Diet dan Nutrisi

6 Manfaat Goji Berry: Jaga Daya Tahan Tubuh hingga Bikin Awet Muda

December 5, 2020 | Nik Nik Fadlah
feature image

Popularitas goji berry kian lama kian meningkat. Ya, buah yang satu ini seringkali ditambahkan pada smoothie sebagai penambah rasa dalam bentuk buah kering. Namun, di balik itu semua, ternyata manfaat goji berry sangat melimpah, lho!

Goji berry atau yang dikenal sebagai Lycium barbarum berasal dari Asia. Buah berbentuk lonjong dengan warna merah cerah ini telah digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok selama lebih dari 2.000 tahun.

Baca juga: Tak Hanya Manis, Ini 5 Manfaat Madu Clover Honey untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan nutrisi goji berry

Untuk mendapatkan manfaat goji berry, kamu tidak hanya bisa memperolehnya melalui buah yang sudah dikeringkan, tetapi kamu juga bisa mengonsumsi goji berry dalam bentuk jus, teh herbal, atau mengonsumsi buah aslinya.

Dikenal memiliki rasa yang manis, goji berry juga kaya akan kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Melansir dari Healthline, dalam 28 gram goji berry kering memiliki kandungan nutrisi:

  • Kalori: 98
  • Protein: 4 gram
  • Lemak: 0,1 gram
  • Karbohidrat: 21,6 gram
  • Serat: 3,6 gram
  • Gula: 21,8 gram
  • Zat besi: 11% dari nilai harian (DV)
  • Vitamin A: 501% dari DV
  • Vitamin C: 15% dari DV

Zat besi adalah mineral penting yang terlibat dalam transportasi oksigen serta produksi sel darah merah yang sehat. Di sisi lain, vitamin A dan C memiliki peranan yang penting dalam fungsi kekebalan tubuh dan dapat bertindak sebagai antioksidan di dalam tubuh.

Perlu kamu ketahui bahwa antioksidan adalah senyawa yang membantu menetralkan molekul berbahaya atau yang kita kenal sebagai radikal bebas, serta mencegah kerusakan sel.

Kaya akan kandungan nutrisi, inilah manfaat goji berry

Nah, berikut ini adalah berbagai manfaat goji berry yang bisa kamu peroleh jika kamu mengonsumsi buah ini.

1. Meningkatkan fungsi sistem kekebalan

Goji berry mengandung antioksidan. Zat antioksidan dikenal dapat melawan radikal bebas dan peradangan. Tak hanya itu, antioksidan juga bisa membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya bahwa buah berukuran kecil ini mengandung vitamin A dan C. Vitamin A dan C sendiri sangat penting untuk membangun kekebalan tubuh serta mencegah penyakit, dari mulai flu hingga kanker.

2. Menjaga kesehatan mata

Goji berry dapat membantu meningkatkan fungsi penglihatan karena kandungan antioksidan yang tinggi, terutama zeaxanthin. Antioksidan ini dapat menghentikan kerusakan dari sinar UV, radikal bebas, serta stres oksidatif.

Satu studi yang dilaporkan dalam American Academy of Optometry’s journal Optometry and Vision Science menemukan bahwa lansia yang mengonsumsi jus goji berry selama 90 hari dapat meningkatkan zeaxanthin dan antioksidan lainnya secara signifikan.

Studi lain yang dilaporkan dalam jurnal Drug Design, Development and Therapy menunjukkan bahwa goji berry dapat melindungi retina dari sel ganglion yang bertanggung jawab atas glaukoma, yakni suatu kondisi yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan.

3. Menjaga gula darah agar tetap stabil

Manfaat goji berry lainnya adalah dapat membantu mengontrol pelepasan gula ke dalam darah. Penelitian pada 2015 menunjukkan bahwa goji berry dapat menyeimbangkan kadar insulin dan glukosa dalam darah.

Tak sampai di situ saja, studi yang sama juga menunjukkan keterkaitan antara goji berry dengan peningkatan kadar HDL (kolesterol baik) pada penderita diabetes tipe 2.

Baca juga: Manfaat Rempah Kapulaga: Atasi Bau Mulut hingga Turunkan Gula Darah

4. Mencegah kanker

Manfaat dari goji berry lainnya adalah dapat melindungi dari kanker. Ya, hal ini berkat kandungan antioksidan yang tinggi, termasuk vitamin C, zeaxanthin, dan karotenoid yang bertanggung jawab untuk melawan sel kanker.

Perlu diketahui bahwa antioksidan dapat memperlambat pertumbuhan tumor, mengurangi peradangan, serta membantu menghilangkan zat berbahaya dari dalam tubuh.

5. Manfaat goji berry untuk kesehatan kulit

Goji berry mengandung beta-karoten. Beta-karoten dikenal karena kemampuannya untuk meningkatkan kesehatan kulit.

Selain itu, beta karoten adalah bahan yang digunakan dalam krim kulit yang memiliki fungsi untuk mengurangi iritasi kulit, efek sinar matahari pada kulit, serta dampak penuaan alisa membuat awet muda.  

6. Membantu menurunkan berat badan

Goji berry kaya akan kandungan serat. Ini dapat membantu untuk mengontrol gula darah serta napsu makan, sehingga membuatmu merasa kenyang lebih lama.

Satu studi menemukan bahwa pria dan wanita dengan berat badan berlebih yang mengonsumsi 120 ml jus goji berry, kemampuan mereka untuk membakar kalori setelah satu jam adalah 10 persen lebih besar dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi jus goji berry.

Ketika partisipan mengonsumsi jus selama 14 hari, lingkar pinggang mereka menurun sebesar 4,7 cm. Akan tetapi, masih diperlukan banyak penelitian untuk memastikan manfaat goji berry dalam penurunan berat badan.

Nah, itulah beberapa manfaat goji berry, banyak sekali bukan? Jika kamu sedang hamil, mengonsumsi obat tertentu, atau memiliki kondisi medis tertentu akan lebih baik jika kamu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu ya sebelum mengonsumsi goji berry.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Eco Watch (2017). Diakses pada 23 November 2020. 9 Health Benefits of Goji Berries 

Healthline (2020). Diakses pada 23 November 2020. What are Goji Berries? This Unique Red Fruit, Explained 

Medical News Today (2018). Diakses pada 23 November 2020. What are the health benefits of goji berries? 

Peter, Bucheli, Vidal Karine (2011). Goji Berry Effects on Macular Characteristics and Plasma Antioxidant Levels. Optometry and Vision Science (diakses pada 23 November 2020)

Cheng, Jiang, Zhi-Wei Zhou (2015). An evidence-based update on the pharmacological activities and possible molecular targets of Lycium barbarum polysaccharides. NIH (diakses pada 23 November 2020)

Cai, Huizhen, Fukang Liu (2015). Practical Application of Antidiabetic Efficacy of Lycium barbarum Polysaccharide in Patients with Type 2 Diabetes. NCBI (diakses pada 23 November 2020)

Amagase, Harunobu, dan Dwight M Nance (2011). Lycium barbarum increases caloric expenditure and decreases waist circumference in healthy overweight men and women: pilot study. NIH (diakses pada 23 November 2020)

    register-docotr