Diet dan Nutrisi

Jangan Dibuang, Ini 7 Manfaat Jantung Pisang untuk Kesehatan Tubuh

September 21, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Selain memiliki manfaat dari buahnya, jantung pisang pun memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Cikal bakal dari buah pisang ini seringkali dijadikan sebagai sayuran bagi orang Asia Selatan dan Asia Tenggara. Lalu, apa saja manfaat jantung pisang?

Jantung pisang dapat ditemukan di bagian bawah seikat buah pisang dan biasanya memiliki campuran warna ungu dan merah tua.

Baca juga: Tak Hanya Cantik, Ini Manfaat yang Dimiliki Bunga Telang untuk Kesehatan Tubuh!

Manfaat jantung pisang bagi kesehatan tubuh

Jantung pisang memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, seperti fosfor, kalsium, kalium, tembaga, magnesium, serta zat besi, yang mana kandungan tersebut sangat penting untuk fungsi tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan, kamu dapat mengolah jantung pisang dengan berbagai cara, baik digoreng, dikukus, atau ditambahkan ke dalam olahan makanan lainnya.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat jantung pisang yang perlu kamu tahu.

1. Mencegah terjadinya infeksi

Manfaat jantung pisang yang pertama adalah dapat mengobati dan mencegah terjadinya infeksi, berkat ekstrak berbasis etanol yang dimilikinya.

Jantung pisang dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri patogen. Beberapa di antaranya adalah bacillus subtalis, bacillus cereus, dan escherichia coli. Tak hanya itu, jantung pisang juga dapat membantu menyembuhkan luka.

2. Mengurangi aktivitas radikal bebas

Radikal bebas di dalam tubuh dapat menimbulkan masalah kesehatan yang serius. Flavonoid yang ada di dalam jantung pisang memiliki sifat antioksidan, nah inilah yang dapat membantu menangani radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan pada tubuh.

Karena kandungan itulah jantung pisang juga dapat mengobati beberapa masalah kesehatan, seperti penuaan dini dan kanker.

3. Manfaat jantung pisang bisa mengurangi perdarahan menstruasi

Saat menstruasi, tak jarang banyak wanita mengalami rasa sakit yang membuat tidak nyaman. Beberapa mengalami gejala menstruasi yang parah, sebagian lain dapat mengalami perdarahan yang berlebihan.

Untuk mengatasi hal ini, kamu dapat mengonsumsi secangkir jantung pisang yang telah dimasak. Jantung pisang yang dimasak bersama dengan yoghurt dapat membantu meningkatkan hormon progesteron dalam tubuh dan mengurangi perdarahan.

4. Membantu mengelola diabetes dan anemia

Lonjakan gula darah dapat berbahaya bagi penderita diabetes. Gula darah tinggi yang terjadi secara terus menerus dapat mennimbulkan beberapa komplikasi serius, seperti kehilangan sirkulasi, masalah penglihatan, atau bahkan mati rasa di tangan dan kaki.

Sedangkan anemia terjadi ketika seseorang tidak memiliki cukup sel darah sehat untuk membawa oksigen yang dibutuhkan ke jaringan tubuh. Anemia dapat berlangsung ringan hingga parah. Gejala yang dapat ditimbulkan oleh anemia di antaranya adalah lelah dan lemah.

Untuk menghindari hal tersebut, kamu dapat mengonsumsi jantung pisang. Jantung pisang sendiri merupakan teman yang baik bagi para penderita diabetes dan anemia.

Jantung pisang dapat menurunkan kadar gula darah, tak hanya itu, jantung pisang juga mengandung zat besi yang mana membantu produksi sel darah merah, sehingga dapat membantu melawan anemia.

5. Meningkatkan fungsi ginjal

Manfaat jantung pisang lainnya adalah dapat meningkatkan fungsi dari ginjal. Ginjal merupakan salah satu organ yang penting bagi tubuh. Ginjal berfungsi untuk membuang limbah, mengatur tekanan darah, memproduksi hormon penting, serta menjaga keseimbangan kadar elektrolit.

Segudang nutrisi yang terdapat di dalam jantung pisang dapat merangsang fungsi ginjal yang sehat. Menambahkan jantung pisang ke dalam makanan dapat berfungsi sebagai obat alami untuk batu ginjal dan mencegah risiko peradangan.

6. Meningkatkan mood dan mengurangi kecemasan

Kandungan magnesium yang terdapat dalam jantung pisang ternyata dapat meningkatkan mood dan mengurangi kecemasan lho! Jantung pisang mengandung magnesium yang merupakan antidepresan alami.

Maka dari itu, jika perasaanmu sedang tidak baik, tak ada salahnya lho untuk mengonsumsi jantung pisang yang penuh manfaat ini.

Baca Juga: 9 Manfaat Pisang, Mengobati Tukak Lambung hingga Risiko Stroke

7. Manfaat jantung pisang untuk mengatasi masalah pencernaan

Jantung pisang dapat menetralkan cairan lambung secara efisien, yang mana hal ini dapat membantu meredakan gangguan perncernaan, serta mengurangi iritasi dan nyeri ulkus.

Tak hanya itu, jantung pisang juga dapat membantu mengatasi sembelit, kamu dapat memperoleh manfaat ini dengan mengonsumsi jantung pisang. Hal ini karena kandungan serat dan nutrisi tinggi yang dimiliki oleh jantung pisang berfungsi sebagai pencahar alami.

Nah, itulah manfaat jantung pisnag bagi kesehatan tubuh, banyak sekali bukan? Untuk menjaga kesehatan tubuhmu, tak ada salahnya lho menambahkan jantung pisang ke dalam masakan.

Selain memiliki rasa yang nikmat, kamu juga dapat memperoleh tubuh yang lebih sehat dengan konsumsi jantung pisang.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Medical News. Diakses pada 20 September 2020. 12 Health Benefits of Eating a Banana Flower that Most People Don’t Know About 

Netmeds.com (2020). Diakses pada 20 September 2020. Banana Flower: The Superfood You Haven’t Heard Of 

Style Craze (2019). Diakses pada 20 September 2020. 7 Amazing Benefits of Banana Flowers 

    register-docotr