Diet dan Nutrisi

7 Manfaat Bawah Putih Tunggal, Mengobati Asma, Kolesterol hingga Penyakit Jantung

July 13, 2020 | Dewi Nurfitriyana
feature image

Berbeda dengan bawang putih biasa yang banyak dipakai sebagai bumbu dapur. Manfaat bawang putih tunggal lebih banyak dikenal di dunia kesehatan karena bisa membantu mengatasi berbagai penyakit.

Tak heran karena manfaatnya bagi tubuh begitu banyak, keberadaannya pun menjadi terasa lebih istimewa. Nah, berikut adalah manfaat bawang putih tunggal untuk kesehatan yang perlu diketahu.

Manfaat bawang putih tunggal untuk menurunkan kadar kolesterol

Dilansir dari goqii.com, tanaman ini dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam darah secara efektif. Penelitian menyebutkan bahwa bawang putih tunggal mampu menurunkan sekitar 20 mg/dl kadar kolesterol dan trigliserida di dalam tubuh manusia.

Untuk mendapatkan khasiat ini, kamu perlu mengonsumsi 3 sampai 4 buah bawang putih tunggal yang telah dikupas setiap hari sebelum makan.

Baca juga: Obat Gemfibrozil Dikenal Turunkan Kolesterol, Apa Saja Kandungan, Khasiat, dan Cara Konsumsinya?

Manfaat bawang putih tunggal dalam menurunkan demam dan batuk

Para ahli mengemukakan bahwa bawang putih tunggal dapat membantu menurunkan risiko terkena demam dan batuk sebanyak 50 persen. Sebagai tambahan, kebiasaan ini juga bisa mencegah tubuh terkena infeksi penyakit lainnya.

Penyebabnya adalah karena bawang putih tunggal memiliki senyawa kimia yang disebut Alliinase dan Alliin. Keduanya membantu menciptakan komponen bernama Allicin yang dapat mencegah tubuh mengalami demam maupun batuk.

Adapun cara mengonsumsinya sangat mudah. Kamu cukup hancurkan 2 siung bawang putih tunggal sampai halus, letakkan dalam segelas air, dan minum secara rutin.

Bawang putih tunggal membantu melawan kanker

Sejak dulu kandungan senyawa organosulfur pada bawang putih sudah dikenal ampuh membunuh sel-sel kanker.

Hal ini diamini para peneliti dari Universitas Carolina Utara yang menemukan fakta bahwa pasien yang rutin memakan bawang putih memiliki kemungkinan terkena kanker lebih kecil sebanyak 66,67 persen.

The National Cancer Institute juga mengatakan bahwa konsumsi bawang putih setiap hari dapat menurunkan risiko terkena berbagai penyakit kanker sebanyak 50 persen.

Baca juga: 5 Manfaat Echinacea untuk Tubuh: Mulai dari Merawat Kesehatan Kulit hingga Mencegah Kanker

Manfaat bawang putih tunggal untuk mengobati diabetes

manfaat bawang putih tunggal
Bawang putih tunggal juga dapat membantu mengatasi diabetes. Sumber foto: Shutterstock.com

Konsumsi 2 sampai 3 siung bawang putih tunggal setiap hari juga diketahui mampu mengurangi dan mengontrol kadar gula di dalam darah.

Penyebabnya adalah keberadaan Allicin yang dikombinasikan vitamin B dan tiamin, dapat memicu pankreas menghasilkan insulin di dalam tubuh. Hal inilah yang membuat tubuh terbantu melawan diabetes secara efektif.

Bawang putih tunggal mengobati penyakit jantung

Kandungan hidrogen sulfur yang ada di dalam bawang putih tunggal dapat membantu mengatasi penyakit jantung dengan 2 cara.

Pertama, mampu mengurangi kada kolesterol jahat dan trigliserida di dalam tubuh setidaknya sebanyak 20 persen. Caranya adalah dengan menekan tekanan darah sistolik dan diastolik di dalam tubuh.

Kedua ia juga efektif mencegah pembentukan plak dan sumbatan pada arteri yang dapat mengurangi aliran darah sebanyak 83 persen lebih rendah. Tak hanya itu, bawang ini juga bisa membantu membuat otot jantung lebih rileks sehingga tekanan darah pun akan turun dengan konsisten.

Bawang putih tunggal membantu mengatasi gejala asma

Dilansir dari srjglobal.com, bawang putih tunggal telah lama menjadi obat tradisional untuk menekan gejala asma.

Ketika dikonsumsi saat perut masih kosong, kandungan di dalamnya akan berinteraksi dengan cairan lambung sehingga gas yang dihasilkan dalam proses ini akan membantu mengatasi gejala penyakit asma.

Cara menyimpan bawang putih tunggal

Agar manfaat bawang putih tunggal dapat diperoleh dengan optimal, kamu harus memerhatikan cara penyimpanannya dengan baik.

Pertama, perlu diketahui bahwa bawang ini 7 kali lebih kuat dibanding bawang biasa. Ia juga bersuhu lebih panas dibanding bawang putih biasa sehingga memerlukan suhu normal untuk bisa bertahan lama.

Selanjutnya letakkan bawang putih tunggal secara terpisah dari bawang lain, dan simpan di lemari es jika diperlukan.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

Benefit of Solo Garlic, https://srjglobal.com/benefits-of-solo-garlic/ diakses pada 8 Juli 2020

Top 5 Health Benefits of Himalayan Single Clove Garlic, https://goqii.com/blog/top-5-health-benefits-of-himalayan-single-clove-garlic/ diakses pada 8 Juli 2020

    register-docotr