Diet dan Nutrisi

Si Kecil Manis, Ini 7 Manfaat Anggur untuk Kesehatan Tubuh

June 26, 2020 | Dewi Nurfitriyana
feature image

Anggur saat ini termasuk buah kesukaan hampir semua orang. Ini tak mengherankan, mengingat manfaat anggur untuk kesehatan sangat beragam.

Di Indonesia sendiri kamu bisa memperoleh anggur dalam berbagai bentuk, warna, hingga rasa. Mulai dari yang berwarna merah, ungu, atau hijau, semua tak mengurangi manfaat anggur untuk tubuhmu.

Manfaat anggur untuk kesehatan

Seperti disebutkan sebelumnya, buah anggur mengandung banyak nutrisi penting yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh kamu. Berikut ragam manfaat dari anggur:

Menurunkan berat badan

Dilansir Medical News Today, pola diet yang memasukkan berbagai buah di dalamnya sangat efektif dalam mencegah kelebihan berat badan.

Hal ini juga berlaku untuk buah anggur. Ketika kamu memasukkan buah ini di dalam menu diet, kamu akan memperoleh sumber serat dan air yang cukup, sehingga bisa membantu menurunkan berat badan secara sehat.

Kaya akan vitamin C dan K

Buah anggur memiliki kandungan gizi yang sangat banyak. Dilansir dari Healthline, satu cangkir buah anggur merah atau hijau seberat 151 gram, dapat memenuhi kebutuhan vitamin C sebanyak 27 persen dan vitamin K sebesar 28 persen dari anjuran asupan harian.

Ini berarti dengan rutin mengonsumsi secangkir buah anggur dalam sehari, kamu sudah bisa memenuhi lebih dari seperempat kebutuhan asupan K harian.

Vitamin K sendiri sangat penting mengingat ia bisa mencegah terjadinya penggumpalan darah dan menjaga kesehatan tulang.

Tinggi kandungan antioksidan

Komponen antioksidan dalam buah anggur ada begitu banyak, mulai dari betakarotin, quercetin, lutein, likopen, dan asam ellagic. Sebagian besar di antaranya terdapat pada kulit dan biji anggur.

Kandungan antioksidan yang tinggi ini dapat menjaga tubuh dari radikal bebas, memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, dan mencegah timbulnya molekul-molekul penyebab stres oksidatif.

Stres oksidatif sendiri telah lama dikenal sebagai salah satu penyebab terjadinya berbagai penyakit kronis seperti diabetes tipe 2 dan serangan jantung.

Jika kamu bertanya-tanya, buah anggur apa yang mengandung antioksidan paling tinggi. Jawabannya adalah buah anggur merah. Alasannya adalah karena kandungan anthocyanins-nya yang tinggi sampai bisa memberi warna merah pada buahnya.

Menurunkan tekanan darah dan mengurangi kolesterol

Dengan mengonsumsi satu cangkir buah anggur seberat 151 gram, kamu bisa memenuhi 6 persen kebutuhan potasium harian. Mineral yang satu ini sangat penting untuk menjaga tekanan darah agar tetap normal.

Senyawa yang terdapat dalam buah anggur juga dapat membantu tubuh melawan kadar kolesterol, serta menurunkan penyerapan kolesterol dalam darah.

Sebuah penelitian yang melibatkan 69 penderita kolesterol tinggi menunjukkan fakta bahwa konsumsi 3 cangkir buah anggur seberat 500 gram sehari selama 8 minggu, bisa menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Menjaga kesehatan mata

Kandungan nutrisi yang ada di dalam anggur juga bisa mencegah terjadinya beberapa penyakit mata.

Dilansir Medical News Today, komponen antioksidan lutein dan zeaxanthin di dalam anggur dapat menetralkan radikal bebas yang bisa mengganggu fungsi retina. Dengan demikian mata bisa terhindar dari penyakit katarak dan gangguan kesehatan sejenis itu.

Mencegah sembelit

Kaya akan serat dan air, konsumsi buah anggur juga bisa mencegah kamu mengalami susah buang air besar. Ini karena buah anggur dapat membuat kamu tetap terhidrasi sehingga kamu bisa buang air besar secara teratur.

Mengatasi jerawat

Sebuah penelitian in vitro yang dipublikasikan dalam jurnal Dermatology and Therapy, mengemukakan klaim bahwa resveratrol dapat membantu menangani jerawat.

Ini akan menjadi semakin efektif terutama bila dipakai bersamaan dengan benzoyl peroxide sebagai pengobatan topikal.

Demikian informasi tentang manfaat anggur untuk kesehatan. Yuk mulai rutin konsumsi buah-buahan demi tubuh yang lebih sehat!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

What are the health benefits of grapes?, https://www.medicalnewstoday.com/articles/271156#nutrition diakses pada 23 Juni 2020

Top 12 Health Benefits of Eating Grapes, https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-grapes#section2 diakses pada 23 Juni 2020

    register-docotr