Diet dan Nutrisi

Mengobati Demam hingga Lawan Kanker, Enggak Rugi Mengonsumsi Buah Sirsak!

June 12, 2020 | Putri Prima Soraya
feature image

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan buah sirsak. Selain sangat lezat dan menyegarkan untuk dimakan. Ternyata ada banyak manfaat buah sirsak untuk kesehatan kita, loh.

Hal ini tidak terlepas dari banyaknya nutrisi yang terkandung dalam buah sirsak. Ingin tahu lebih lengkapnya? Mari simak yuk, ulasan lengkap tentang segudang manfaat dari buah sirsak!

Baca Juga: Efek Diabetes Gestasional yang Harus Moms Ketahui

Mengenal sirsak

Sirsak adalah buah yang tumbuh di daerah tropis, seperti Amerika Selatan, Karibia dan sebagian Afrika dan Asia. Ini juga dikenal sebagai graviola atau guanabana.

Buah ini memiliki kulit hijau dan terlihat seperti mangga runcing dengan daging putih dan biji coklat di dalamnya. Sirsak juga merupakan antioksidan kuat dan sumber vitamin C, B1 dan B2 yang baik. Sirsak juga mengandung sedikit niasin, riboflavin, folat dan zat besi.

Dalam satu buah sirsak berukuran 3,5 ons (100 gram) mengandung:

  • Kalori: 66
  • Protein: 1 gram
  • Karbohidrat: 16,8 gram
  • Serat: 3,3 gram
  • Vitamin C: 34 persen.
  • Kalium: 8 persen.
  • Magnesium: 5 persen.
  • Tiamin: 5 persen.

Manfaat buah sirsak untuk kesehatan

Buah sirsak bukan hanya lezat tapi juga punya manfaat untuk kesehatan. Menariknya, hampir semua bagian dari buah bisa digunakan sebagai obat, termasuk daun, buah dan batang. Sekarang, mari kita lihat lebih dekat beberapa dari banyak manfaat sirsak untuk kesehatan.

1. Tinggi antioksidan

Salah satu manfaat sirsak yang paling populer adalah karena buah ini tinggi akan antioksidan. 

Salah satu penelitian, menguji sifat antioksidan sirsak dan menemukan bahwa itu mampu melindungi secara efektif terhadap kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Studi lainnya mengukur antioksidan dalam ekstrak sirsak dan menunjukkan bahwa sirsak membantu mencegah kerusakan sel. Beberapa senyawa tanaman sirsak seperti luteolin, quercetin dan tangeretin bertindak sebagai antioksidan.

2. Manfaat buah sirsak meningkatkan kesehatan mata

Kita telah mengetahui sirsak penuh dengan antioksidan. Antioksidan ini, terutama vitamin C dan E, seng, dan beta-karoten, telah ditemukan mengurangi risiko penyakit mata.

Antioksidan juga mengurangi stres oksidatif, yang selain itu dapat menyebabkan katarak dan degenerasi makula terkait usia.

3. Manfaat buah sirsak membantu memerangi peradangan

Penelitian di Amerika Selatan dan Afrika, telah menemukan adanya sifat anti-inflamasi dari akar, kulit kayu, dan daun pohon sirsak. Ini membuat sirsak memiliki kemampuan mengobati peradangan,dapat digunakan untuk menghilangkan radang sendi.

Selain efek anti-inflamasi, sirsak juga dikenal karena efek analgesiknya.

4. Membantu mengobati infeksi

Sirsak dapat mengobati infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan parasit, salah satunya adalah leishmaniasis, penyakit yang disebabkan oleh parasit yang ditularkan melalui gigitan kutu pasir.

Daun pohon sirsak juga digunakan untuk mengobati berbagai infeksi.

5. Membantu melawan kanker

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa sirsak berpotensi membantu menghilangkan sel kanker.

Satu penelitian tabung menunjukkan reaksi mengobati sel kanker payudara dengan ekstrak sirsak. Cukup menarik, itu mampu mengurangi ukuran tumor, membunuh sel-sel kanker dan meningkatkan aktivitas sistem kekebalan tubuh.

Studi tabung reaksi lain mengamati efek ekstrak sirsak pada sel leukemia, yang ditemukan dapat menghentikan pertumbuhan dan pembentukan sel kanker.

Namun, perlu diingat bahwa ini adalah studi tabung reaksi yang mengamati dosis kuat ekstrak sirsak. Penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk melihat  bagaimana makan buah dapat memengaruhi kanker pada manusia.

6. Manfaat sirsak membantu menghilangkan stres

Berdasarkan laporan oleh University of Connecticut, sirsak dapat digunakan secara luas untuk pengobatan stres dan masalah lain seperti depresi.

7. Meningkatkan kesehatan gastrointestinal

Sirsak juga ditemukan memiliki sifat antiulcer. Buah sirsak menekan kerusakan oksidatif dan menjaga lendir dinding lambung. Sifat antioksidan dan antiinflamasi yang signifikan dari buah ini dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan.

Meski bukan sumber zat besi yang sangat baik, namun kandungan zat besi sirsak tetap bisa menjadi tambahan sehat dalam memenuhi kebutuhan tubuh akan zat besi. Ini untuk memerangi anemia dan masalah pencernaan yang disebabkan akibat kekurangan zat besi.

8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sebuah penelitian di Korea menyatakan bahwa asupan sirsak dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Ini dapat dikaitkan dengan senyawa bioaktif dalam buah. Studi ini menyimpulkan dengan menyatakan bahwa ekstrak daun sirsak memiliki potensi untuk merangsang kekebalan.

Dan karenanya dapat digunakan dalam pengobatan pasien yang mengalami gangguan kekebalan.

Sirsak juga dapat menjadi bagian dari diet untuk meningkatkan kualitas gaya hidup secara keseluruhan. Kandungan asam askorbat dalam sirsak juga memperkuat dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Beta-karoten, prekursor vitamin A, juga berkontribusi pada peningkatan sistem kekebalan tubuh.

9. Manfaat buah sirsak mengobati demam

Buah sirsak sudah sejak lama digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati demam. Di Afrika, rebusan daun sirsak digunakan untuk mengendalikan gejala demam dan kejang kejang. 

Baca Juga: Kerap Pusing Saat Hamil? Coba Atasi dengan Cara Ini

10. Membantu pengobatan hipertensi

Buah ini sudah dipercaya secara turun temurun membantu mengobati hipertensi.

Hal ini juga diperkuat dengan penelitian, yang mengatakan bahwa kandungan nutrisi sirsak baik untuk membantu menurunkan tingkat tekanan darah pada orang dewasa.

Buah sirsak memang menyehatkan, tapi ketika kamu ingin mengonsumsi sirsak dalam bentuk suplemen, atau pengobatan herbal dengan ekstrak sirsak lainnya. Berkonsultasilah terlebih dahulu kepada dokter untuk memastikan itu aman.

Jika kamu punya pertanyaan lebih lanjut mengenai beragam pertanyaan kesehatan lainnya. Jangan ragu untuk konsultasikan secara online di Good Doctor. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline (2017). Diakses 09/06/20. Soursop (Graviola): Health Benefits and Uses

Verywell (2020). Diakses 09/06/20. Soursop Nutrition Facts and Health Benefits

Victoria health. Diakses 09/06/20. What Are The Health Benefits Of Soursop?

Stylecraze (2020). Diakses 09/06/20. 16 Amazing Benefits Of Soursop For Skin, Hair, And Health

 

    register-docotr