Diet dan Nutrisi

Manfaat Kunyit Asam: Atasi Masalah Pencernaan hingga Kadar Gula Darah

June 7, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Manfaat kunyit asam sangat banyak sehingga menjadi salah satu jamu populer. Jamu kunyit asam seringkali digunakan untuk membantu meredakan sakit saat haid. Nah, adakah manfaat lain yang bisa didapatkan jika rutin mengonsumsi kunyit asam?

Baca juga: Bumil Jangan Bingung! Simak Begini Cara Membaca Hasil USG

Manfaat kunyit asam untuk kesehatan

Kunyit merupakan salah satu rempah yang memiliki rasa hangat, pahit dan sering digunakan untuk memasak. Nah, di sisi lain kunyit juga bisa dimanfaatkan sebagai obat pereda rasa sakit, demam, kolesterol, tinggi, penyakit hati, serta gatal-gatal.

Sementara itu, asam jawa juga memiliki peran penting dalam pengobatan tradisional. Dalam bentuk minuman, asam jawa berkhasiat untuk membantu mengobati diare, sembelit, demam, dan tukak lambung.

Tak hanya itu, polifenol di dalam asam memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang dapat melindungi tubuh terhadap penyakit jantung, kanker, dan diabetes. Jika kedua bahan ini dikombinasikan, maka akan memiliki manfaat untuk kesehatan, seperti:

Membantu memerangi penyakit

Efek antioksidan pada kunyit diketahui mampu menghentikan kerusakan hati yang disebabkan oleh racun. Untuk itu, kunyit sangat direkomendasikan bagi penderita diabetes karena obat yang dikonsumsi bisa merusak hati jika digunakan jangka panjang.

Nah, kandungan polifenol seperti flavonoid bisa meningkatkan kesehatan jantung karena membantu mengatur kadar kolesterol. Antioksidan di dalam asam jawa bisa mengurangi kerusakan oksidatif terhadap kolesterol LDL yang merupakan pendorong utama penyakit jantung. 

Mampu mengatasi masalah pencernaan

Manfaat kunyit lainnya yang bisa didapatkan adalah membantu masalah pencernaan, seperti sembelit. Selain itu, curcumin dalam kunyit juga menunjukkan khasiatnya sebagai pelindung tubuh dari kanker pankreas dalam sistem pencernaan.

Anti inflamasi yang terkandung di dalam kunyit berkontribusi untuk mendapatkan pencernaan sehat. 

Sementara asam jawa memiliki bagian yang berfungsi sebagai laksatif alami. Jika dikonsumsi, serat dalam asam jawa tidak akan larut namun justru bisa membantu melancarkan masalah pencernaan, termasuk sembelit.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Bahan aktif dalam kunyit, berupa curcumin memiliki sifat biologis kuat sehingga sangat direkomendasikan untuk berbagai kondisi kesehatan.

Curcumin berperan sebagai imunomodulator yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat bekerja secara aktif untuk melawan bakteri dan virus berbahaya.

Nah, untuk asam jawa kandungan senyawa alami yang memiliki efek antimikroba ini mungkin bisa membantu melawan serangan bakteri, virus, serta jamur.

Asam jawa memiliki berbagai macam nutrisi, seperti magnesium, potassium, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin B3 yang diketahui mampu membantu meningkatkan sistem imun.

Membantu menurunkan kadar gula darah

Kunyit tak hanya bagus untuk memerangi penyakit jantung, namun juga membantu menurunkan kadar gula darah atau mencegah penyakit diabetes. Hal ini dikarenakan, kunyit bisa meningkatkan sensitivitas pada insulin dan risiko terkena penyakit diabetes tipe 2 menjadi berkurang.

Sementara itu, asam jawa diketahui memiliki kandungan magnesium dan polifenol yang mampu mencegah penyakit diabetes. Karena itu, jika kunyit dan asam dikonsumsi bersamaan maka bisa membantu menurunkan kadar gula darah dengan efektif.

Baca juga: Cara Membuat Wajah Glowing Sehat dengan Bahan Alami

Mengatasi masalah jerawat pada wajah

Jika kamu memiliki masalah pada wajah, seperti mudah berjerawat maka bisa menggunakan pasta kunyit asam. Bahan-bahan ini akan menghasilkan pasta homogen yang dapat berguna dalam membantu merawat masalah pada kulit wajah.

Cara pembuatannya bisa dengan mencampurkan 1 sendok makan asam jawa, 1 sdm yogurt, dan ½ sdt bubuk kunyit murni. Oleskan wajah pasta kunyit asam dan biarkan selama 10 hingga 15 menit. Gunakan ramuan ini secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik.

Nah, meski manfaat kunyit asam sangat beragam dan bagus untuk tubuh namun perlu diwaspadai juga efek sampingnya jika dikonsumsi secara berlebihan. Perlu diwaspadai juga jika memiliki kondisi serius, seperti radang empedu dan tukak lambung.

Kondisi serius bisa memengaruhi kesehatan tubuh karena berdampak buruk untuk jangka panjang. Jika ingin tetap mengonsuminya, bisa bicarakan dokter ahli untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Webmd, diakses 4 Juni 2020.  TURMERIC
  2. Medical News Today (2017), diakses 4 Juni 2020. The positive and negative health effects of turmeric
  3. Healthline (2016), diakses 4 Juni 2020. What Is Tamarind? A Tropical Fruit With Health Benefits
  4. Meditativemind, diakses 4 Juni 2020. 10 Benefits of Tamarind for your Health
    register-docotr