Diet dan Nutrisi

Yuk, Penuhi Kebutuhan Asam Amino dengan Konsumsi Makanan Berikut!

August 14, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Asam amino merupakan senyawa yang memainkan peran penting bagi tubuh. Asam amino seringkali disebut sebagai pembangun protein. Untuk mencukupi kebutuhan asam amino, terdapat beberapa makanan yang mengandung asam amino yang bisa kamu konsumsi.

Asam amino dan protein adalah bahan penyusun kehidupan. Ketika kamu mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan protein, protein tersebut akan mengalami penguraian, yang mana akan menghasilkan asam amino yang ditinggalkan di dalam tubuh.

Nah, untuk mengetahui apa saja makanan yang memiliki kandungan asam amino, yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Makanan Mengandung Lemak Baik dan Manfaat untuk Kesehatan

Mengapa asam amino penting bagi tubuh?

Ketika protein dicerna atau dipecah, asam amino akan tertinggal. Tubuh manusia menggunakan asam amino untuk membuat protein guna membantu tubuh seperti:

  • Menghancurkan makanan
  • Tumbuh
  • Memperbaiki jaringan tubuh
  • Melakukan banyak fungsi tubuh lainnya
  • Asam amino juga dapat digunakan sebagai sumber energi bagi tubuh

Asam amino sendiri merupakan dasar dari semua proses kehidupan karena penting untuk setiap proses metabolisme. Asam amino juga memiliki manfaat untuk melawan peradangan, meningkatkan pertumbuhan otot, mengurangi kelelahan, atau bahkan meningkatkan sistem imun.

Apa saja makanan yang mengandung asam amino?

Memenuhi kebutuhan protein sama pentingnya dengan memenuhi kebutuhan asam amino.

Untuk memenuhi kebutuhan asam amino, kamu dapat mengonsumsi makanan yang juga mengandung protein. Beberapa makanan memiliki kandungan protein dan asam amino adalah sebagai berikut:

1. Daging tanpa lemak

Makanan pertama adalah daging tanpa lemak. Daging hewan yang diberi makanan rumput merupakan salah satu sumber protein terbaik.

protein ini dapat kamu dapatkan dari ayam, daging, turkey, telur.

2.Seafood

Beberapa seafood yang memiliki kandungan asam amino tinggi adalah salmon, halibut, dan tuna. Jenis ikan ini juga mengandung asam lemak omega-3 yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

3. Quinoa dan kedelai

Quinoa adalah salah satu makanan yang mengandung semua asam amino esensial, oleh karena itu kandungan protein yang terkandung di dalamnya pun dapat dikatakan lengkap. Sama halnya seperti quiona, produk kedelai pun menyediakan semua asam amino esensial.

Produk biji-bijian utuh lainnya yang juga mengandung asma amino adalah roti gandum, pasta gandum.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar info sehat lainnya? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Aminoacids-studies.com (2020). Diakses pada 11 Agustus 2020. Why Are Amino Acids So Important 

Healthline (2018). Diakses pada 11 Agustus 2020. Essensial Amino Acids: Definition, Benefits and Food Sources 

Medline Plus. Diakses pada 11 Agustus 2020. Amino Acids 

Style Craze (2019). Diakses pada 11 Agustus 2020. What Are Amino Acids? Top 8 Benefits And Food Sources 

    register-docotr