Diet dan Nutrisi

7 Manfaat Infused Water untuk Kesehatan

May 12, 2020 | Santi Andriani
feature image

Ditulis oleh: Lita

Belakangan infused water menjadi cukup populer lantaran dianggap sebagai minuman yang kaya nutrisi dan mendukung gaya hidup sehat. Apa saja manfaat infused water bagi kesehatan tubuh, lanjutkan membaca artikel ini.

Infused water adalah minuman yang terbuat dari irisan buah dan juga sayuran segar yang dipadukan dengan air mineral. Kemudian baru bisa dikonsumsi setelah dibiarkan selama 6 jam. 

Minuman ini memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh karena kandungan infused water sangat beragam tergantung dari bahan yang digunakan.

Baca Juga: Sebelum Dikonsumsi, Pelajari Dulu Obat Pengencer Dahak Acetylcysteine

Manfaat infused water bagi kesehatan

Ingin tahu lebih jauh seperti apa manfaat infused water? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Mengurangi berat badan

manfaat infused water
Untuk menurunkan berat badan. Foto: https://pixabay.com

Bagi sebagian orang buah lemon dipercaya mampu membuat berat badan lebih cepat turun. Bahkan buah ini sangat wajib dikonsumsi terutama bagi mereka yang tengah menjalankan program diet. Ini karena kandungan pektin, yakni  sejenis serat yang mampu memberikan rasa kenyang lebih lama.

Karenanya tak mengherankan jika lemon kerap dijadikan sebagai ramuan jitu penurun berat badan. Salah satunya dengan membuatnya menjadi infused water. Agar lebih maksimal, padukan irisan lemon dengan irisan jahe dan madu dalam infused water lalu tunggu sekitar 6 jam baru diminum.

2. Mencegah penuaan 

Ingin mendapat manfaat infused water agar kulit tetap fresh dan bersinar? Maka pilih buah yang kaya akan kandungan vitamin C dan antioksidan tinggi. Misalnya saja delima, lemon, stroberi, apel, kiwi dan banyak lagi.

Antioksidan yang terkandung dalam buah akan larut dan menyatu ke dalam air saat dijadikan infused water. Mengonsumsi infused water dari perpaduan buah-buahan kaya antioksidan secara rutin bisa membantu tubuh meregenerasi sel-sel. 

3. Manfaat infused water untuk membuang racun dalam tubuh

manfaat infused water
Membantu membuang racun dalam tubuh. Foto: https://www.webmd.com/

Manfaat selanjutnya yang tak kalah fenomenal adalah sebagai detoks. Banyak orang percaya jika konsumsi infused water sangat bagus untuk membantu tubuh membuang racun-racun berbahaya yang tersimpan di dalamnya.

Infused water bukannya mengambil alih tugas organ pembersih seperti ginjal dan hati, namun lebih sebagai pendorong agar kinerja organ pembersih tersebut makin maksimal. 

Banyak sekali sayur dan buah yang memiliki manfaat untuk mendukung kinerja organ tersebut, seperti apel, mentimun, lemon, seledri, kunyit, jahe, kayu manis dan banyak lagi. 

4. Manfaat infused water untuk menghidrasi tubuh

manfaat infused water
Pastikan tubuh tetap terhidrasi. Foto: https://www.shutterstock.com

Menurut para ahli, konsumsi infused water secara rutin mampu membantu tubuh tetap terhidrasi. Ini tak lain karena kandungan ph infused water yang hampir mirip dengan tubuh manusia. Sehingga membuatnya lebih mudah tercerna. 

Selain itu jangan lupa untuk mencukupi asupan air dalam tubuh sekitar 2 liter atau 8 gelas air per hari. Tubuh yang kekurangan air bisa mengakibatkan banyak masalah. Kamu bisa mengkombinasikan buah-buahan segar seperti lemon, semangka, apel, jeruk nipis hingga madu untuk membuat infused water.

5. Cara cerdas mengonsumsi vitamin

Buah dan sayuran yang direndam dalam air membuat partikel yang terkandung di dalamnya luruh ke air. Begitu pun dengan vitamin yang ada dalam buah atau sayuran tersebut juga luruh ke dalam infused water tersebut.

Sehingga mengonsumsi infused water ini seolah mengambil manfaat vitamin dari buah secara langsung, jadi lebih sehat. Agar makin maksimal, buatlah infused water dengan buah dan sayuran segar kaya vitamin. Lalu konsumsi setelah dibiarkan selama 6 jam, bisa di dalam suhu ruang atau dimasukan ke lemari pendingin.

6. Memperlancar sistem pencernaan

Sistem pencernaan yang kurang lancar membuat tubuh menyimpan banyak masalah. Mulai dari sembelit, obesitas hingga yang terparah sampai menyebabkan kanker. Tentu tak ada yang mau mengalami hal demikian. Salah satu cara memperlancar sistem pencernaan ialah dengan rutin mengonsumsi infused water.

Bahan yang cocok dibuat infused water khusus untuk membantu pencernaan lebih baik ialah madu, jahe, habbatussauda, sereh, lemon, nanas dan masih banyak lagi. Selain konsumsi infused water, jangan lupa juga konsumsi makanan kaya serat dan juga air putih yang banyak.

Baca Juga: Stroke Bukan Incar Lansia Saja, yang Muda Juga Bisa, Kenali Gejalanya

7. Menjaga kesehatan jantung

Menjaga kesehatan jantung. Foto: https://www.webmd.com/

Jantung memegang peranan yang sangat penting dalam tubuh. Ketika jantung bermasalah maka tubuh pun akan ikut penuh masalah juga. Infused water yang dikonsumsi secara rutin setiap hari dipercaya mampu menjaga jantung agar semakin sehat. 

Bahan-bahan yang bisa digunakan untuk infused water khusus untuk jantung biasanya sangat mudah ditemukan di sekitar kita. Seperti jahe, kunyit, ketumbar, kencur, kapulaga, wortel, apel, jeruk, seledri dan beberapa bahan yang lain. Bahan-bahan tersebut bisa dikombinasi sesuai persediaan di dapur.

Sesungguhnya masih banyak lagi manfaat infused water bagi kesehatan tubuh. Hanya jangan lupa memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dengan makanan sehat dan juga olahraga teratur.

Seberapapun sehatnya infused water jika tak diimbangi kedua hal tersebut tetap hasilnya tak akan maksimal. Semoga bermanfaat. 

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

WebMD. Diakses 11 Desember 2019. Super Waters: Health or Hype?

MayoClinic. Diakses 11 Desember 2019. Water: The forgotten nutrient

Kemas Unnes (2018). Diakses 11 Desember 2019. Usage of Fruit-Infused Water for Prevention of Dehydration Due to Endurance Exercise

    register-docotr