Diet dan Nutrisi

Ini Dia 3 Manfaat Jus Seledri untuk Kesehatan Tubuh

July 18, 2020 | Husni Efendi
feature image

Mungkin kamu melihat #CeleryJuice atau #CeleryJuiceChallenge, alias tagar terkait jus seledri di media sosial, dan sepertinya jus seledri menjadi tren tersendiri dan semakin menarik perhatian saat ini. Namun apa sebenarnya manfaat jus seledri bagi kesehatan?

Seledri cukup menarik perhatian, bahkan disebut-sebut juga sebagai bentuk ‘superfood’, sebab kabarnya bisa membantu memerangi berbagai penyakit. Nah, berikut hal yang perlu kamu ketahui tentang jus seledri, dan manfaatnya bagi kesehatan.

Nutrisi jus seledri

Seledri adalah anggota keluarga wortel, di mana tanaman serta bijinya mengandung sumber vitamin, mineral, dan antioksidan.

Seledri mengandung vitamin K yang tinggi, juga vitamin A, vitamin B-2 dan B-6, dan vitamin C. Selain itu, seledri juga merupakan sumber nutrisi seperti folat, potasium, mangan, asam pantotenat, dan serat makanan.

Lebih jauh lagi, seledri mengandung dua antioksidan bermanfaat, yakni apigenin dan luteolin. Penelitian menunjukkan bahwa apigenin dan luteolin turut mengurangi peradangan dan dapat membantu mengobati berbagai penyakit peradangan.

Baca juga: Tahukah Kamu Jus Lemon Bisa Jadi Obat Ginjal Alami? Yuk, Kenali Apa Saja Bahan Lainnya!

Manfaat jus seledri

Jus seledri dapat memberikan sejumlah manfaat untuk kamu yang mengonsumsinya sebagai bagian dari diet sehat, dengan manfaat di antaranya:

Membantu kamu terhidrasi

Jus seledri sebagian besar terdiri dari air dan dapat membantu kamu tetap terhidrasi. Hidrasi yang tepat dapat membantu mengelola tekanan darah, suhu tubuh, fungsi otak, penyerapan nutrisi, ekskresi, hingga kesehatan ginjal.

Gula rendah

Jus seledri adalah pilihan yang lebih sehat daripada minuman manis lainnya. Satu gelas (sekitar 240 mL) jus seledri hanya memiliki sekitar 5 gram gula, yang terjadi secara alami.

Minuman yang dimaniskan dengan gula, seperti soda, minuman berenergi, dan kopi khusus menyumbang hingga 50% gula tambahan dalam diet kamu, dan dapat menambahkan 500 kalori ekstra per hari ke total asupan kalori kamu.

Karena itu, kamu bisa memilih minuman rendah gula seperti jus seledri, yang dapat mengurangi asupan gula dan kalori kamu secara keseluruhan.

Sifat anti-inflamasi

Tanaman seledri dan bijinya mengandung zat kimia yang biasanya disebut ahli gizi sebagai fitonutrien (phytonutrient). Bahan kimia ini memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat.

Senyawa tanaman fitonutrien ini dapat mengurangi peradangan, dengan bertindak sebagai antioksidan, yang membantu menurunkan stres oksidatif. Stres oksidatif terjadi ketika molekul tidak stabil yang disebut radikal bebas, menumpuk di tubuh kamu.

Secara keseluruhan, diet kaya antioksidan kerap dikaitkan dengan penurunan tingkat pada sejumlah penyakit kronis, termasuk penyakit jantung, diabetes, obesitas, kanker tertentu, hingga pada kesehatan kulit.

Terlepas dari berbagai manfaat yang banyak didengar, sesungguhnya belum ada studi khusus yang meneliti secara spesifik manfaat jus seledri sebagai pengobatan kondisi kronis.

Sebagian besar penelitian lebih menyoroti manfaat kesehatan pada nutrisi yang terkandung pada seledri, yang diasosiasikan dengan fungsi tertentu.

Cara mengonsumsi dan membuat jus seledri

manfaat jus seledri
Cara membuat jus seledri. Sumber foto: www.healthline.com

Kamu bisa membuat jus seledri di rumah menggunakan blender atau juicer. Untuk meningkatkan rasa dan kandungan nutrisi, kamu juga bisa menambahkan apel hijau, jahe, atau jus lemon.

Walau meminum dalam bentuk jus termasuk dalam tren gaya hidup sehat, namun mengonsumsi seledri utuh bisa menghasilkan lebih banyak serat daripada jusnya.

Kamu juga dapat membeli jus seledri yang sudah jadi di pasaran, namun cobalah untuk menghindari tambahan gula atau perasa.

Lalu apakah ada orang tertentu yang harus menghindari makan seledri atau minum jus seledri? Sebenarnya mengonsumsi makanan nabati adalah kebiasaan sehat, namun beberapa orang mungkin perlu makan lebih sedikit zat dalam beberapa makanan, termasuk seledri, yang disebut oksalat.

Hal ini berlaku untuk orang dengan jenis batu ginjal tertentu. Jika kamu sekiranya menderita batu ginjal, kamu perlu berkonsultasi dulu dengan dokter atau ahli gizi terkait rencana makanan yang tepat.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  • Healthline, Is Celery Juice Healthy? All You Need to Know, https://www.healthline.com/nutrition/celery-juice-cleanse, diakses 13 Juli 2020
  • Healthline, Celery Juice: Healthy or Hype? https://www.healthline.com/health-news/celery-juice-healthy-or-hype, diakses 13 Juli 2020
  • Medical News Today, Does celery juice have health benefits? https://www.medicalnewstoday.com/articles/324932, diakses 13 Juli 2020
  • UC Davis, Celery juice: Are the benefits real? https://health.ucdavis.edu/good-food/blog/celery-juice.html, diakses 13 Juli 2020
  • Parsley Health, What Are the Benefits of Celery Juice? A Doctor Explains https://www.parsleyhealth.com/blog/benefits-of-celery-juice, diakses 13 Juli 2020
    register-docotr