Diet dan Nutrisi

7 Manfaat Kacang Merah bagi Kesehatan dan Cara Aman Konsumsinya

December 25, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Kacang merah adalah jenis kacang-kacangan phaseolus vulgaris, dikenal juga dengan nama kidney beans alias kacang ginjal. Asupan ini termasuk banyak dikonsumsi karena memiliki banyak manfaat. Apa manfaat kacang merah untuk kesehatan?

Kandungan kacang merah dapat melengkapi kebutuhan gizi seimbang harian yang dibutuhkan tubuh. Salah satu yang terkenal karena kandungan proteinnya yang baik untuk tubuh. Untuk lebih jauh mengetahui nutrisi dan manfaat kacang merah, berikut ulasannya.

Fakta tentang nutrisi kacang merah

Dilansir Healthline, dalam setiap 100 gram kacang merah rebus terdapat kandungan nutrisi berupa:

  • Kalori: 127
  • Air: 67 persen
  • Protein: 8,7 gram
  • Karbohidrat: 22,8 gram
  • Gula: 0,3 gram
  • Serat: 6,4 gram
  • Lemak: 0,5 gram

Selain itu, kacang merah juga mengandung vitamin dan mineral, seperti:

  • Molibdenum. Kandungan yang ditemukan pada biji-bijian dan kacang-kacangan. 
  • Folat. Folat merupakan bagian vitamin B9, yang penting bagi tubuh terutama untuk wanita hamil.
  • Zat besi. Kandungannya diperlukan oleh tubuh karena memiliki banyak peran untuk kesehatan tubuh. 
  • Mangan. Kandungan yang umum dituemukan di dalam biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan dan sayuran.
  • Kalium. Nutrisi yang penting untuk menunjang kesehatan jantung.
  • Vitamin K1. Dikenal juga sebagai phylloquinone, yang berperan penting untuk pembekuan darah. 

Senyawa lain di dalam kacang merah

Kacang merah juga mengandung berbagai senyawa lain yang baik untuk kesehatan tubuh seperti:

  • Isoflavon. Salah satu antioksidan yang dikategorikan sebagai fitoestrogen karena kemiripannya dengan hormon wanita, estrogen.
  • Antosianin. Warna kacang merah terutama disebabkan oleh antosianin yang dikenal sebagai pelargonidin yang juga bermanfaat sebagai antioksidan.
  • Phytohaemagglutinin. Protein namun beracun, tetapi bisa dihilangkan setelah memasaknya.
  • Asam fitat. Dapat mengganggu penyerapan mineral, tapi bisa dikurangi dengan merendam, menumbuk atau memfermentasikan kacang. 
  • Penghambat pati. Dapat merusak atau menunda penyerapan karbohidrat dari saluran pencernaan, tetapi dinonaktifkan saat memasak.

Meski ada beberapa kandungan yang kurang baik, tetapi bisa dihilangkan dan lebih banyak kandungan yang bermanfaat.

Manfaat kacang merah untuk kesehatan

Memakan kacang merah yang telah dimasak dengan benar dapat memberikan keuntungan atau manfaat. Dari hal sederhana seperti menimbulkan rasa kenyang yang tahan lama, hingga menjaga kesehatan jantung. Berikut penjelasan selengkapnya:

1. Sebagai sumber protein

Protein adalah nutrisi penting yang berperan memelihara dan memperbaiki tubuh. Kacang-kacangan termasuk kacang merah adalah sumber protein yang sangat baik, terutama untuk vegetarian dan vegan. 

2. Manfaat kacang merah sebagai antioksidan

Kacang-kacangan termasuk kacang merah kaya akan polifenol, salah satu jenis antioksidan. Di mana antioksidan dapat melawan efek radikal bebas pada tubuh. 

Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel dan akhirnya bisa menimbulkan berbagai penyakit kronis seperti kanker atau penyakit jantung. Makan makanan kaya antioksidan bisa mencegahmu dari bahaya radikal bebas. 

3. Menjaga kesehatan jantung

Orang yang mengonsumsi kacang-kacangan secara teratur, kecil kemungkinan meninggal karena serangan jantung atau masalah kardiovaskular lainnya.

Oleh karena itu, para ahli menyarankan mengganti protein hewani dengan kacang-kacangan untuk menjaga kesehatan jantung dan menurunkan risiko kardiovaskular. 

4. Mengurangi risiko kanker

Seperti yang sudah disebutkan jika kacang merah kaya akan antioksidan dan hal tersebut dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker, salah satunya adalah mengurangi risiko kanker usus

5. Menstabilkan gula darah

Kacang-kacangan termasuk kacang merah adalah makanan indeks glikemik rendah sehingga tidak menyebabkan lonjakan gula darah saat memakannya. Kacang merah juga dapat membantu mengurangi efek makanan yang menyebabkan lonjakan gula darah. 

6. Membantu proses diet

Salah satu manfaat kacang merah yang perlu kamu ketahui adalah dapat mengontrol nafsu makan. Sehingga dapat membantu kamu yang sedang menjalani program diet. 

Kacang adalah makanan yang kaya serat, sehingga mengonsumsinya akan menciptakan perasaan kenyang dan puas. Ini dapat membantu orang merasa kenyang lebih lama dan menghindari makan berlebihan. 

7. Menunjang kesehatan hati

Hati yang berlemak dapat berkembang bersamaan dengan terjadinya obesitas, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi dan aspek lain dari sindrom metabolik. 

Sementara dari beberapa manfaat kacang merah yang sudah disebutkan di atas, sudah mencukupi untuk menjaga tubuh agar tidak obesitas dan menjaga kadar gula darah stabil.

Karena itu kacang merah juga dapat membantu mencegah terjadinya penumpukan lemak di hati. 

Risiko mengonsumsi kacang merah yang diolah tak tepat

Meski banyak memiliki manfaat, tapi kacang merah juga bisa beracun jika tidak dimasak dengan benar. Dilansir Medical News Today, setidaknya kacang perlu direbus selama 10 menit terlebih dahulu untuk memastikan keamanannya. 

Selain itu, kacang-kacangan juga dapat menyebabkan perut kembung. Karena kacang dapat menimbulkan gas di perut. Karena itu kacang tidak cocok untuk orang dengan kondisi pencernaan yang kurang baik, seperti orang dengan sindrom iritasi usus besar. 

Risiko lainnya yang mungkin terjadi adalah reaksi alergi. Sebaiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu sebelum mengonsumsi makanan yang mengandung kacang merah. Di luar dari hal ini, kacang merah adalah salah satu makanan yang baik untuk dikonsumsi. 

Demikian ulasan manfaat kacang merah untuk kesehatan beserta risikonya yang perlu diwaspadai. 

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar info sehat lainnya? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline, diakses 12 Desember 2020
Kidney Beans 101: Nutrition Facts and Health Benefits
Webmd, diakses 12 Desember 2020
Health Benefits of Kidney Beans
Medical News Today, diakses 12 Desember 2020
What are the health benefits of beans?

    register-docotr