Diet dan Nutrisi

Demi Kesehatan, Tangkal Radikal Bebas dengan 6 Makanan Kaya Antioksidan Ini!

August 13, 2020 | Arianti Khairina | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Gaya hidup sehat sebaiknya mulai dilakukan sejak dini, salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan. Tujuannya untuk menangkal radikal bebas hingga racun penyebab penyakit. 

Nah, apa saja ya pilihan makanan kaya antioksidan yang bisa kamu pilih sebagai asupan sehari-hari?

Makanan-makanan yang mengandung antioksidan

Dikutip dari Healthline, antioksidan adalah senyawa yang diproduksi di dalam tubuh dan ditemukan dalam makanan. 

Mereka membantu melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh molekul yang berpotensi berbahaya dan dikenal sebagai radikal bebas.

Ketika radikal bebas menumpuk, mereka dapat menyebabkan keadaan yang dikenal sebagai stres oksidatif. Kondisi ini dapat merusak DNA dan struktur penting lainnya dalam sel. Itulah alasan mengapa kamu membutuhkan makanan yang banyak mengandung antioksidan. 

Berikut ini beberapa makanan yang memiliki banyak kandungan antioksidan:

1. Blueberry

Walaupun rendah kalori, blueberry memiliki banyak kandungan nutrisi dan antioksidan. Blueberry memiliki hingga 9,2 mmol antioksidan per 3,5 ons (100 gram).

Blueberry bahkan disebut-sebut mengandung jumlah antioksidan tertinggi di antara semua buah dan sayuran yang biasa dikonsumsi. 

Antioksidan dalam blueberry, terutama jenis yang disebut antosianin, telah terbukti mengurangi faktor risiko penyakit jantung, menurunkan kadar kolesterol LDL, dan tekanan darah.

2. Stroberi

Stroberi adalah salah satu buah beri paling populer yang memiliki rasa manis dan kaya akan vitamin C serta antioksidan.

Buah ini menyediakan hingga 5,4 mmol antioksidan per 3,5 ons (100 gram). Selain itu, stroberi mengandung sejenis antioksidan yang disebut antosianin, yang membuatnya berwarna merah. 

Stroberi yang memiliki kandungan antosianin lebih tinggi cenderung berwarna merah cerah. 

Antosianin dalam stroberi inilah yang dapat membantu kamu mengurangi risiko penyakit jantung dengan mengurangi kadar kolesterol LDL ‘jahat’ dan meningkatkan kolesterol HDL ‘baik’.

3. Sayuran berdaun hijau 

Dikutip dari WebMD, sayuran hijau ini kaya nutrisi yang dapat membantu melawan penyakit, termasuk kandungan vitamin C, E, A, dan kalsium. Sayuran ini juga mengandung magnesium dan kalium.

Sayuran hijau ini penuh dengan fitokimia antioksidan seperti kaemferol, yang dapat membantu melebarkan pembuluh darah dan memiliki sifat melawan kanker. 

4. Kacang 

Kacang adalah salah satu makanan yang menawarkan takaran lemak sehat cukup baik, bersama dengan sejumlah kecil protein dan karbohidrat. 

Setiap jenis kacang mengandung mineral, fitokimia, dan jenis lemak. Kacang kenari adalah salah satu jenis yang memiliki kandungan omega-3 tertinggi, sedangkan kacang Brazil paling baik untuk selenium.

Kebanyakan kacang juga mengandung fitokimia seperti resveratrol dan sterol, yang dapat membantu menurunkan kolesterol.

5. Kale

Kale adalah sayuran yang didapat dari hasil persilangan. Selain itu kale juga anggota kelompok sayuran yang dibudidayakan dari spesies Brassica oleracea. Anggota lainnya termasuk brokoli dan kembang kol.

Kale adalah salah satu sayuran hijau bergizi dan kaya akan vitamin A, K, dan C. Sayuran ini juga kaya akan antioksidan yaitu mengandung hingga 2,7 mmol per 3,5 ons (100 gram).

Kale juga merupakan sumber kalsium nabati, mineral penting yang membantu menjaga kesehatan tulang dan berperan dalam fungsi lainnya. 

Baca juga: 12 Manfaat Oatmeal Bisa Jadi Antioksidan dan Sukseskan Diet Sehatmu

6. Kacang polong

Jenis kacang yang satu ini sangat tinggi serat dan dapat membantu menjaga pergerakan ususmu agar tetap teratur.

Mereka merupakan salah satu sumber antioksidan nabati terbaik. Analisis FRAP menemukan bahwa kacang polong mengandung hingga 2 mmol antioksidan per 3,5 ons (100 gram). 

Selain itu, beberapa jenis kacang polong seperti kacang pinto mengandung antioksidan khusus yang disebut kaemferol juga.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar kesehatan? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline.com (2018) diakses 9 Agustus 2020. 12 Healthy Foods High in Antioxidants 
  2. Webmd.com (2010) diakses 9 Agustus 2020. 10 Nutrient-Rich Super Foods
  3. Medicalnewstoday.com (2019) diakses 9 Agustus 2020. A guide to antioxidant foods
  4. Betterhealth.vic.gov.au (2020) diakses 9 Agustus 2020. Antioxidants 
    register-docotr