Diet dan Nutrisi

Kenali Kencur, Rempah yang Menyimpan Sejuta Manfaat

May 28, 2020 | Anisya Fitrianti | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Salah satu jenis rempah yang banyak dimanfaatkan dalam kehidupan adalah kencur. Apa saja ya manfaat kencur yang perlu kamu tahu?

Ya, selain bisa digunakan sebagai pelengkap dari bumbu masakan, kencur juga menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan. Yuk, kenali lebih jauh soal tanaman herbal yang satu ini! 

Apa itu kencur?

Kencur umum digunakan di wilayah Asia sebagai bumbu dapur. (Foto:https://www.shutterstock.com)

Kencur adalah jenis tanaman menjalar yang umum tumbuh di wilayah Asia seperti Indonesia, Tiongkok, Kamboja, India, dan Taiwan. Dalam dunia pertanian, kencur dikenal dengan nama Kaempferia galangal

Bentuk kencur dapat dikatakan mirip dengan jahe tetapi keduanya memiliki rasa yang berbeda. Kencur rata-rata berukuran 3-9 cm dan memiliki warna kuning pucat.

Kencur kaya akan kandungan bermanfaat. Di antaranya minyak atsiri, saponin, flavonoid, polifenol zinc, ethyl ester, asam sinamat, borneol, mineral, paraeumarin, patidan nutrisi lainnya.

Di Indonesia, kencur terkenal untuk diolah sebagai jamu, yakni jamu beras kencur.   

Sifat dan fungsi utama kencur 

Kencur telah dikenal di masyarakat sebagai tanaman obat yang kaya akan manfaat. Hal ini juga telah dibuktikan oleh penelitian, lho. Setidaknya kencur diketahui memiliki empat sifat utama seperti berikut:

  • Antiinflamasi

Kencur efektif digunakan untuk mengurangi peradangan karena sifatnya sebagai antiinflamasi. Dalam uji yang dilakukan pada hewan, ditemukan bahwa ekstrak kencur efektif meredakan peradangan. Bahkan semakin tinggi dosis kencur yang digunakan, radang yang terjadi pun semakin kecil. 

  • Antijamur

Melalui sebuah uji coba, minyak atsiri yang terkandung dalam kencur terbukti mampu menghambat pertumbuhan salah satu jenis jamur yakni Trichophyton rubrum. Jamur tersebut adalah jamur yang paling umum menyebabkan infeksi pada kulit maupun kuku manusia.

  • Antidiare

Tanaman obat yang satu ini juga memiliki sifat antidiare. Hal ini telah dibuktikan melalui uji coba pada hewan. Efek dari ekstrak kencur ditemukan memiliki kekuatan untuk menghambat tingkat keparahan dari diare.

  • Antibakteri

Kencur juga terbukti memiliki sifat antibakteri. Hal ini disebabkan oleh senyawa kimia yang terkandung dalam kencur yaitu etil p-metoksinamat  yang mampu menghambat bakteri. 

Baca juga: Ini lho, Manfaat Daun Sirih Merah sebagai Obat Tradisional

Manfaat kencur untuk kesehatan

Dengan sejumlah kandungan senyawa kimia dan mineral, kencur dapat mengatasi berbagai permasalahan kesehatan.

Banyak orang mengolah kencur dengan berbagai cara untuk meraih manfaatnya. Mulai dari disajikan dalam makanan hingga minuman. 

Penasaran kan apa saja ya manfaat tanaman jalar yang satu ini?

Meringankan rasa sakit dan kelelahan

Mengonsumsi kencur dapat membantu mengurangi nyeri atau kelelahan. Untuk itu bagi kamu yang sering melakukan pekerjaan berat, ada baiknya mengonsumsi kencur secara rutin. Kebiasaan ini akan membantu mengatasi rasa kelelahanmu.  

Mengurangi kadar kolesterol

Kandungan yang ada dalam tanaman yang memiliki nama latin Kaempferia galanga ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan aliran empedu.

Saat cairan empedu dalam tubuh mengalir dengan baik, makanan akan terserap dengan baik juga. Kondisi inilah yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. 

Mengobati keseleo

Tahukah kamu bahwa kencur dapat mengobati keseleo atau terkilir? Caranya pun cukup mudah, kok. Cukup bersihkan satu kencur dan campur dengan segenggam beras yang sudah direndam.

Lalu, tumbuk keduanya hingga halus dan oleskan pada area yang terkilir dan diamkan beberapa saat. 

Obat sakit kepala alami

Manfaat kencur lainnya adalah dapat digunakan sebagai obat sakit kepala. Terutama untuk kamu yang sering merasakan migrain atau sakit kepala sebelah. 

Meski sakit kepala dapat diatasi dengan obat-obatan yang dijual bebas, kencur adalah alternatif pengobatan alami yang layak kamu coba. Kencur aman dikonsumsi dan tidak memiliki efek samping bahkan jika kamu meminumnya setiap hari.

Di samping itu, ada baiknya untuk mengurangi ketergantungan pada obat-obatan kimiawi karena dapat berdampak buruk pada tubuh dalam jangka panjang.

Baca juga: Jenis Obat Herbal Diabetes Ini Aman Dikonsumsi Lho

Meningkatkan nafsu makan

Bila kamu memiliki masalah dengan nafsu makan, kamu bisa mengatasinya dengan konsumsi kencur, lho. Hal ini disebabkan oleh kandungan minyak atsiri di dalam kencur yang mampu meningkatkan nafsu makan.

Selain pada orang dewasa, anak-anak juga diperbolehkan mengonsumsi kencur untuk mengatasi masalah nafsu makan. Tapi ada baiknya konsultasikan dulu ke dokter, ya.

Mencegah jerawat

Kencur juga bermanfaat dapat digunakan untuk mencegah timbulnya jerawat. Tanaman ini berguna untuk mencegah hormon yang dapat menyebabkan tumbuhnya jerawat, sehingga jerawat yang akan muncul dapat kembali mereda. 

Konsumsi kencur juga sangat dianjurkan lho untuk wanita yang sedang haid. Ini karena biasanya saat haid, kulit wajah jadi lebih mudah berjerawat.

Bahan obat batuk alami

Bila kamu terkena batuk, kamu bisa mencoba mengobatinya dengan kencur. Beberapa bahan kandungan dalam kencur juga mampu meredakan batuk.

Untuk menggunakannya sebagai obat batuk, caranya adalah cuci akar kencur, kupas, dan parut. Letakan hasil parutan kencur di atas kain dan peras hingga kamu mendapatkan cairan dari kencur tersebut.

Tambahkan sedikit jus jeruk nipis dan madu sebagai pemanis alami. Minumlah larutan kencur ini tiga kali sehari.

Kamu juga bisa mengonsumsinya dengan membuat olahan minuman hangat lainnya. Minumlah selagi hangat karena suhu yang hangat juga dapat membantu meredakan batuk dan membuat tenggorokan terasa lebih lega. 

Mengurangi gejala pilek

Kencur dapat menimbulkan rasa hangat dalam tubuh, sehingga cocok bagi kamu yang sedang merasakan gejala pilek.

Sajikan kencur sebagai minuman dan minumlah selagi masih hangat sebanyak dua kali sehari. Selain menghilangkan pilek, kencur juga efektif menghilangkan rasa mual yang bisa muncul saat pilek.

Membantu mengatasi gejala heartburn 

Heartburn adalah gangguan pada perut yang menimbulkan rasa panas dan terbakar di tenggorokan. Bila kamu mengalami heartburn, kamu juga bisa mengatasinya dengan kencur. Kandungan minyak atsiri dalam kencur efektif menyembuhkan heartburn. 

Untuk menggunakannya, cuci bersih kencur secukupnya. Kemudian parut dan tambahkan campuran air hangat serta garam. Saring dan minum larutan ini sebanyak 2-3 kali sehari.

Di samping itu kencur akan menimbulkan efek hangat yang mampu meredakan sakit maag. 

Menghilangkan sariawan

Untuk menghilangkan sariawan dengan kencur, kamu cukup menghaluskannya kemudian oleskan pada permukaan bibir yang terkena sariawan dan diamkan beberapa saat.

Kamu mungkin akan mengalami sensasi pedas seperti mengonsumsi cabai, tetapi jangan khawatir justru hal inilah yang efektif mengobati sariawan.

Mencegah radikal bebas

Kencur juga diketahui memiliki manfaat untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas adalah salah satu penyebab banyak penyakit yang berkembang di dalam tubuh seperti kanker kulit dan beragam jenis penyakit berbahaya lainnya.

Dengan begitu, tubuh akan terasa lebih sehat dan lebih bugar!

Mengembalikan energi tubuh

Kencur dapat dimanfaatkan sebagai cara alami untuk meningkatkan energi tubuh. Kamu hanya perlu merebus 2 cm kencur dengan satu gelas air dan minum setiap malam sebelum tidur. Keesokan harinya, kamu akan merasakan tubuhmu lebih segar dan bertenaga. 

Mengobati perut kembung dan diare

Masalah perut lainnya seperti kembung juga dapat diatasi dengan mengonsumsi kencur. Kamu bisa langsung memakan kencur mentah untuk meredakannya. Jangan lupa untuk mencuci kencur sampai bersih menggunakan air hangat dan garam. 

Di samping itu, kencur juga bisa kamu gunakan untuk mengatasi diare. Kencur diketahui efektif mengeluarkan gas ataupun rasa mulas dalam perut sehingga cocok untuk mengobati diare.

Kencur juga mampu merangsang produksi lendir usus, yang membantu melindungi lapisan usus.

Menurunkan risiko osteoporosis

Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak etanol dari rimpang kencur memiliki potensi yang baik untuk pencegahan osteoporosis serta meningkatkan kepadatan tulang. Penelitian tersebut dilakukan pada hewan yang diberikan ekstrak kencur selama 30 hari penuh.

Meningkatkan vitalitas pria

Bagi pria, mengonsumsi tanaman bernama latin Kaempferia galanga ini dapat menambah vitalitas dan stamina. Hal ini karena kencur mampu memperbaiki kualitas sperma yang ada dalam tubuh.

Tips memilih, mengolah dan menyimpan kencur 

Kencur aman dikonsumsi setiap hari dan minim akan efek samping. Untuk itu, kamu bisa membelinya dalam jumlah banyak sekaligus. Berikut ada tips seputar cara memilih, mengolah dan menyimpan kencur yang tepat. 

  • Cara memilih kencur

Kamu bisa mendapatkan kencur di pasar tradisional ataupun supermarket. Biasanya kencur dijual dalam bentuk utuh atau pun bubuk. Pilihlah kencur yang terlihat segar, padat, dan memiliki aroma khas. Jangan memilih kencur yang lembek atau sudah keriput, ya. 

  • Cara mengolah kencur

Untuk mengolahnya, cuci bersih kencur dan kupas kulitnya menggunakan pisau. Kencur memiliki kulit yang tipis sehingga kamu bisa mengupasnya dengan perlahan agar buahnya tidak terbuang. Setelah itu kamu bisa mengolahnya sesuai kebutuhan dengan diiris, ditumbuk atau dihaluskan.  

  • Cara menyimpan kencur

Simpan kencur dalam kertas dan bungkus dengan plastik supaya kencur awet hingga dua minggu ke depan.

Atau kamu juga bisa mengupasnya dan mengirisnya terlebih dahulu kemudian simpan di dalam plastik kedap udara dan masukan dalam freezer. Cara ini akan membuat kencur tahan hingga enam minggu.

Yuk mulai rutin konsumsi kencur dari sekarang. Ingatlah bahwa kencur aman dan dapat dikonsumsi setiap hari. Bahkan dalam jangka waktu yang lama. 

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
    register-docotr