannya.

Apa itu air jeruk lemon?

Air lemon hanyalah jus lemon yang dicampur dengan air. Jumlah jus lemon dalam air lemon tergantung pada preferensi masing-masing. Air jeruk lemon nikmat dikonsumsi baik dalam kondisi dingin atau panas.

Beberapa orang juga memilih untuk menambahkan kulit lemon, daun mint, madu, kunyit, atau bahan lainnya untuk menambah cita rasa.

Selain menyegarkan, air jeruk lemon juga digemari karena diklaim bisa meningkatkan tingkat energi dan metabolisme.

Nutrisi air jeruk lemon yang kaya manfaat

Lemon adalah sumber vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Seperti jenis jeruk lainnya, lemon juga kaya akan flavonoid yang mampu perangi berbagai penyakit.

Dilansir dari Medical News Today, berikut nutrisi yang terkandung dari 48 gram perasan air jeruk lemon:

  • 10,6 kalori
  • 18,6 miligram (mg) vitamin C, atau 21% Daily value (DV)
  • 9,6 mikrogram (mcg) folat, atau 2% DV
  • 49,4 mg potasium, atau 1% DV
  • 0,01 mg vitamin B-1, atau 1% DV
  • 0,01 mg vitamin B-2, atau 1% DV
  • 0,06 mg vitamin B-5, atau 1% DV

Nilai gizi setiap gelas air lemon tergantung pada berapa banyak jus lemon yang dikandungnya, serta bahan lainnya.

Manfaat air jeruk lemon untuk kesehatan

Kandungan vitamin C, antioksidan, flavonoid, dan berbagai nutrisi lainnya bisa membawa manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

1. Antioksidan dan flavonoid

Lemon mengandung vitamin C, antioksidan kuat, dan merupakan sumber senyawa tanaman bernama flavonoid, yang memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi.

Antioksidan adalah senyawa yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Dengan mengurangi kerusakan sel, antioksidan mengurangi risiko memburuknya kondisi kesehatan.

Termasuk penyakit kardiovaskular, diabetes, obesitas, dan kanker. Antioksidan melakukan ini dengan membersihkan radikal bebas yang berbahaya.

Serta senyawa penyebab penyakit dalam tubuh yang diciptakan oleh stres oksidatif. Flavonoid jeruk juga mengurangi peradangan di tubuh.

2. Manfaat jeruk lemon untuk kulit

Lemon juga punya manfaat untuk kesehatan kulit kita lho. Jeruk lemon memiliki manfaat karena tingkat asamnya.

Bahan dengan tingkat pH tinggi seperti lemon dapat membantu mengurangi peradangan dan minyak yang dapat berkontribusi pada pembentukan jerawat.

Lemon juga memiliki efek antimikroba, yang dapat membantu menjinakkan bakteri propionibacterium acnes yang mengarah pada peradangan jerawat .

3. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Lemon terdiri dari sekitar 10% karbohidrat, sebagian besar dalam bentuk serat larut dan gula sederhana. 

Serat larut dapat meningkatkan kesehatan usus dan memperlambat pencernaan gula dan pati. Efek ini dapat menyebabkan penurunan kadar gula darah.

Serat ini terdapat pada bulir-bulir jeruknya, jadi pastikan kamu mengonsumsi air jeruk lemon beserta bulirnya untuk mendapat manfaat ini.

4. Bantu kontrol berat badan

Dilansir Healthline, khasiat lemon bagi diet ini ditunjukkan dalam sebuah penelitian yang mencatat antioksidan polifenol yang ditemukan dalam lemon secara signifikan mengurangi kenaikan berat badan pada tikus yang makan berlebih.

Dalam studi ini, senyawa antioksidan juga mengimbangi efek negatif pada kadar glukosa darah dan meningkatkan resistensi insulin , dua faktor utama dalam pengembangan diabetes tipe 2.

Sebenarnya, air lemon tidak jauh berbeda dengan air biasa. Dan asupan air yang banyak, dalam penelitian di Children’s Hospital Oakland Research Institute, membuktikan dapat menurunkan berat badan, secara tidak langsung khasiat lemon untuk diet dibuktikan di sini.

Selain itu, salah satu khasiat lemon untuk diet dapat kamu buktikan dengan mengganti minuman tinggi kalori kamu dengan air lemon yang rendah kalori. Dengan banyak mengonsumsi air lemon, perut bisa lebih mudah terasa penuh.

5. Menurunkan risiko kanker

Dalam studi tabung reaksi, banyak senyawa dari lemon mampu membunuh sel kanker. Namun, mereka mungkin tidak memiliki efek yang sama pada tubuh manusia.

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa D-limonene, senyawa yang ditemukan dalam minyak lemon, memang memiliki sifat antikanker. 

Meski ditemukan bukti kuat pada hewan, masih diperlukan penelitian lebih lanjut pada manusia untuk mengetahui manfaat air lemon untuk cegah kanker pada manusia.

6. Cegah batu ginjal

Batu ginjal adalah benjolan kecil yang terbentuk ketika produk limbah mengkristal dan menumpuk di ginjal. 

Asam sitrat pada air lemon dapat membantu mencegah batu ginjal dengan cara meningkatkan volume urine dan meningkatkan pH urin.

Hanya 125ml jus air lemon per hari dapat memberikan asupan asam sitrat yang cukup untuk membantu mencegah pembentukan batu ginjal pada orang yang sudah memilikinya.

7. Manfaat jeruk lemon untuk jantung

Penelitian menunjukkan bahwa makan buah dan sayuran yang kaya vitamin C seperti air jeruk lemon memiliki manfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan strok.

Namun, bukan hanya vitamin C yang dianggap baik untuk jantung. Kandungan serat dan senyawa seperti hesperidin serta diosmin dalam air jeruk lemon juga dapat secara signifikan menurunkan beberapa faktor risiko penyakit jantung.

8. Manfaat air lemon bagi kesehatan mulut

Salah satu manfaat air jeruk lemon bagi kesehatan adalah membuat napas segar. Kamu bisa mencegah bau mulut hanya dengan meminum segelas air lemon setelah makan atau pada saat kamu baru bangun tidur.

Kamu tentu tidak asing dengan langkah menggunakan lemon untuk menghilangkan bau bawang putih atau bau menyengat lainnya? Nah, cara ini juga berlaku di mulut kamu, manfaat air jeruk lemon ini bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan bau makanan menyengat di mulut.

Salah satu cara kerja dari manfaat air jeruk lemon ini adalah dengan menstimulasi air liur untuk mencegah mulut kering. Ketika mulut selalu basah, maka bakteri yang menyebabkan bau mulut sulit berkembang.

Membuat infused water lemon

Salah satu cara membuat air lemon yang menarik dan tetap bermanfaat adalah dengan mengolahnya menjadi infused water lemon. Minuman ini akan lebih bermanfaat jika kamu mencampur lemon dengan bahan lain dan menambahkan madu.

Infused water lemon sangat mudah untuk dibuat. Kamu cukup menambahkan saja 4 buah lemon yang sudah diiris dengan 1 liter air dan biarkan lemon 1-4 jam di dalam air agar hasilnya optimal.

Manfaat infused water lemon ini tidak berbeda jauh dengan apa yang sudah dijabarkan di atas Namun, ketika dia dicampurkan dengan bahan lain, ada manfaat tambahan lain yang bisa dihasilkan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat lemon dan madu bagi kesehatan:

  • Lemon dan madu membantu menurunkan berat badan
  • Kedua bahan ini berguna pada saat kamu sakit karena kandungan vitamin C dan manfaat madu yang mengurangi gejala infeksi saluran pernapasan
  • Lemon dan madu bermanfaat bagi kesehatan pencernaan

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

Healthline. Diakses pada 22 Juni 2020. Lemon for Face: Health Benefits, Side Effects, Uses

Healthline. Diakses pada 22 Juni 2020. 6 Evidence-Based Health Benefits of Lemons

Healthline. Diakses pada 22 Juni 2020. 7 Ways Your Body Benefits from Lemon Water

Medical News Today. Diakses pada 22 Juni 2020. Benefits of drinking lemon water

Medical News Today. Diakses pada 22 Juni 2020. How can lemons benefit your health?

Healthline.com (2017) diakses 11 September 2020. Does Lemon Water Help You Lose Weight?

Healthline.com (2017) diakses 11 September 2020. Honey Lemon Water: An Effective Remedy or Urban Myth?

Pubmed.ncbi.nlm.nih.gov (2008) diakses 11 September 2020. Drinking water is associated with weight loss in overweight dieting women independent of diet and activity

Greenhealthycooking.com (2019) diakses 11 September 2020. Lemon Infused Water

    register-docotr