Diet dan Nutrisi

Ampuh Cegah Kanker, Berikut Ragam Manfaat Kunyit Putih yang Jarang Diketahui

June 25, 2020 | Arianti Khairina
feature image

Kunyit memang lebih sering digunakan sebagai bumbu dapur untuk melengkapi rasa makanan agar lebih sedap. Namun ternyata kunyit putih memiliki segudang khasiat tersembunyi loh. Berikut ini beberapa manfaat kunyit putih bagi kesehatan yang perlu kamu ketahui.

Baca juga: Manfaat Kunyit Asam: Atasi Masalah Pencernaan hingga Kadar Gula Darah

Manfaat kunyit putih

Dilansir dari Health Benefit Time, kunyit putih memiliki berbagai kandungan kimia yang meliputi tianin, pati, curcumin, minyak atsiri, gula, saponin, resin, flavonoid, hingga protein yang memiliki kemampuan mencegah pertumbuhan sel kanker. 

cacar air
Manfaat kunyit untuk kesehtan. Sumber gambar: https://www.shutterstock.com

Kandungan dalam kunyit putih tersebut membuat suplemen kunyit begitu populer di kalangan banyak orang. 

Kunyit putih atau curcuma zedoaria merupakan tanaman asli yang berasal dari India dan Indonesia. Hanya saja kini telah banyak dibudayakan di Eropa dan juga Amerika Serikat untuk dilakukan pengolahan kembali.

Berikut ini beberapa manfaat kunyit putih bagi kesehatan tubuh:

1. Melancarkan pencernaan 

Sudah menjadi rahasia umum sejak ribuan tahun lalu bahwa kunyit putih menjadi salah satu obat untuk melancarkan pencernaan dengan cara alami. 

Kamu yang memiliki masalah kesehatan seperti cacingan, perut kembung, kejang otot, nafsu makan yang menurun hingga sulit buang air besar sangat dianjurkan untuk mengolah kunyit putih menjadi minyak esensial. 

Selain itu kunyit juga ampuh menjadi pengobatan alami dalam mencegah radang usus.

2. Redakan nyeri 

Tak hanya mampu melancarkan pencernaan, kunyit putih juga ampuh mengatasi nyeri bagi kamu yang menderita arthritis atau radang persendian. Tak hanya itu saja dengan kunyit putih juga mampu mengatasi peradangan yang kamu alami. 

Hal tersebut karena kunyit putih kaya akan kandungan curzenone dan dihydrocurdione. Bahkan kandungan lainnya di dalam kunyit putih seperti curcumenol bisa bertindak meredakan rasa nyeri lebih ampuh ketimbang obat-obatan seperti aspirin. 

3. Mencegah kanker

Jika kamu ingin terhindar dari risiko penyakit kanker tak ada salahnya untuk mengonsumsi kunyit putih ini. Dilansir dari Healthline, kunyit putih ini dianggap sebagai bahan alami yang sangat efektif untuk menurunkan potensi kanker.

Tak terlalu rumit, berikut ini cara pengolahan kunyit putih yang bisa kamu lakukan sendiri loh. 

Pertama, pastikan kamu sudah mencuci kunyit putih hingga bersih. Setelah dicuci, langsung saja potong menjadi kecil-kecil dengan bentuk seperti dadu. 

Kedua, jemur kunyit putih yang berbentuk dadu tadi di bawah sinar matahari langsung ya. Pastikan kunyit tersebut sudah dijemur sampai kering. 

Lalu cara terakhir, kamu giling sampai halus menggunakan gilingan obat sebelum dikonsumsi. 

4. Antioksidan dan obati alergi

Belum banyak yang tahu bahwa minyak dari kunyit putih menjadi sumber antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. 

Tak hanya itu saja, kunyit putih yang mengandung curcuminoids dalam ekstrak kunyit putih mampu mengurangi reaksi alergi loh. Ekstrak kunyit putih ini digunakan sebagai obat untuk mengatasi alergi kulit.

Hal ini bisa terjadi karena kunyit putih terbukti ampuh mencegah bertumbuhnya protein penyebab peradangan dan juga mencegah zat kimia pemicu reaksi alergi di tubuh seseorang keluar.

5. Obat maag 

Kamu yang menderita maag akut sebaiknya mencoba terlebih dahulu khasiat kunyit putih sebelum mengonsumsi obat-obatan kimia. 

Kunyit putih memiliki beberapa kandungan yang membantu tubuh untuk mengatasi penyakit maag. Kandungan itu seperti minyak atsin, gula, saponin, protein toksin, damar, flavonoida, amilium, tinanin, kurkumin dan lainnya. 

Bagi kamu yang rutin mengonsumsi kunyit putih, maka akan efektif untuk mengurangi keasaman cairan lambung yang dapat menurunkan risiko kamu terserang penyakit sakit maag. 

6. Redakan nyeri menstruasi 

Mengonsumsi kunyit saat menstruasi tentu sudah seperti obat turun-temurun bukan? 

Memang kunyit putih ini memiliki efek pereda nyeri secara alami yang bekerja dengan melemaskan kontraksi rahim penyebab perut kram. 

Tak hanya itu saja zat ini juga mengurangi hormon yang menciptakan rasa sakit dan peradangan. Sangat tepat jika kamu para wanita yang sedang dalam masa menstruasi, cobalah untuk mengonsumsi kunyit putih untuk meredakan rasa nyeri.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Healthline.com (2018) diakses 22 Juni 2020. 10 Proven Health Benefits of Turmeric and Curcumin
  2. food.ndtv.com (2017) diakses 22 Juni 2020. White Turmeric: How It Is Different From Yellow Turmeric And Its Health Benefits
  3. Everydayhealth.com (2019) diakses 22 Juni 2020. 12 Scientific Health Benefits of Turmeric and Curcumin
  4. Healthbenefitstimes.com (2018) diakses 22 Juni 2020. White turmeric facts and health benefits

 

    register-docotr