Diet dan Nutrisi

Sedang Menghindari Makanan yang Mengandung Gluten Tinggi? Ini 6 Daftarnya!

July 3, 2020 | Muhammad Hanif S. | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Mendengar nama gluten, mungkin sebagian orang akan mengaitkannya dengan program diet. Tidak salah memang, karena tak sedikit orang berusaha untuk menghindari berbagai makanan yang mengandung gluten.

Lalu, apakah makanan dengan kandungan gluten benar-benar harus dihindari? Apa sih sebenarnya gluten itu, serta makanan apa saja yang mengandung gluten? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga: Jangan Lihat Ribet Makannya, Tapi Kenali Segudang Manfaat Sehat Ngemil Biji Bunga Matahari

Apa itu gluten?

Gluten merupakan protein alami yang bisa ditemukan pada biji-bijian tanaman serelia, seperti gandum dan jelai.

Mengutip Harvard School of Public Health, gluten memiliki beberapa manfaat, salah satunya adalah memperbanyak jumlah bakteri baik (prebiotik) di dalam usus. Sehingga, berbagai masalah pada sistem pencernaan bisa diminimalkan.

Hanya saja, gluten juga dapat memicu timbulnya penyakit celiac. Celiac sendiri adalah gangguan autoimun berupa menurunnya kekebalan tubuh akibat reaksi terhadap gluten. Gejalanya bisa berupa kembung, diare, sembelit, mudah lelah, kerusakan usus, hingga penurunan berat badan.

Daftar makanan yang mengandung gluten

Sebagai protein dari tanaman serelia, gluten bisa tetap ada pada proses pengolahannya, baik itu menjadi roti, saus, kecap, dan yang lainnya. Sehingga, jika kamu berniat untuk menghindari kandungan ini, ketahui daftar makanan dengan kandungan gluten berikut ini.

1. Oatmeal dan sereal

Secara teknis, oatmeal dan sereal hampir bisa dipastikan adalah makanan yang mengandung gluten. Sebab, keduanya memiliki komponen biji dari tanaman serelia. Protein pada tanaman serelia mengandung kadar gluten yang tidak rendah.

Untungnya, saat ini sudah ada banyak produsen yang mulai peduli dengan hal ini. Sehingga, kamu bisa mendapatkan sereal dan oatmeal yang disukai tanpa kandungan gluten. Caranya, periksa pada label kemasan makanan, pastikan ada tulisan gluten-free.

2. Makanan yang diberi kecap

makanan yang mengandung gluten
Tamari, jenis kecap yang tidak mengandung gluten. Sumber foto: www.thewoksoflife.com

Sebagian kuliner di Indonesia tak bisa dipisahkan dari kecap. Lalu, apa hubungannya antara kecap dengan gluten? Bukankah kecap terbuat dari kedelai? Benar, kandungan utama kecap adalah kedelai hitam. Hanya saja, gandum juga digunakan agar proses fermentasinya berjalan sempurna.

Campuran gandum pada proses fermentasi tersebut sangat memengaruhi rasa manis atau asin. Sehingga, jika kamu berniat melakukan diet gluten, ada baiknya periksa dulu bagian komposisi di kemasan kecap, apakah terdapat gandum atau tidak.

Lalu, bagaimana jika ingin menghindari gluten tapi tetap membutuhkan kecap sebagai bumbu makanan? Kamu bisa menggunakan alternatif seperti tamari.

Tamari adalah kecap yang bebas dari gandum, memiliki rasa asin atau manis dengan sensasi yang lebih gurih. Kecap ini biasanya digunakan di restoran makanan Jepang.

3. Makanan yang mengandung gluten berupa roti

Roti adalah salah satu makanan yang mengandung gluten, meski tidak semuanya. Sebagian besar roti terbuat dari tepung terigu, yang sangat erat kaitannya dengan gluten tinggi.

Roti ini termasuk yang sering digunakan sebagai bahan utama junk food, seperti burger dan sandwich. Tapi tenang, saat ini sudah ada beberapa produsen yang menggunakan tepung non-gandum yang bebas dari gluten.

Roti bebas gluten biasanya terbuat dari tepung tapioka, tepung jagung, tepung kelapa, dan tepung badam atau almond. Periksa daftar komposisi yang ada pada kemasan.

4. Daging isi sebagai makanan yang mengandung gluten

Jika ingin terhindar dari makanan yang mengandung gluten, ada baiknya kamu menjauhkan diri dari produk junk food yang memiliki daging isi. Daging ini biasanya berbentuk slice, berada di bagian tengah dari burger dan sandwich.

Mengutip Verywell Fit, pada sebagian kasus, daging iris tidak mengandung gluten. Hanya saja, mesin pemotong yang biasanya juga digunakan untuk mengiris roti, keju, dan makanan lain, dapat mengontaminasi.

Baca juga: Gemar Makan Daging Mentah? Awas, Penyakit Ini Mengintai!

5. Saus krim

Sama dengan kecap, saus krim adalah bumbu atau pelengkap makanan yang mengandung gluten. Saus krim memerlukan tepung agar bisa mengental. Di sinilah awal mula gluten dilibatkan. Saus krim ini biasanya ditemukan di salad dan pasta yang ada di restoran.

Jika ingin terhindar dari gluten, kamu bisa memesan pasta dan salad tanpa saus krim di atasnya, meski rasa yang dimiliki tentu akan berbeda. Atau, buat salad dan pasta sendiri di rumah.

6. Kentang goreng restoran

Secara alami, kentang adalah jenis umbi-umbian yang tidak memiliki protein gluten. Hanya saja, setelah digoreng dan disajikan, sebagian atau bahkan seluruh restoran menggunakan bumbu beraneka rasa yang ditaburkan. Di sinilah kontaminasi gluten bermula.

Belum lagi, minyak yang digunakan secara bersamaan dengan makanan lain sangat mungkin untuk tercemar. Tentu saja, seseorang yang memiliki penyakit celiac sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi keripik atau kentang goreng dari restoran.

Nah, itulah ulasan tentang enam makanan yang mengandung gluten yang perlu kamu tahu. Untuk menghindari makanan yang mengandung gluten, kamu bisa periksa daftar komposisi pada kemasan produk makanan. Tetap jaga kesehatan, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. Harvard School of Public Health, diakses 27 Juni 2020, Gluten: A Benefit or Harm to the Body?
  2. The Healthy, diakses 27 Juni 2020, 9 Foods With Gluten that Will Surprise You.
  3. Verywell Fit, diakses 27 Juni 2020, 6 Hidden Sources of Gluten in Supermarket Foods.
  4. Gluten Free Label, diakses 27 Juni 2020, Hidden Sources of Glutten.
  5. Cleveland Clinic, diakses 27 Juni 2020, How to Spot Those Sneaky Sources of Gluten.
  6. Prevention.com, diakses 27 Juni 2020, 10 Sneaky Foods That Contain Gluten—And What to Do About It.
  7. Everyday Health, diakses 27 Juni 2020, There’s Gluten in That? 13 Surprising Items That Contain Gluten.

    register-docotr