Diet dan Nutrisi

Ladies, Air Beras Ternyata Bisa untuk Perawatan Kecantikan Lho!

June 13, 2020 | Dani Kosasih
feature image

Air beras mengandung beragam vitamin dan memiliki manfaat untuk kecantikan hingga kesehatan tubuh. Air beras adalah air sisa saat kamu memasak nasi. Di jepang, penggunaan air beras secara tradisional untuk kesehatan pertama kali diketahui lebih dari 1.000 tahun yang lalu.

Karena air beras dipercaya memiliki kandungan yang kaya akan vitamin A, C, B1, vitamin B dan E, asam amino, serat, mineral dan zat antioksidan. Namun, selalu pastikan bahwa air beras yang akan kamu konsumsi adalah air beras yang telah bersih.

Baca Juga: Suka Makan Pedas Saat Hamil? Ini Hal Penting Perlu Moms Ketahui

Manfaat air beras untuk kesehatan

Air beras juga banyak dikonsumsi untuk kesehatan dengan cara diminum. Meminum air beras setiap pagi telah menjadi kebiasaan lama bagi orang-orang di Jepang dan Cina. Mereka percaya bahwa air beras memiliki khasiat sebagai sumber energi.

Selain itu, air beras juga memiliki khasiat kesehatan lain yang harus kamu tahu, seperti:

Manfaat air beras untuk mencegah sembelit

Air beras mengandung serat yang berfungsi untuk memperlancar buang air besar. Air beras juga mampu menstimulasi pertumbuhan bakteri baik dalam lambung yang mendorong pergerakan usus yang sehat.

Mencegah dehidrasi

Saat musim panas, tubuh cenderung akan kehilangan air dan garam melalui keringat. Air beras dapat membantu tubuh mengisi kembali nutrisi dan cairan yang hilang hinga mengurangi kemungkinan dehidrasi.

Obat tradisonal untuk infeksi virus

Air beras banyak digunakan sebagai obat demam karena mampu mencegah kehilangan cairan saat demam dan muntah selama infeksi berlangsung.

Selain itu, air beras juga dapat membantu mengisi nutrisi yang hilang dan mempercepat proses pemulihan.

Mengelola diare

Secara tradisional, banyak orang telah membuktikan penggunaan air beras ampuh mengatasi diare pada orang dewasa dan pada bayi.

Sebuah studi menerbitkan laporan pada Juli 1981 mengatakan bahwa air beras lebih efektif digunakan untuk mengurangi jumlah pergerakan usus pada bayi yang mengalami diare akut.

Hebatnya, tidak diperlukan lagi bahan tambahan untuk ini. Hanya cukup dengan air beras yang bisa dibuat dengan mudah di rumah.

Antioksidan

Mengutip dari National Library of Medicine, sebuah studi epidemiologis menunjukkan bahwa air beras memiliki molekul dengan aktivitas antioksidan yang tinggi, seperti:

  • Asam fenolik
  • Flavonoid
  • Antosianin
  • Proantosianidin
  • Tokoferol
  • Tokotrienol
  • γ-oryzanol
  • Asam fitat

Manfaat air beras untuk kecantikan

Manfaat air beras untuk kecantikan telah dikenal sejak lama. Sebuah studi tentang manfaat air beras sebagai anti-aging mengatakan bahwa air beras berpotensi dimasukkan ke dalam formulasi kosmetik.

Menurut penelitian ini, formulasi gel yang mengandung 96 persen air beras biokompatibel dengan kulit manusia dan memberikan sifat kosmetik yang sesuai.

Air beras karenanya harus dianggap sebagai bahan anti-aging untuk digunakan sebagai bahan baku untuk aplikasi perawatan kulit.

Beberapa manfaat air beras untuk kecantikan lainnya adalah:

Manfaat air beras untuk mencerahkan kulit

Memanfaatkan air beras untuk mencuci muka dipercaya dapat mencerahkan kulit dan menyamarkan noda hitam.

Secara produk pun, sudah banyak produk kosmetik komersial yang bahan kandungannya air beras, seperti sabun pembersih wajah, toner maupun krim.

Memperbaiki kerusakan kulit akibat sinar matahari

Sebuah studi tahun 2013 mengatakan bahwa menggunakan air cucian beras secara rutin pada wajah dapat menghilangkan noda hitam akibat paparan sinar matahari.

Kandungan antioksidan dalam air beras mampu merangsang produksi kolagen pada kulit hingga mampu mencegah munculnya keriput.

Mengatasi kulit kering

Air beras juga dipercaya mampu membantu iritasi kulit yang disebabkan oleh sodium laurel sulfate (SLS). Yaitu sebuah bahan yang ditemukan dalam banyak produk perawatan pribadi.

Sebagai perawatan untuk rambut

Air beras diyakini mampu memperbaiki rambut yang rusak dari dalam ke luar, termasuk ujung rambut yang bercabang.

Penggunaan sebagai tabir surya

Sebuah studi pada 2016 menunjukkan bahwa penggunaan air beras sebagai tabir surya cukup efektif untuk membantu melindungi kulit terhadap paparan sinar matahari.

Jika kamu memiliki pertanyaan terkait masalah kesehatan lainnya , silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

1. ncbi.nlm.nih.gov. Diakses 10 Juni 2020. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/24804068/
2. ncbi.nlm.nih.gov. Diakses 10 Juni 2020. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/6113434/
3. ncbi.nlm.nih.gov. Diakses 10 Juni 2020. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3569896/
3. thehealthsite.com. Diakses 10 Juni 2020. https://www.thehealthsite.com/diseases-conditions/health-benefits-of-kanji-po915-326879/
4. mdpi.com. Diakses 10 Juni 2020. https://www.mdpi.com/2079-9284/5/2/26
5. onlinelibrary.wiley.com. Diakses 10 Juni 2020. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/ics.12316

    register-docotr