Diet dan Nutrisi

Manfaat Sehat Buah Salak, si Manis Asli Negara Tropis

June 10, 2020 | Richaldo Hariandja
feature image

Di balik rasanya yang manis, ada beragam manfaat buah salak, lho. Terutama karena kandungan antioksidan yang dimilikinya, buah salak ini sangat baik untuk kesehatan kamu.

Buah salak (Salacca edulis) merupakan buah asli negara dengan iklim tropis, termasuk Indonesia. Kandungan nutrisi dari buah ini boleh diadu dengan mangga, kiwi dan apel karena buah ini juga kaya akan antioksidan, vitamin dan mineral.

Kandungan nutrisi salak

Kandungan nutrisi per 100 gram salak adalah sebagai berikut:

  • 368 kalori dan memenuhi 1 persen kebutuhan harian
  • 0,4 gram lemak total
  • 0 mg kolesterol
  • 0 mg sodium
  • 0 gram karbohidrat total
  • 0,8 gram protein
  • Vitamin C 14 persen
  • Kalsium 3,8 persen
  • Vitamin B2 0,2 mg
  • Zat besi 21,7 persen
  • Fosfor 1,8 persen
  • Vitamin D 0 persen

Manfaat buah salak untuk kesehatan

Meskipun buah ini kaya akan kandungan nutrisi, tidak banyak yang mengetahuinya sehingga pemanfaatannya pun cenderung minim. Nah untuk itu, kamu mesti tahu apa saja manfaat buah salak ini bagi kesehatan kamu:

Sumber antioksidan

Salak mengandung betakaroten yang dapat menurunkan risiko beberapa penyakit seperti kardiovaskular, stroke hingga kanker. Antioksidan di dalam salak bahkan 5 kali lebih kuat jika dibandingkan semangka dan mangga.

Kandungan vitamin C dari salak juga menjadi keunggulan tersendiri. Dengan mengonsumsi 100 gram salak, maka kamu sudah bisa memenuhi 14 persen kebutuhan vitamin C harian kamu. 

Meningkatkan daya ingat

Mineral dan kandungan aktif lainnya dalam buah salak seperti potasium, betakaroten dan pektin membuat buah salak dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk memompa darah ke otak.

Kelebihan ini berkorelasi dengan peningkatan kemampuan kognisi dan daya ingat kamu. Tidak heran kalau salah satu julukan dari salak adalah ‘buah memori’.

Buah salak juga bisa mengurangi stres oksidatif dan membuat risiko penyakit neurodegeneratif.

Baik untuk mengurangi berat badan

Jika kamu ingin menemukan diet yang tepat untuk menurunkan berat badan namun asupan makanan kamu tetap memanjakan lidah, kamu bisa melirik buah salak. 

Salah satu manfaat dari konsumsi buah salak adalah kamu bisa merawat berat badan kamu karena kandungan nutrisinya yang kaya. Lebih dari itu, kandungan karbohidrat dan kalsium di dalam salak dapat menghasilkan stamina saat diet.

Salak juga memiliki serat yang tinggi, yang dapat meningkatkan rasa kenyang sehingga membuat kamu tidak perlu lagi ngemil atau makan berlebihan. 

Kandungan serat itu juga membuat efektivitas pencernaan kamu meningkat. Gejala konstipasi, kembung dan kram perut dapat berkurang dengan konsumsi buah ini.

Meningkatkan kesehatan penglihatan 

Salah satu kandungan antioksidan dalam buah salak, betakaroten dapat meningkatkan penglihatan kamu. Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan Amerika Serikat pada 2006 lalu.

Penelitian tersebut menyebut konsumsi makanan yang mengandung cukup betakaroten dapat menurunkan risiko degenerasi makula dan memperlambat terbentuknya katarak akibat penuaan.

Kandungan vitamin A dalam buah salak juga bermanfaat dalam mencegah kamu terkena rabun senja.

Mengatur kestabilan gula darah

Salah satu manfaat buah salak adalah ia mampu mengatur gula darah. Hal ini berdasarkan studi yang diterbitkan dalam Asian Pacific Journal of Tropical Medicine tahun 2018 lalu.

Dalam kajian yang dilakukan terhadap hewan itu menunjukkan jika salak yang dijadikan cuka memiliki kandungan polifenol yang tinggi dan memiliki efek signifikan terhadap lipid hewan percobaan.

Selain itu, kandungan pterostilbene dalam buah salak juga bermanfaat dalam menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. 

Buah salak yang diolah menjadi teh juga dapat bermanfaat dalam meregenerasi sel dalam pankreas. Efeknya, kamu jadi bisa mengontrol gula darah kamu.

Meningkatkan kesehatan jantung

Buah salak dapat memberi manfaat khusus terhadap kesehatan jantung kamu. Hal ini dikarenakan kandungan potasium dalam salak yang berperan sebagai vasodilator, sehingga dapat menurunkan tekanan darah kamu.

Sebuah analisis yang dilakukan di Amerika Serikat memperkuat hal itu. Dalam studi itu disebutkan jika konsumsi potasium dapat menurunkan tekanan di dalam pembuluh darah dan arteri.

Demikian beberapa informasi tentang manfaat buah salak yang perlu kamu tahu. Apakah kamu menyukai buah ini?

Masih ada pertanyaan seputar asupan yang sehat bagi diet kamu? Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

 

  1. Emerald. com (2009) diakses 08 Juni 2020. https://www.emerald.com/insight/content/doi/10.1108/00346650910957492/full/html
  2. NCBI.nlm.nih.gov (2001) diakses 08 Juni 2020. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1462955/
  3. Apjtm.org (2018) diakses 08 Juni 2020. http://www.apjtm.org/article.asp?issn=1995-7645;year=2018;volume=11;issue=12;spage=645;epage=652;aulast=Saleh
  4. Drhealthbenefits.com diakses 08 Juni 2020. https://drhealthbenefits.com/food-bevarages/fruits/health-benefits-of-snake-fruit
  5. Sciencedirect.com (2019) diakses 08 Juni 2020. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0924224418303704#:~:text=A%20number%20of%20studies%20have,%2C%20phenolics%2C%20vitamins%20and%20minerals.
  6. Organicfacts.net (2020) diakses 08 Juni 2020. https://www.organicfacts.net/salak-snake-fruit.html
  7. jamanetwork.com (1997)diakses 08 Juni 2020. https://jamanetwork.com/journals/jama/article-abstract/416446

 

    register-docotr