Diet dan Nutrisi

Turunkan Kolestrol hingga Berat Badan, Ini Manfaat Daun Jambu Biji

May 31, 2020 | Arianti Khairina | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Jambu biji memang sering diolah untuk dikonsumsi oleh banyak orang. Tak hanya rasanya buahnya yang enak, tetapi manfaat daun jambu biji juga sangat bagus untuk kesehatan.

Oleh sebab itu karena manfaat daun jambu biji sangat berpengaruh bagi kesehatan, hingga saat ini selalu digunakan sebagai teh herbal dan ekstrak daun untuk suplemen.

Baca Juga: Sering Buang Gas Tiba-tiba? Ini Cara Mengatasi Perut Kembung

Manfaat daun jambu biji untuk kesehatan

Tak hanya buah jambu biji, daunnya pun juga memiliki sifat anti-inflamasi dan sifat antibakteri. Saat daun jambu biji ini diseduh bersama dengan teh, maka akan melepaskan flavonoid dan vitamin C yang penting untuk kesehatan tubuh.

Berikut ini beberapa manfaat daun jambu biji dilansir dari healthline.com,

1. Manfaat daun jambu biji untuk menurunkan gula darah

Beberapa bukti menunjukkan bahwa jambu biji dapat meningkatkan kontrol gula darah.

Beberapa tabung percobaan dan penelitian menemukan bahwa ekstrak daun jambu biji menurunkan kadar gula darah, mengontrol gula darah dalam jangka panjang, dan menurunkan resistensi insulin.

Tentu saja hal ini adalah berita baik bagi penderita diabetes atau mereka yang berisiko terkena diabetes. Satu studi yang dicoba pada 19 orang mencatat bahwa minum teh daun jambu biji dapat menurunkan kadar gula darah setelah makan. Efek setelah meminumnya pun bertahan hingga dua jam.

Studi lainnya pada 20 orang dengan diabetes tipe 2 menemukan bahwa minum teh daun jambu biji mengurangi kadar gula darah setelah makan lebih dari 10 persen.

2. Menurunkan kolestrol

Selain menurunkan gula darah, daun jambu biji juga berfungsi untuk menurunkan kolestrol.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Nutrition and Metabolism, ketika kamu mengonsumsi ekstrak daun jambu biji dengan jangka waktu berbulan-bulan dapat membantu menurunkan kolesterol jahat secara alami tanpa efek samping loh.

3. Meringankan nyeri menstruasi

Mengalami gejala nyeri haid pasti dialami oleh banyak wanita, salah satunya seperti merasakan kram perut. Namun perlu kamu ketahui bahwa sudah terbukti, ekstrak daun jambu biji dapat mengurangi intensitas nyeri kram menstruasi.

kesehatan vagina
Menjaga kesehatan vagina. Sumber gambar : https://Shutterstock..com

Menurut penjelasan dari healthline.com, sebuah studi pada 197 wanita yang mengalami gejala menyakitkan menemukan bahwa mengonsumsi 6 mg ekstrak daun jambu biji setiap hari menghasilkan penurunan intensitas nyeri.

Artinya ketika kamu mengonsumsi daun jambu biji saat nyeri menstruasi, khasiatnya lebih kuat daripada obat penghilang rasa sakit pada umumnya loh. Ekstrak daun jambu biji juga dianggap membantu meringankan kram rahim.

4. Manfaat daun jambu biji untuk menurunkan berat badan

Jambu biji adalah makanan yang ramah penurunan berat badan. Buah ini memang sering masuk dalam daftar menu beberapa orang yang sedang melakukan diet. Hanya dengan 37 kalori dalam satu buah dan 12% dari asupan serat harian yang direkomendasikan, mereka adalah camilan yang rendah kalori

Tidak seperti camilan rendah kalori lainnya, camilan ini dikemas dengan vitamin dan mineral – sehingga kamu tidak akan kehilangan nutrisi penting.

5. Meningkatkan imun

Kamu yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang kurang baik pasti sering dikaitkan dengan kadar vitamin C dalam tubuh yang rendah. Hal tersebut karena dapat berisiko timbulnya infeksi dan penyakit pada tubuh.

Jambu biji bisa menjadi salah satu cara yang efektif untuk mendapatkan nutrisi ini, karena mereka adalah salah satu sumber makanan yang paling kaya mengandung vitamin C.

Perlu kamu ketahui bahwa satu jambu dapat memberikan sekitar dua kali lipat Reference Daily Intake (RDI) untuk vitamin C.

Hal tersebut hampir dua kali lipat jumlah yang akan kamu dapatkan dari makan jeruk saja loh. Vitamin C berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Meskipun tidak terbukti mencegah flu biasa, vitamin C telah terbukti mengurangi durasi pilek. Ini berarti bahwa daun jambu biji dapat membantu membunuh bakteri dan virus jahat yang dapat menyebabkan infeksi pada tubuh.

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Baca juga : 9 Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

Reference
  1. healthline.com (2018) diakses 28 Mei 2020. 8 Health Benefits of Guava Fruit and Leaves
  2. food.ndtv.com (2020) diakses 28 Mei 2020. 15 Incredible Benefits Of Guava Leaf Tea
  3. nutritionandmetabolism.biomedcentral.com (2010) diakses 28 Mei 2020. Anti-hyperglycemic and anti-hyperlipidemic effects of guava leaf extract
  4. webmd.com (2018) diakses 28 Mei 2020. GUAVA
  5. stylecraze.com (2019) diakses 28 Mei 2020. 17 Best Benefits Of Guava Leaves For Skin And Health

 

    register-docotr