Diet dan Nutrisi

12 Manfaat Buah Bit, Salah Satunya Bisa Turunkan Risiko Anemia!

September 14, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Berbagai manfaat buah bit sangat mengagumkan, terutama jika kamu rutin mengonsumsinya sesuai kebutuhan.

Khasiat buah bit ini bisa kamu dapatkan karena buah bit mengandung berbagai jenis vitamin, mineral dan beberapa di antaranya memiliki sifat obat.

Dilansir Healthline, studi terbaru mengklaim bahwa jus buah bit dapat membantu mengurangi tekanan darah dan memperlancar aliran darah. Karena itulah, sekarang ini semakin banyak makanan dan minuman yang digabungkan dengan buah bit.

Baca juga: Bingung Pilih Pelembap untuk Kulit Berminyak? Yuk, Simak Cara Pilih Produk yang Tepat!

Manfaat buah bit untuk kesehatan tubuh

Beetroot atau beta vulgaris disebut-sebut sebagai salah satu sayuran tersehat yang masuk ke dalam keluarga Chenopodiaceae. Sayuran berwarna merah yang dikenal juga dengan nama bit ini diketahui memiliki beragam manfaat, khususnya untuk kesehatan tubuh.

Bit sendiri digunakan sebagai tanaman obat yang bisa mengatasi beberapa macam masalah kesehatan, seperti menurunkan tekanan darah sehingga mengurangi risiko diabetes. Selain itu, buah ini mampu meningkatkan daya ingat jika dikonsumsi secara rutin.

Beetroot yang berwarna merah didapatkan karena pigmen atau disebut dengan betalain. Karena itu, buah ini sebagian besar dimanfaatkan sebagai pewarna makanan. Bit juga mengandung banyak nutrisi dan flavonoid bermanfaat yang disebut anthocyanin.

Buah bit memberikan berbagai manfaat, termasuk dalam hal kesehatan karena dapat membantu mengurangi tekanan darah, meningkatkan pencernaan, dan menurunkan risiko diabetes. Nah, beberapa manfaat bit yang akan kamu dapatkan untuk kesehatan, seperti:

Menyehatkan jantung dan menjaga tekanan darah

Khasiat buah bit pertama yang bisa kamu peroleh adalah dapat menyehatkan jantung dan menjaga tekanan darah.

Mengonsumsi buah bit secara signifikan diketahui dapat membantu menurunkan tekanan darah di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan adanya efek antihipertensi yang disebabkan oleh tingginya kadar nitrat di dalam jus bit. 

Sayuran yang tinggi nitrat sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi karena merupakan cara efektif dan murah untuk membantu pengobatan tekanan darah tinggi.

Namun, orang dengan kondisi ini tidak boleh berhenti minum obat tekanan darah tinggi yang diresepkan tanpa berbicara terlebih dahulu dengan dokter.

Tekanan darah tinggi adalah faktor risiko utama penyakit kardiovaskular atau CVD. Selain itu, mengonsumsi buah bit juga bisa membantu mencegah gagal jantung, stroke, serangan jantung, dan komplikasi CVD yang mengancam jiwa lainnya.

Menjaga kestabilan gula darah

Bit mengandung antioksidan atau disebut dengan asam alfalipoat yang memiliki manfaat untuk membantu menurunkan kadar glukosa dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Pemberian asam alfalipoat bisa menyebabkan penurunan gejala neuropati perifer dan otonom pada orang dengan diabetes.

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat atau USDA, satu cangkir bit menyediakan lebih dari 8,81 persen kebutuhan serat harian seseorang, tergantung pada usia dan jenis kelamin. Bit bisa dimasukkan ke dalam diet untuk meningkatkan asupan serat. 

Melawan peradangan kronis

Bit mengandung pigmen yang disebut dengan betalain, yakni memiliki sifat anti-inflamasi. Anti-inflamasi diketahui terbukti membantu mengurangi peradangan kronis yang dikaitkan dengan sejumlah penyakit, seperti obesitas, penyakit jantung, dan kanker.

Jus buah bit dan ekstrak bit terbukti mampu mengurangi peradangan ginjal. Salah satu studi pada manusia dengan osteoarthritis menunjukkan bahwa betalain yang dibuat dengan ekstrak bit mampu mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan.

Menjaga kesehatan pencernaan

Khasiat buah bit selanjutnya adalah sangat baik untuk kesehatan pencernaan.

Serat merupakan komponen yang penting dalam diet sehat dan kamu bisa mendapatkan jika buah bit dimasukkan ke dalam makanan. Manfaat kesehatan dari mengonsumsi buah bit salah satunya adalah meningkatkan pencernaan.

Satu cangkir bit mengandung 3,4 gram serat, di mana hal ini memberikan makan untuk bakteri usus yang ramah. Hal inilah yang akan meningkatkan kesehatan pencernaan, menjaga sistem pencernaan tetap teratur, dan mencegah sembelit, peradangan usus, hingga divertikulitis.

Selain itu, serat juga telah dikaitkan dengan pengurangan risiko penyakit kronis, termasuk kanker usus besar, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2. 

Mendukung kesehatan otak

Seiring dengan bertambahnya usia, fungsi mental dan kognitif akan menurun secara alami. Bagi sebagian orang, penurunan yang signifikan ini dapat menyebabkan kondisi serius, seperti demensia. 

Pengurangan aliran darah dan suplai oksigen ke otak berkontribusi besar terhadap penurunan fungsi otak. Nah, dengan mengonsumsi buah bit maka fungsi mental dan kognitif bisa meningkat karena membantu pelebaran pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah ke otak. 

Bit telah terbukti secara khusus bisa meningkatkan aliran darah ke lobus frontal otak, yakni area yang terkait dengan pemikiran tingkat tinggi, seperti pengambilan keputusan dan memori kerja.

Membantu menurunkan berat badan

Bit memiliki beberapa sifat nutrisi yang terkandung membuatnya cocok untuk membantu menurunkan berat badan. Bit rendah kalori dan tinggi air sehingga meningkatkan asupan dengan buah ini berkaitan dengan penurunan berat badan.

Meski kandungannya yang rendah kalori, namun bit juga mengandung protein dan serta dalam jumlah sedang. Kedua hal ini merupakan nutrisi penting yang bisa mencapai dan mempertahankan berat badan tetap ideal. 

Serat dalam bit dapat membantu menurunkan berat badan dengan mengurangi nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang sehingga mengurangi asupan kalori secara keseluruhan.

Membantu proses detoksifikasi

Proses detoksifikasi di dalam tubuh bisa dibantu ketika kamu rutin mengonsumsi buah bit. Hal ini disebabkan oleh kehadiran betalains yang merangsang fungsi hati dan menghilangkan racun dari luar tubuh.

Racun dari luar bisa dikeluarkan dengan mudah buah bit dikonsumsi setiap hari. Buah bit bisa langsung dikonsumsi dalam bentuk jus atau diolah terlebih dahulu dengan memasukkannya ke dalam masakan atau minuman. 

Menurunkan risiko anemia

Buah bit untuk anemia merupakan manfaat yang paling populer dari buah berwarna merah ini.

Buah bit memiliki jumlah zat besi yang signifikan, yang merupakan mineral penting untuk meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah serta mencegah perkembangan anemia. Kandungan vitamin C di dalamnya juga dikenal dapat menyerap zat besi lebih baik.

Maka dari itu, tidak ada salahnya lho mengonsumsi buah bit untuk anemia agar kesehatanmu tetap terjaga.

Fungsi buah bit untuk penambah darah ini juga membantu dalam memperbaiki dan mengaktifkan kembali sel darah merah di dalam tubuh, yang selanjutnya meningkatkan suplai oksigen ke seluruh tubuh.

Buah bit untuk penambah darah bisa kamu konsumsi dengan berbagai cara, namun cara terbaik yang untuk mendapatkan manfaat buah bit untuk penambah darah yakni dengan meminumnya dalam bentuk jus.

Menjaga kesehatan mata

Selain zat besi, bit juga mengandung sejumlah besar vitamin A yang dapat membantu mengurangi risiko katarak. Tak hanya itu, buah satu ini mampu mencegah terjadinya degenerasi makula terkait usia jika dikonsumsi secara rutin.

Menjaga kesehatan kulit

Kandungan buah bit yang kaya akan vitamin dan mineral dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Selain itu, manfaat lain yang akan didapatkan adalah mencegah risiko penuaan dini, meningkatkan produksi kolagen, dan melindungi kulit dari sinar berbahaya.

Sangat baik untuk pola diet gizi seimbang

Bit tak hanya bergizi tinggi, namun juga sangat lezat dan mudah dimasukkan ke dalam menu diet. Buah ini bisa dikonsumsi dengan cara dibuat jus, dipanggang, dikukus, ataupun diasamkan. Pilihlah bit dengan ukuran cukup berat dan atasan berdaun hijau segar yang masih menempel.

Nitrat diet larut di dalam air sehingga lebih baik untuk menghindari bit yang dimasak untuk memaksimalkan kandungannya. Beberapa cara lezat dan menarik yang bisa ditambahkan ke dalam menu diet kamu, seperti:

  • Salad bit, biasanya buah akan diparut untuk menambah aroma pada makanan diet
  • Dip bit, biasanya buah akan dicampur dengan yoghurt yang lezat dan sehat
  • Jus bit, biasanya kandungan nutrisi dalam jus akan lebih tinggi dan sehat

Selain itu, daun buah bit juga bisa dimanfaatkan dengan cara dimasak sehingga dianjurkan untuk tidak membuangnya. Campurkan ke dalam sup, kue, ataupun acar karena selain enak, kandungan buah bit tidak akan berkurang dan mampu memberikan manfaat lebih untuk tubuh.

Berbagai kandungan buah bit yang perlu kamu tahu

Kandungan buah bit sangat kaya akan nutrisi yang penting bagi tubuh.

Satu cangkir bit mentah mengandung berbagai macam nutrisi, seperti 58,5 kalori, 1 gram karbohidrat termasuk 9,19 gram gula, 3,81 serat, dan 2,19 gram protein. Buah bit dapat ditambahkan dalam menu diet karena kaya akan vitamin dan mineral.

Sejumlah kandungan buah bit lainnya, adalah kalsium, besi, riboflavin, vitamin B6, tembaga, dan selenium. Tak hanya itu, buah bit yang dimasak juga bisa menjadi sumber zat besi, vitamin C, vitamin A, vitamin K, selenium, magnesium, potasium, dan folat.

Nilai gizi dalam 100 gram buah bit umumnya mengandung 1,61 gram protein, 0,17 gram lemak, 9,56 gram karbohidrat, 2,8 gram serat, 16 mg kalsium, dan 6,76 gram gula. Karena itu, konsumsilah secukupnya namun rutin. 

Baca juga: Sering Bikin Tak Nyaman, Begini Cara Menghilangkan Kutil di Leher

Jangan konsumsi buah bit berlebihan

Ada baiknya untuk mengonsumsi buah ini secukupnya, karena berlebihan juga bisa memiliki efek samping. Bit diketahui menjadi salah satu karbohidrat rantai pendek yang bertanggung jawab untuk semua jenis pencernaan.

Untuk itu, orang yang memiliki penyakit batu ginjal dan asam urat harus menghindari konsumsi bit karena kadar oksalatnya cukup tinggi. Jika masalah lain muncul setelah mengonsumsi buah ini, segera bicarakan dengan dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Buah bit untuk ibu hamil

Bit kaya akan nutrisi dan komponen penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan janin.

Buah bit untuk ibu hamil dapat membantu menurunkan risiko bayi lahir cacat karena merupakan sumber folat. Folat sendiri merupakan vitamin esensial yang diperlukan untuk mencegah berbagai risiko pada bayi.

Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan jika mengonsumsi buah bit untuk ibu hamil yakni dapat mencegah peradangan, membantu perkembangan janin, serta meningkatkan imunitas selama kehamilan.

Cara membuat jus buah bit

Rasa buah bit memang dapat dikatakan unik. Jika kamu tidak terbiasa mengonsumsinya, kamu mungkin akan merasa sedikit aneh dengan rasa buah bit.

Namun, tak perlu khawatir, jika kamu tidak terbiasa dengan rasa buah bit kamu dapat mengonsumsinya dengan berbagai cara.

Cara mengonsumsi buah bit yang bisa kamu coba adalah kamu dapat mengonsumsi buahnya secara utuh, memasukannya ke dalam olahan makanan (salad), atau bahkan mengonsumsinya dengan cara dipanggang.

Meskipun demikian, cara mengonsumsi buah bit yang paling populer adalah dengan mengolahnya menjadi jus. Tak hanya itu saja, ini merupakan cara mengonsumsi buah bit yang mudah dilakukan.

Buah bit yang dikonsumsi dalam bentuk jus, juga merupakan salah satu cara terbaik mengonsumsi buah bit untuk anemia.

Berikut adalah cara membuat jus buah bit yang perlu kamu tahu.

Bahan-bahan

  • 1 buah bit
  • 1-2 buah jeruk
  • 1 wortel
  • 7-8 daun mint

Cara mengolah buah bit

  1. Cara mengolah buah bit pertama yang harus kamu lakukan adalah cuci hingga bersih bit dan wortel. Kemudian kupas bit dan wortel
  2. Potong kedua bahan tersebut menjadi dua bagian, kemudian masukan ke dalam blender bersama dengan daun mint. Kemudian ambil ekstrak jus dari bahan-bahan tersebut
  3. Cara mengolah buah bit menjadi jus selanjutnya yakni dengan memotong jeruk menjadi dua bagian, kemudian ambil ekstrak jeruk dengan menggunakan pemeras jeruk
  4. Campur jus jeruk dengan jus bit dan wortel
  5. Kemudian tuangkan ke dalam gelas

Nah, sudah tau bukan apa saja manfaat dari buah bit? Buah bit memang memiliki banyak kandungan nutrisi. Maka dari itu, tak ada salahnya lho memasukan buah bit ke dalam daftar makanan sehatmu agar kesehatanmu tetap terjaga!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Medical News Today (2019), diakses 26 Mei 2020. What are the benefits of beetroot?
  2. Healthline (2017), diakses 26 Mei 2020. 9 Impressive Health Benefits of Beets
  3. Boldsky (2020), diakses 26 Mei 2020. 15 Interesting Health Benefits Of Beetroot
  4. Firstcry.com (2019), diakses 14 September 2020. Beetroot in Pregnancy – Health Benefits and Side Effects 
  5. NDTV (2018), diakses 14 September 2020. Beetroot Juice for Anemia: Drink This Healthy Portion to Improve Haemoglobin Levels 
    register-docotr