Diet dan Nutrisi

Sering Dijadikan Bahan Isian Rujak, Apa Saja Sih Manfaat Sehat Bengkoang?

June 13, 2020 | Nik Nik Fadlah
feature image

Bengkoang merupakan sayuran yang sangat populer digunakan sebagai bahan pembuat rujak. Rasanya yang khas membuat bengkoang menjadi favorit banyak orang. Tetapi tahukah kamu, disamping itu semua ternyata manfaat bengkoang sangat berlimpah?

Bengkoang berasal dari Mexico yang juga dikenal sebagai lobak mexico. Bengkoang sendiri merupakan salah satu tanaman umbi-umbian yang memiliki daging berwarna putih, akar berbentuk bulat, dengan kulit tipis berwarna coklat keemasan.

Baca Juga: Suka Makan Pedas Saat Hamil? Ini Hal Penting Perlu Moms Ketahui

Kandungan nutrisi bengkoang

Bengkoang memiliki kandungan nutrisi yang mengesankan. Sebagian besar kalorinya berasal dari karbohidrat. Sisanya merupakan jumlah lemak dan protein yang kecil.

Bengkoang juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang penting, serta sejumlah besar serat.

Dilansir dari Healthline, 1 cup (130 gram) memiliki sejumlah nutrisi berikut:

  • Kalori: 49
  • Karbohidrat: 12 gram
  • Protein: 1 gram
  • Lemak: 0,1 gram
  • Serat: 6,4 gram
  • Vitamin C: 44% dari AKG
  • Folat: 4% dari AKG
  • Zat besi: 4% dari AKG
  • Magnesium: 4% dari AKG
  • Kalium: 6% dari AKG
  • Mangan: 4% dari AKG

Tak hanya itu saja, bengkoang juga mengandung nutrisi lainnya, seperti sejumlah kecil dari vitamin E, vitamin C, thiamin (vitamin B1), riboflavin, vitamin B6, asam pantotenat, kalsium, fosfor, zinc, serta tembaga.

Sayuran ini juga rendah akan kalori dan memiliki kandungan serat dan air yang tinggi. Hal ini membuatnya menjadi makanan yang aman dikonsumsi untuk menurunkan berat badan.

Baca juga: Ini Lho, Berbagai Manfaat Omega 3 untuk Kesehatan Tubuh Kamu

Kaya akan nutrisi, ini manfaat bengkoang untuk kesehatan

Memiliki nutrisi yang sangat banyak tentu saja membuat sayuran ini memiliki banyak manfaat. Baik itu manfaat untuk kecantikan atau untuk kesehatan.

Berikut adalah manfaat bengkoang untuk kesehatan tubuh yang harus kamu ketahui.

1. Kaya akan antioksidan

Bengkoang mengandung beberapa antioksidan, yang merupakan senyawa tanaman yang bermanfaat untuk membantu mencegah kerusakan sel.

Antioksidan membantu melindungi kerusakan sel dengan cara menangkal radikal bebas, yang merupakan molekul berbahaya yeng menyebabkan stres oksidatif.

Stres oksodatif sendiri sering dikaitkan dengan beberapa penyakit kronis, seperti kanker, diabetes, penyakit jantung, serta penurunan fungsi kognitif.

2. Manfaat bengkoang untuk meningkatkan kesehatan jantung

Bengkoang memiliki banyak nutrisi yang menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Mereka mengandung sejumlah besar serat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dengan mencegah empedu agar tidak diserap kembali di usus. Hal ini dapat mencegah jantung membuat lebih banyak kolesterol.

3. Meningkatkan fungsi pencernaan

Serat yang terkandung di dalam bengkoang mampu untuk meningkatkan tingkatan tinja. Ini membantunya bergerak lebih lancar melalui saluran pencernaan kamu.

Bengkoang juga memiliki kandungan air, yang dapat meredakan sembelit. Makanan dengan kadar air tinggi seperti bengkoang dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan harianmu.

4. Baik untuk bakteri di dalam usus

Bengkoang tinggi akan kandungan inulin, yang merupakan serat prebiotik. Prebiotik adalah zat yang dapat digunakan oleh bakteri di dalam tubuh, yang menghasilkan suatu manfaat kesehatan tertentu.

Diet tinggi prebiotik dapat meningkatkan bakteri “baik” di dalam usus serta mengurangi jumlah bakteri yang tidak sehat.

5. Mengurangi risiko kanker

Bengkoang mengandung antioksidan, vitamin C dan E, selenium, dan beta karoten. Antioksidan dapat menetralkan radikal bebas yang dapat menjadi penyebab kerusakan sel dan kanker.

Serat yang terkandung di dalamnya pun juga sangat dikenal baik dengan efek perlindungannya terhadap kanker usus besar.

6. Manfaat bengkoang untuk penurunan berat badan

Bengkoang merupakan makanan yang padat akan nutrisi. Mereka mengandung jumlah nutrisi yang tinggi tetapi memiliki jumlah kalori yang relatif sedikit.

Bengkoang juga kaya akan kandungan air dan seratnya yang dapat membuatmu kenyang lebih cepat.

Bagi kamu yang sedang menjalankan program diet kamu dapat memilih untuk mengonsumsi bengkoang. Karena kandungan inulin serat prebiotiknya terbukti dapat memengaruhi hormon yang memengaruhi rasa kenyang dan lapar. Ini akhirnya membantu menurunkan berat badan.

7. Sangat serbaguna

Manfaat bengkoang yang terakhir adalah sayuran ini sangat serbaguna. Sayuran berkulit tipis ini dapat dimakan langsung dan dapat digunakan dalam berbagai macam hidangan.

Kamu dapat mengombinasikannya dengan buah-buahan lain, sayuran lain untuk membuat salad, atau dapat membuat camilan bengkoang.

Manfaat bengkoang memang sangat banyak. Maka dari itu kamu dapat memilih mengonsumsi sayuran ini untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harianmu lho!

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar info sehat lainnya? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline (2018). Diakses pada 09 Juni 2020. 8 Health and Nutrition Benefits of Jicama 

Medical News Today (2019). Diakses pada 09 Juni 2020. What Are The Health Benefits of Jicama?

    register-docotr