Diet dan Nutrisi

Menakjubkan! Ini 7 Manfaat Air Mawar untuk Kesehatan dan Kecantikan

June 13, 2020 | Muhammad Hanif S.
feature image

Tidak sedikit wanita yang menggunakan air mawar untuk perawatan kulit. Mulai dari mencerahkan wajah, mencegah kerutan, hingga mengatasi jerawat. Padahal, masih ada banyak manfaat air mawar untuk kesehatan yang tak kalah menakjubkan.

Rose water sendiri dihasilkan dari proses penyaringan pada kelopak bunga mawar. Selain memiliki aroma wangi, ada banyak kandungan nutrisi, salah satunya adalah antioksidan.

Yuk, cari tahu apa saja manfaat air mawar untuk kecantikan dan kesehatan dengan ulasan berikut ini.

1. Mencegah penuaan dini

Menjadi tua adalah pasti, tapi tanda penuaan bisa dihindari. Itu adalah ungkapan umum. Memiliki wajah keriput adalah satu tantangan tersendiri, terutama bagi orang-orang dengan mobilitas tinggi dan harus sering tampil di depan publik.

Tanda-tanda penuaan seperti munculnya garis halus pada wajah bisa terjadi kapan saja, tak harus menunggu usiamu mencapai 50 tahun. Garis-garis halus bisa muncul saat kulit tak mampu melakukan regenerasi dengan baik.

Saat ini, sudah banyak produk kosmetik, terutama anti-aging, yang memasukkan air mawar sebagai salah satu komponen utamanya. Selain dapat menenangkan kulit, air mawar juga bisa mencegah munculnya tanda-tanda penuaan, seperti kerutan dan garis halus pada wajah.

2. Mencerahkan kulit

manfaat air mawar untuk wajah
Kulit cerah. Sumber foto: shutterstock.

Jika tanda-tanda penuaan berhasil dihindari, kulit cerah adalah hasil yang bisa kamu dapatkan setelahnya. Untuk mendapatkan wajah yang cerah dan bersinar, kulit harus mampu menjalankan fungsi regenerasi secara optimal.

Proses regenerasi sendiri mengacu pada penggantian sel kulit mati dengan sel-sel baru. Dengan air mawar, sel kulit mati bisa terangkat. Sel kulit mati ini yang juga bisa menyebabkan kesan kusam dan tidak bercahaya.

Untuk memaksimalkan proses regenerasi kulit, kamu bisa membersihkan wajah dengan air mawar setiap menjelang tidur atau setelah selesai menjalankan rutinitas harian. Jangan pernah membiarkan kotoran di wajah menumpuk hingga keesokan hari.

Baca juga: Biar Kulit Cerah, 11 Bahan Ini Ternyata Cocok untuk Masker Wajah Alami

3. Mencegah kemerahan pada wajah

Air mawar memang umum dijumpai pada banyak produk kecantikan atau kosmetik. Selain fungsi utama sebagai pencerah wajah dan pencegah penuaan dini, air mawar ternyata juga cukup efektif mengatasi berbagai iritasi pada kulit yang memicu ruam kemerahan.

Iritasi sendiri terjadi akibat adanya peradangan. Peradangan paling umum di wajah adalah jerawat. Hampir semua orang pasti pernah mengalami jerawat memerah dan membesar. Penanganan yang keliru justru akan menyebabkan infeksi.

Air mawar memiliki sifat anti-inflamasi, mampu meredakan peradangan di wajah. Dengan kata lain, rose water bisa membantu mengatasi jerawat membandel yang terus membengkak. Jadi, kamu tak perlu memencetnya yang malah bisa menyebabkan bahaya lain.

4. Manfaat air mawar saat menstruasi

Para peneliti percaya, air mawar mengandung senyawa antioksidan yang mampu meredakan rasa nyeri berlebih pada wanita yang sedang menstruasi. Antioksidan dari bunga memiliki struktur yang berbeda, dapat meringankan sakit pada perut saat wanita memasuki siklus bulanan.

Belum lagi, asam amino yang ada padanya juga bisa mengatasi kram perut yang tak jarang terjadi saat menstruasi. Masukkan air mawar ke dalam secangkir minuman sebagai campuran, lalu minum secara rutin saat sedang datang bulan. Rasa sakit atau nyeri pada perut akan berangsur menghilang.

5. Meredakan radang tenggorokan

Menurut sebuah riset yang dilakuan oleh pakar kesehatan di Iran, air mawar cukup efektif untuk menyembuhkan radang tenggorokan. Ini tak lepas dari konsentrat pada kelopak mawar yang mampu menenangkan tenggorokan.

Serum alami pada bunga mawar bisa meredakan pembengkakan atau radang di tenggorokan. Kamu bisa mencampur air mawar pada secangkir teh panas. Meski rasanya sedikit pahit, minuman ini dapat menghilangkan rasa tak nyaman pada tenggorokan.

Baca juga: Radang Tenggorokan: Kenali Penyebab dan Cara Pencegahannya.

6. Manfaat air mawar untuk mata

Kesehatan mata. Sumber foto: shutterstock.

Salah satu manfaat air mawar yang jarang diketahui adalah kemampuannya dalam menjaga kesehatan mata. Selain umum digunakan sebagai produk kecantikan dan perawatan wajah, air mawar juga dapat dijadikan obat tetes mata yang memiliki banyak khasiat.

Rose water bisa mengatasi masalah mata kering, konjungtivitis atau mata memerah akibat peradangan, dakriosistitis atau infeksi pada saluran air mata, degeneratif atau penurunan fungsi penglihatan, bahkan sampai pencegahan katarak.

7. Manfaat air mawar untuk rambut

Menurut sebuah publikasi di Perpustakaan Kedokteran Nasional Amerika Serikat, air mawar cukup efektif untuk melembapkan rambut. Rambut yang lembap bisa mencegah terjadinya kepatahan atau rontok.

Air dari bunga mawar mengandung senyawa hidrokarbon yang bisa menjaga kadar kejenuhan rambut. Dengan kata lain, senyawa tersebut dapat memberi lapisan baru yang menghindarkan rambut dari kesan lepek.

Agar selalu tampak sehat, kamu bisa membawa air mawar pada satu botol kecil. Usapkan air tersebut saat rambut mulai terpapar udara kering dan terik matahari. Setelah itu, kamu bisa katakan selamat tinggal pada rambut kusut.

Nah, itulah tujuh manfaat air mawar untuk kesehatan dan kecantikan. Selamat mencoba!

Jangan pernah ragu untuk konsultasikan masalah kesehatanmu bersama para dokter profesional di Good Doctor. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. Healthline, diakses 7 Juni 2020,Rose Water: Benefits and Uses.
  2. Medical News Today, diakses 7 Juni 2020, What you should know about rose water.
  3. Fragrancex, diakses 7 Juni 2020, Benefits of rose water.
  4. US National Library of Medicine, diakses 7 Juni 2020, Hair Cosmetics: An Overview.
  5. US National Library of Medicine, diakses 7 Juni 2020, Pharmacological Effects of Rosa Damascena.

    register-docotr