Diet dan Nutrisi

Punya Banyak Nutrisi, Ini 6 Manfaat Kolang-kaling untuk Kesehatan

September 10, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Tidak hanya sebagai pelengkap es dan kolak saja, ada beragam manfaat kolang-kaling bagi kesehatan, lho. Makanan yang berasal dari pohon aren ini ternyata kaya nutrisi.

Sayangnya, tidak semua masyarakat mengetahui hal ini. Kebanyakan budidaya dan penjualan kolang-kaling hanya didasari atas nilai ekonominya sebagai pangan saja.

Kandungan nutrisi kolang-kaling

Sebuah jurnal yang diterbitkan di Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda, Kalimantan Timur, mencatat kandungan nutrisi dalam setiap 100 gram kolang-kaling sebagai berikut:

  • Energi 27 kkal
  • Protein 0,4 gram
  • Lemak 0,2 gram
  • Karbohidrat 6 gram
  • Serat 1,6 gram
  • Kalsium 91 mg
  • Fosfor 243 mg
  • Zat besi 0,5 mg
  • Kadar air 94%

Tingginya kandungan mineral seperti kalsium, besi dan fosfor sangat berkhasiat menjaga tubuh tetap bugar dan sehat. Selain itu, kolang-kaling juga mengandung vitamin A, vitamin B dan C.

Manfaat kolang-kaling untuk kesehatan

Nah, dengan melihat kandungan tersebut, kamu pasti sudah bisa mengira seperti apa khasiat kolang-kaling. Berikut ini adalah manfaat kolang-kaling bagi kesehatan yang harus kamu ketahui:

1. Memperkuat struktur tulang

Manfaat yang satu ini bisa dilihat dari kandungan kalsium dalam kolang-kaling yang mencapai 91 mg per 100 gram.

Menjadikan kolang-kaling sebagai sumber kalsium juga tepat jika kamu memiliki kelainan laktosa intoleran. Umumnya kelainan ini hanya akan kambuh jika kamu mengonsumsi susu dan produk turunannya.

Dengan kolang-kaling, kamu tidak perlu khawatir terkena efek samping susu yang menyebabkan diare, gas dan kembung yang biasanya muncul setelah kamu minum susu.

2. Melancarkan kesehatan pencernaan 

Mengonsumsi 10 butir kolang-kaling bermanfaat untuk memperlancar pencernaan dan mengatasi konstipasi atau sembelit.

Faktor utama yang mendukung manfaat yang satu ini adalah kandungan serat di dalam kolang-kaling yang mencapai 1,6 gram per 100 gram.

Selain itu, faktor pendukung yang dapat membuat kamu mengatasi konstipasi adalah air di dalam kolang-kaling yang kandungannya mencapai 94 persen.

Dengan cukup asupan air, maka usus kamu tidak perlu menyerap air dari apa yang sedang dimakan sehingga menjadikan hasil olahan makanan ini keras dan sulit bergerak di usus.

3. Khasiat kolang-kaling untuk mengatasi radang sendi

Khasiat kolang-kaling juga dapat meredakan radang pada sendi kamu. Buah dari pohon aren ini mengandung galaktomanan yang bisa meredakan radang sendi.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Mahasiswa Universitas Brawijaya, Malang, memperkuat bukti manfaat yang satu ini. 

Penelitian yang dilakukan terhadap tikus ini menunjukan jika galatomanan dalam kolang-kaling memberikan efek signifikan dalam menurunkan radang sendiri dibandingkan dengan kontrol dan obat Na-Dikofenak.

Untuk kesehatan sendi kamu, minimal kamu harus konsumsi 100 gram kolang-kaling secara rutin, setiap hari dengan cara merebus kolang-kaling tanpa gula dan pewarna.

4. Sumber alami vitamin untuk tubuh

Kolang-kaling juga mengandung vitamin A, B dan C yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin-vitamin ini dibutuhkan untuk memperkuat sistem imun.

Terutama vitamin C, konsumsi kolang-kaling membantu tubuh kamu mendapatkan vitamin yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh ini. Vitamin C ini memiliki banyak fungsi bagi tubuh, salah satunya untuk mengurangi risiko penyakit kronis.

Selain itu, vitamin C adalah antioksidan yang dapat menangkap radikal bebas yang dapat merusak sel dan jaringan. 

5. Memberi efek kenyang untuk turunkan berat badan

Kandungan karbohidrat yang mencapai 6 gram per 100 gram membuat kolang-kaling memberikan efek kenyang yang cukup untuk tubuh kamu.

Kandungan seratnya yang tinggi juga memberikan satu lagi dampak positif, membuat kenyang kamu bertahan lama. Dengan demikian, kamu tidak perlu lagi menuruti rasa lapar yang bisa mengakibatkan kamu makan lebih banyak.

6. Mengoptimalkan fungsi organ tubuh

Dari kandungan zat besi di dalamnya, kolang-kaling dapat membantu mengoptimalkan fungsi organ tubuh. Seperti diketahui, jika kamu kekurangan zat besi, tubuh bisa lesu, lemas, letih hingga anemia.

Zat besi sendiri termasuk nutrisi penting bagi tubuh untuk proses metabolisme. Biasanya kamu baru sadar jika kekurangan zat besi hanya ketika kamu merasakan gejala yang sudah disebutkan di atas.

Cara mengolah kolang-kaling

Selain memastikan kolang-kaling dalam keadaan segar, ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk memastikan kolang-kaling bersih dan siap dikonsumsi.

Saat kamu membeli kolang-kaling dari penjual, kerap kali buah ini memiliki rasa yang sedikit asam. Dengan cara mengolah kolang-kaling yang tepat, kamu bisa meminimalkan keasamannya.

Berikut cara mengolah kolang-kaling sampai siap dikonsumsi:

  • Setelah membeli, langsung cuci bersih kolang-kaling dengan air cucian beras
  • Lalu rendam selama kurang lebih 2 jam
  • Setelah direndam cuci bersih kolang-kaling dengan air yang mengalir
  • Untuk menghilangkan getahnya, rebus kolang kaling sebanyak 2 kali
  • Proses merebusnya jangan sampai salah! Masukkan kolang-kaling saat air sudah mendidih
  • Tunggu setidaknya 15 menit sebelum masuk ke perebusan yang kedua
  • Nah pada perebusan kedua ini, kamu bisa memasukkan kolang-kaling ke panci dari awal, tak perlu tunggu mendidih

Saat mengolah kolang-kaling di perebusan kedua, kamu bisa langsung menambahkan bahan pelengkap lain seperti gula, sirup, atau buah-buahan lainnya.

Kolang-kaling untuk ibu hamil, apakah aman?

Kolang-kaling untuk ibu hamil termasuk aman dikonsumsi. Bahkan Moms juga bisa mendapatkan manfaat serta khasiat kolang-kaling untuk menunjang kesehatan selama kehamilan.

Kolang-kaling adalah salah satu dari sekian banyak buah-buahan bergizi dan sehat yang dapat memberikan banyak sekali manfaat bagi ibu hamil.. Ibu hamil kerap kali mengalami masalah pencernaan, nah ini jadi alasan kenapa Moms disarankan untuk mengonsumsi kolang-kaling.

Masalah pencernaan yang umum seperti sembelit dan keasaman lambung dapat diatasi dengan mengonsumsi kolang-kaling.

Selain itu, kolang-kaling juga diketahui dapat meningkatkan kualitas ASI pada ibu menyusui. Ini menambah nilai gizi yang diterima bayi dari ASI, dan bertindak sebagai suplemen yang baik juga.

Cara mengolah kolang-kaling untuk ibu hamil

Kolang-kaling sendiri bisa diolah dengan berbagai cara, namun yang terpenting Moms harus memastikan buahnya segar. Jangan lupa juga imbangi dengan tambahan buah lainnya. Berikut beberapa rekomendasi mengolah kolang-kaling untuk ibu hamil:

  • Potong buah dan hiasi dengan bumbu atau perasa, seperti kapulaga, untuk menambah rasa
  • Di India ada olahan kolang-kaling yang populer bernama nungu kheer sementara di Indonesia kerap diolah menjadi kolak

Namun, yang terbaik adalah mengonsumsi kolang-kaling dalam jumlah sedang. Jika Moms masih belum yakin apakah sebaiknya mengonsumsi kolang-kaling, ada baiknya berkonsultasi dengan ahli gizi yang telah membantu Moms mempersiapkan pola makan kehamilan.

Demikian informasi tentang manfaat kolang-kaling untuk kesehatan. Agar lebih sehat, hindari penggunaan pemanis dan pewarna berlebihan saat mengolahnya, ya.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar manfaat dan khasiat kolang-kaling? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Journal.uwgm.ac.id (2018) diunduh 10 Juni 2020. https://journal.uwgm.ac.id/index.php/abdimasmahakam/article/download/291/pdf
  2. mayoclinic.org (2020) diakses 10 Juni 2020. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/lactose-intolerance/symptoms-causes/syc-20374232
  3. Prasetya.ub.ac.id (2015) diunduh 10 Juni 2020. https://prasetya.ub.ac.id/berita/Kolang-Kaling-Untuk-Terapi-Nyeri-Sendi-16877-id.pdf
  4. Jurnal.ugn.ac.id diunduh 10 Juni 2020. https://jurnal.ugn.ac.id/index.php/jurnalLPPM/article/download/8/6/
  5. Firstcry Parenting diakses pada 9 September 2020. https://parenting.firstcry.com/articles/ice-apple-during-pregnancy-benefits-and-more/
  6. Baby Center diakses pada 9 September 2020. https://www.babycenter.in/x1019318/what-are-the-health-benefits-of-ice-apple-inongui–in-pregnancy
    register-docotr