Diet dan Nutrisi

Cegah Stres Oksidatif, Ini Daftar Makanan yang Mengandung Vitamin E

July 12, 2020 | Richaldo Hariandja
feature image

Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E sangat baik untuk tubuh kamu. Karena vitamin ini merupakan sumber antioksidan yang sangat baik untuk melindungi sel tubuh dari stres oksidatif.

Stres oksidatif yakni jumlah radikal bebas di dalam tubuh melebihi kapasitas tubuh untuk menetralkannya. 

Jika kurang mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E, tubuh kamu akan mudah terkena infeksi, mengalami gangguan penglihatan atau menderita kelemahan otot.

Di Amerika Serikat, takaran Angka Kecukupan Gizi (AKG) vitamin E pada orang dewasa adalah 15 mg. Vitamin E banyak ditemukan pada makanan berikut ini:

Wheat germ oil

Minyak yang dihasilkan dari bibit gandum ini merupakan lemak yang sehat untuk dikonsumsi dalam takaran yang normal. Beberapa orang yang menggemari produk ini bahkan menggunakannya untuk kesehatan kulit dan rambut.

Wheat germ oil ini merupakan salah satu makanan yang mengandung vitamin E yang kaya. Tidak tanggung-tanggung, terdapat 135 persen vitamin E dari AKG dalam setiap sajiannya.

Dalam satu sendok makan wheat germ oil, terdapat 20 mg vitamin E. Sementara 100 gram wheat germ oil terdapat 149 mg vitamin E atau 996 persen dari AKG.

Biji bunga matahari

Biji bunga matahari ini biasa dijadikan campuran untuk roti gandum dan camilan bernutrisi. Makanan satu ini sangat kaya akan lemak yang sehat, salah satunya adalah vitamin E.

Biji bunga matahari menjadi salah satu makanan yang mengandung vitamin E yang direkomendasikan karena dapat memenuhi 66 persen AKG dalam setiap sajiannya.

Dalam 1 ons biji bunga matahari, terdapat 10 mg vitamin E. Sedangkan dalam 100 gramnya, terdapat 35 mg atau 234 persen AKG vitamin E.

Yang menarik, minyak bunga matahari justru hanya menyajikan 5,6 mg atau 37 persen AKG vitamin E dalam satu sajian atau 1 sendok makan. Sedangkan dalam 100 gram minyak bunga matahari terkandung 41 mg atau 274 persen AKG vitamin E.

Almond

Kamu tentu tidak asing dengan makanan yang satu ini kan? Keberadaannya bisa ditemukan dengan mudah sebagai campuran dari berbagai cokelat di pasaran.

Almond merupakan makanan yang mengandung vitamin E dengan pemenuhan 48 persen AKG vitamin E per sajiannya.

Dalam satu takaran sendok makan almond, terdapat 6,4 mg vitamin E. Sedangkan dalam 100 gramnya, terdapat 47 mg vitamin E atau 315 persen dari AKG.

Daging angsa

Daging angsa menjadi salah satu makanan yang mengandung vitamin E yang mampu memenuhi 16 persen AKG atau 2,4 mg dalam satu sajiannya. 

Sedangkan dalam 100 gram, daging angsa mengandung 1,7 mg vitamin E atau setara dengan 12 persen AKG.

Kacang

Kacang merupakan salah satu makanan yang mengandung vitamin E. dalam satu sajiannya, kacang mengandung 16 persen AKG atau 2,4 mg vitamin E.

Sedangkan dalam 100 gramnya, terdapat 8,3 vitamin E atau 56 persen dari AKG.

Ikan salmon

Salmon yang disajikan dalam takaran setengah fillet mengandung 2 mg atau 14 persen AKG vitamin E. Sedangkan dalam 100 gramnya, salmon mengandung 8,3 mg atau 8 persen AKG vitamin E.

Buah alpukat

Buah alpukat juga masuk dalam golongan makanan sumber vitamin E. Satu sajian atau setengah buah alpukat mengandung 2,1 mg atau 14 persen AKG vitamin E. Satu takaran buah alpukat ini bermassa 100 gram.

Buah mangga

Buah yang mudah ditemukan di Indonesia ini ternyata merupakan salah satu sumber vitamin E. Satu sajian buah mangga, atau setara dengan setengah buahnya, mengandung 1,5 mg atau 10 persen AKG vitamin E.

Sedangkan untuk 100 mg mangga mengandung 0,9 mg vitamin E atau setara dengan 38 persen AKG.

Buah kiwi

Buah kiwi juga termasuk sumber vitamin E. Dalam satu sajiannya, atau 1 buah berukuran sedang, mengandung 1 mg vitamin E yang setara dengan 7 persen AKG.

Sedangkan dalam takaran 100 gram, buah kiwi ini mengandung 1,5 mg vitamin E atau setara dengan 10 persen AKG.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline.com (2017) diakses 07 Juli 2020. https://www.healthline.com/nutrition/foods-high-in-vitamin-e
  2. Verywellfit.com (2020) diakses 07 Juli 2020. https://www.verywellfit.com/wheat-germ-oil-nutrition-facts-4165648
  3. Healthline.com (2018) diakses 07 Juli 2020. https://www.healthline.com/health/wheat-germ-benefits#1
  4. Healthline.com (2018) diakses 07 Juli 2020. https://www.healthline.com/nutrition/sunflower-seeds
    register-docotr