Diet dan Nutrisi

Manfaat Jamur Enoki: Melawan Sel Kanker dan Penting bagi Kesehatan Otak

July 5, 2020 | Richaldo Hariandja
feature image

Dibalik tudingan sebagai penyebab listeria yang belakangan ini ramai diperbincangkan, ada juga manfaat jamur enoki bagi kesehatan, lho. Salah satu keunggulan jamur ini adalah mengandung antioksidan, serat dan vitamin B.

Jamur enoki (flamulina velutipes) sendiri merupakan salah satu jamur pangan yang dikenal bercitarasa lezat. Jamur ini populer bagi kamu yang menggemari makanan seperti shabu-shabu, tempura bahkan sukiyaki.

Kandungan nutrisi jamur enoki

Menurut Department of Agriculture Amerika Serikat, dalam setiap 100 gram jamur enoki, kamu akan menemukan kandungan sebagai berikut:

  • Air 88, 34 gram
  • Energi 37 kalori
  • Protein 2,66 gram
  • Lemak total 0,29 gram
  • Karbohidrat 7,81 gram
  • Serat 2,7 gram
  • Zat besi 1,15 mg
  • Magnesium 16 mg
  • Potasium 359 mg
  • Sodium 3 mg
  • Vitamin B-6 0,1 mg
  • Vitamin E 0,01 mg

Melihat kandungan tersebut, tentu kamu sudah terbayang apa saja manfaat kesehatan jamur enoki. Nah, untuk itu, kamu harus simak penjelasan lengkapnya berikut ini:

Jamur enoki baik untuk jantung

Salah satu manfaat jamur enoki adalah dampaknya bagi kesehatan jantung. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam BioMed Research International, faktor-faktor risiko sakit jantung bisa dikurangi dengan jamur enoki.

Faktor-faktor risiko tersebut antara lain kolesterol, trigliserida serta kolesterol LDL jahat. Ketiga komponen ini diketahui berhasil dicegah ketika hamster percobaan mengonsumsi jamur enoki.

Jamur enoki dapat melawan sel kanker

Sebuah penelitian di Amerika Serikat menemukan fakta bahwa Jamur Enoki dapat melawan pertumbuhan dan perkembangan sel kanker

Hasil serupa juga ditemukan oleh para peneliti di Taiwan yang menemukan manfaat jamur enoki dalam menahan laju pertumbuhan sel kanker payudara.

Jamur enoki baik untuk pencernaan

Manfaat jamur enoki ini tergambar dari kandungan seratnya. Makanan yang mengandung serat tinggi sudah pasti baik untuk pencernaan kamu.

Sebuah kajian di Amerika Serikat mencatat bagaimana makanan tinggi serat dapat melindungi kamu dari berbagai masalah seperti konstipasi, hemorrhoids, luka di usus hingga GERD.

Selain itu, kandungan asam lemak dalam jamur enoki juga baik bagi pencernaan. Sebuah jurnal di Jepang mencatat bagaimana kandungan asam lemak baik untuk pencernaan dan juga bisa menurunkan berat badan.

Jamur enoki dapat memperkuat sistem imun

Banyak penelitian yang berhasil menemukan manfaat satu ini pada jamur enoki. Salah satunya adalah penelitian yang dilakukan di Taiwan dengan menggunakan hewan percobaan dalam praktiknya.

Penelitian tersebut mencatat bahwa jamur enoki menunjukkan adanya kemampuan untuk memperkuat sistem imun tubuh. Para ilmuwan juga mencatat kemampuan ini juga dibarengi dengan kelebihan lain untuk menghambat pertumbuhan tumor.

Jamur enoki untuk kesehatan otak

Jamur enoki mengandung polisakarida. Senyawa ini sangat baik untuk meningkatkan produksi bakteri baik seperti Bacteroidia,  Erysipelotrichia, dan Actinobacteria dan mengurangi bakteri jahat seperti Clostridia dan Bacili.

Mikrobiota yang baik ini dapat meningkatkan fungsi otak dan daya ingat serta menahan laju penurunan fungsi kognitif.

Jamur enoki sebagai antiinflamasi

Jamur enoki mengandung protein yang dapat berfungsi sebagai imunomodulator yang berperan sebagai agen antiinflamasi. Imunomodulator sendiri merupakan senyawa yang berfungsi untuk mempengaruhi dan meningkatkan sistem imun.

Jamur enoki juga dapat menahan laju inflamasi yang disebabkan oleh asma atau alergi pada udara lainnya yang mengganggu sistem pernapasan kamu, lho.

Jamur enoki mampu mengatasi hipertensi

Kandungan potasium dan sodium hingga mencapai 359 gram dan 3 gram dalam 100 gram jamur enoki ini bisa berguna untuk mengatasi hipertensi. 

Konsumsi makanan yang mengandung sodium rendah seperti jamur enoki mampu menurunkan risiko hipertensi. Idealnya, konsumsi sodium pada orang dewasa hanya sebesar 1500 mg per hari.

Sedangkan untuk potasium, semakin senyawa ini banyak masuk dalam aliran darah kamu, maka kamu bisa membantu ginjal untuk membuang sodium lewat urine. Potasium juga bisa membantu meringankan tekanan darah di dalam pembuluh darah.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Ncbi.nlm.nih.gov (2014) diakses 30 Juni 2020. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4164374/
  2. Pubmed.ncbi.nlm.nih.gov (2009) diakses 30 Juni 2020. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/19909827/
  3. Pubmed.ncbi.nlm.nih.gov (2006) diakses 30 Juni 2020. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/16391863/
  4. Pubmed.ncbi.nlm.nih.gov (2009) diakses 30 Juni 2020. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/19335713/
  5. Jstage.jst.go.id (2018) diunduh 30 Juni 2020. https://www.jstage.jst.go.jp/article/jos/advpub/0/advpub_ess17159/_pdf/-
  6. Fdc.nal.usda.gov (2018) diakses 30 Juni 2020. https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/169382/nutrients
  7. Heart.org (2016) diakses 30 Juni 2020. https://www.heart.org/en/health-topics/high-blood-pressure/changes-you-can-make-to-manage-high-blood-pressure/shaking-the-salt-habit-to-lower-high-blood-pressure
  8. Heart.org (2016) diakses 30 Juni 2020. https://www.heart.org/en/health-topics/high-blood-pressure/changes-you-can-make-to-manage-high-blood-pressure/how-potassium-can-help-control-high-blood-pressure

(2019) diakses 30 Juni 2020. https://draxe.com/nutrition/enoki-mushroom-benefits/

(2019) diakses 30 Juni 2020. https://foodthesis.com/enoki-mushrooms-benefits/

    register-docotr