Diet dan Nutrisi

Tak Hanya Bagus untuk Diet, Ini Manfaat Buah Plum Merah dan Hitam bagi Wanita

October 2, 2020 | Santi Andriani
feature image

Buah dengan nama latin Prunus Domestica ini sedang naik daun. Di berbagai media sosial, banyak yang menyarankan konsumsi plum sebagai menu diet. Ternyata selain untuk diet, ada banyak manfaat buah plum, khususnya buat wanita.

Di dalam buah dengan warna kulit hitam dan daging berwarna cerah ini, kamu akan mendapati banyak vitamin, mineral, flavonoid, antioksidan, hingga fitonutrien yang sangat optimal untuk menyehatkan tubuh.

Buah plum merah dan hitam

Baik buah plum merah atau hitam sama-sama memiliki nutrisi yang bermanfaat. Meski, tetap ada perbedaan di antaranya keduanya. Buah plum hitam memiliki rasa yang manis, sedangkan yang berwarna merah sedikit asam.

Untuk kandungannya, relatif tidak ada perbedaan. Baik buah plum hitam maupun merah sama-sama tinggi antioksidan, sehingga bisa memberi perlindungan untuk tubuh dari paparan radikal bebas. Jadi, keduanya sama-sama baik untuk dikonsumsi.

Baca Juga: Manfaat Luar Biasa Air Kelapa untuk Ibu Hamil, Apa Saja?

Manfaat buah plum untuk kesehatan dan kecantikan

Nah, apa saja manfaat buah plum untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan ya? Berikut ulasan selengkapnya:

1. Mencegah efek buruk sinar matahari

Sering beraktivitas di luar ruangan memang membuat kulit berisiko mengalami berbagai hal buruk. Seperti flek hitam dan keriput. Selain menggunakan tabir surya, kamu dapat mengonsumsi buah plum untuk menangkal efek buruk sinar matahari.

Vitamin E dan C yang melimpah di dalamnya sangat bermanfaat mengontrol efek buruk sinar matahari. Kamu dapat menjadikan buah plum sebagai masker kulit maupun menjadi jus yang siap dikonsumsi setiap hari.

2. Merawat kesehatan kulit

Kamu menginginkan kulit wajah lebih elastis? Buah plum dapat dikonsumsi untuk mendapatkan kulit kencang dan selalu terawat. Di dalam buah dengan tekstur segar ini, kamu dapat menjumpai kandungan vitamin C yang cukup tinggi.

Vitamin C inilah yang berperan penting dalam memproduksi kolagen sehingga kekencangan kulit selalu terjaga.

3. Mengurangi munculnya flek pada kulit wajah

Antioksidan pada buah plum yang cukup tinggi sangat berperan dalam meminimalisir flek di kulit. Baik karena warna kulit tidak merata maupun karena faktor usia. Kamu dapat mengonsumsinya secara teratur maupun mengoleskan buah plum ke kulit.

Memang buah plum juga dapat dijadikan sebagai masker perawatan kulit. Cukup oleskan daging buah plum yang telah dilumatkan ke seluruh wajah. Setelah didiamkan beberapa saat, bilas wajah dengan air hingga bersih.

4. Khasiat buah plum untuk ibu hamil

Khasiat buah plum untuk ibu hamil tak lepas dari berbagai kandungan yang dimiliki. Beragam mineral dan vitamin dapat mengoptimalkan proses tumbuh kembang janin di dalam kandungan.

Nutrisi-nutrisi tersebut bermanfaat meningkatkan sensor penglihatan janin, mengoptimalkan pembentukan tulang dan jaringan, serta melindungi ibu hamil dan janin dari risiko infeksi.

Selain itu, serat yang ada pada buah dengan rasa manis ini juga cocok sebagai penambah asupan selama mengandung. Meskipun nutrisinya melimpah, namun sebaiknya konsumsi buah plum secukupnya dan selingi dengan buah-buahan lainnya.

5. Memudarkan bekas luka

Bekas luka akan lebih cepat pudar jika sirkulasi darah di bawah kulit lebih lancar. Nah, pada buah plum, terdapat senyawa flavonoid dan sejumlah antioksidan lainnya yang baik untuk meningkatkan sirkulasi darah di bawah kulit.

Hal ini akan membuat pertumbuhan sel kulit baru lebih optimal sehingga penyembuhan bekas luka lebih cepat. Kamu dapat mengonsumsi buah plum secara teratur agar tekstur dan elastisitas kulit lebih terjaga.

6. Menjaga kesehatan tulang

Terdapat kandungan boron yang bermanfaat menjaga kepadatan tulang pada buah dengan daging berwarna kuning ini. Boron merupakan senyawa yang sangat bermanfaat untuk mencegah risiko osteoporosis pada wanita.

Selain boron, terdapat juga senyawa seperti flavonoid dan fenolik pada buah plum yang bermanfaat membalikkan proses pengeroposan tulang.

7. Menjaga kelembapan dan kelembutan kulit

Kandungan serat serta vitamin C pada buah plum yang tinggi ternyata sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Bagi kamu yang menginginkan kulit tetap terjaga dan senantiasa lembut, maka konsumsi buah satu ini sangat dianjurkan.

Kamu dapat mengonsumsinya secara langsung atau dengan cara diolah menjadi jus. Jus buah plum ini sangat rekomendasi sebagai alternatif lain dalam merawat kulit.

8. Manfaat buah plum untuk mencegah anemia

Wanita sangat rentan terserang anemia. Anemia pada wanita sangat berisiko buruk memicu pendarahan terutama ketika persalinan. Penyakit kekurangan sel darah merah ini dapat dikurangi risikonya dengan mengonsumsi buah plum.

Kandungan zat besi yang memicu produksi sel darah merah pada buah plum memang cukup tinggi. Dalam 250 gram buah plum, terdapat zat besi sebanyak 0,81 miligram yang mana mampu menyediakan 4,5% kebutuhan zat besi harian bagi tubuh.

9. Mengatasi rambut rontok

Buah plum mampu mengatasi rambut rontok dengan memperbaiki kondisi kelenjar adrenal pada kulit. Selain itu, kandungan zat besinya yang tinggi juga efektif melancarkan sirkulasi darah pada kulit kepala.

Efeknya, akar rambut dan pertumbuhannya akan semakin kuat sehingga rambut rontok pun dapat teratasi.

Baca Juga: Sering Sakit Pinggang Sebelah Kiri? Kenali Berbagai Penyebabnya, Yuk!

10. Manfaat buah plum untuk mengatasi ketombe

Kulit kepala berketombe? Kandungan vitamin C pada buah plum dapat menjadi jawaban kamu untuk mengatasinya. Vitamin C sangat efektif untuk melawan ketombe dan mengatasi gatal secara cepat.

Cara makan buah plum untuk diet turunkan berat badan

Dari beragam manfaat yang bisa didapatkan, buah plum sangat cocok untuk dijadikan menu diet. Tak ada aturan khusus tentang hal ini. Kamu bisa rutin mengonsumsinya di pagi, siang, atau malam hari ketika santai.

Agar tak bosan, ada beberapa cara makan buah plum untuk diet yang bisa kamu coba, di antaranya:

  • Dimakan langsung: Buah plum memiliki rasa yang manis, sehingga kamu bisa langsung memakannya tanpa diolah menjadi suatu menu. Tak perlu mengupas kulitnya, karena justru bagian luar dari plum mengandung tinggi antioksidan
  • Olah sebagai jus: Jika ingin mencari sensasi yang menyegarkan, olah buah plum hitam atau merah sebagai jus. Kamu bisa tambahkan sedikit susu dan es batu
  • Salad: Cara makan buah plum berikutnya adalah dengan mengolahnya menjadi salad. Gabungkan dengan anggur, jeruk, stroberi, dan buah-buahan lainnya
  • Smoothies: Mirip dengan jus, kamu bisa mengolah buah plum merah atau hitam menjadi smoothies. Caranya, blender irisan plum yang telah direndam air hangat, lalu campur dengan sedikit susu krim, yoghurt, dan blueberry
  • Direbus: Jika ingin bervariasi dalam mengolahnya, kamu bisa merebus plum di atas api sedang. Tambahkan rempah seperti kayu manis untuk menyempurnakan rasanya

Nah, itulah ulasan tentang buah plum yang perlu kamu tahu. Banyak sekali manfaat yang terkandung pada buah plum. Jadi tak cuma buat diet saja, ya.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

iMedPub Journals (2017). Diakses 5 November 2019. Plums: A Brief Introduction

Taylor C. Wallace. PMC (2017). Diakses 5 November 2019. Dried Plums, Prunes and Bone Health: A Comprehensive Review

Verywellfit (2019). Diakses 5 November 2019. Plum Nutrition Facts: Calories, Carbs, and Health Benefits of Plums

FairShares.org.uk, diakses 2 Oktober 2020, Black Plums vs Red Plums.

Foodhall. Diakses pada 26 April 2020. 8 Ways To Eat Plums

fruits and veggies. Diakses pada 26 April 2020. Top 10 Ways to Enjoy Plums

 

 

    register-docotr