Diet dan Nutrisi

Ragam Makanan untuk Perut Kembung Agar Kembali Terasa Nyaman

November 11, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Perut kembung pastinya menimbulkan tidak nyaman saat beraktivitas. Jika sudah begitu, harus hati-hati memilih makanan untuk perut kembung. Beberapa makanan seperti kol dan brokoli misalnya, diketahui dapat memperburuk keluhan.

Apa saja makanan yang dapat membantu mengatasi kembung tersebut? Sebelum lebih jauh membahas makanan untuk perut kembung, yuk simak dulu tentang apa itu kembung dan juga penyebabnya!

Apa itu perut kembung?

Perut kembung terjadi saat saluran gastrointestinal atau saluran cerna terisi udara atau gas. Kembung seringkali digambarkan dengan perasaan perut penuh, kencang atau keras.

Kembung dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut dan dapat mengganggu kegiatan sehari-hari. Apalagi kembung juga sering disertai gejala lain seperti:

  • Rasa sakit perut
  • Sering berserdawa
  • Perut seperti bergemuruh

Apa yang menyebabkan perut kembung?

Banyak kasus perut kembung disebabkan oleh penumpukan gas di saluran cerna, yang disebabkan terlalu banyak udara atau gas yang ikut masuk saat makan atau minum.

Namun kembung juga dapat disebabkan oleh beberapa hal lainnya seperti:

  • Makan atau minum terlalu cepat
  • Mengunyah permen karet
  • Merokok
  • Penggunaan gigi palsu yang longgar
  • Mengonsumsi makanan tinggi serat, lemak, garam atau minuman berkarbonasi

Selain penyebab umum di atas, kembung juga bisa terjadi karena kondisi medis seperti:

  • Radang usus
  • Gangguan gastrointestinal fungsional lainnya
  • Maag
  • Intoleransi makan
  • Sindrom iritasi usus besar
  • Serta beberapa penyebab medis lain, termasuk kondisi kesehatan mental seperti gangguan kecemasan dan depresi

Bagaimana cara mengatasi perut kembung?

Kamu bisa mengatasi perut kembung dengan pijat atau konsultasi ke dokter jika keluhan tidak juga reda. Pilihan lainnya, kamu bisa mengonsumsi minuman dan makanan untuk perut kembung.

Pilihan makanan untuk perut kembung

Minuman dan juga makanan untuk perut kembung berasal dari berbagai jenis, mulai dari buah, sayur, makanan fermentasi hingga rempah atau herbal, seperti berikut:

Buah-buahan untuk perut kembung

Ada banyak buah untuk mengatasi perut kembung. Beberapa di antaranya dengan kandungan kalium dan air yang tinggi, sesuai dengan anjuran ahli. Menurut ahli diet Rachel Fine, RD, penting untuk mengonsumsi makanan tinggi kalium dan air. Demikian dilansir eatthis.com.

  • Pisang. Memiliki kalium, pisang dikenal dapat mengatasi kembung.
  • Lemon. Air perasan lemon memiliki keasaman yang mirip dengan cairan pencernaan perut. Dengan begitu, dapat membantu saluran pencernaan bergerak lebih cepat, sehingga dapat mengatasi kembung.
  • Blewah. Selain blewah, semangka dan melon juga bisa diandalkan meredakan kembung.
  • Kiwi. Adanya kandungan enzim aktinidin dapat membantu mempercepat pencernaan, sehingga dapat mengatasi kembung.
  • Pepaya. Enzim papain dari pepaya dapat membantu menenangkan pencernaan, termasuk meredakan kembung.
  • Nanas. Buah tropis ini memiliki enzim bromelain yang baik untuk pencernaan, karena dapat membantu memecah protein di perut, salah satu penyebab kembung.
  • Bit. Buah berwarna merah ini sama seperti pisang yang kaya akan kandungan kalium sehingga baik untuk meredakan kembung.
  • Kelapa. Minum airnya, karena mengandung kalium yang baik untuk meredakan kembung.
  • Blueberry. Kadar air yang tinggi dan kandungan antioksidannya baik untu pencernaan, serta baik untuk meredakan kembung.

Sayuran yang termasuk makanan untuk perut kembung

  • Zucchini. Kandungan seratnya dapat membuat pencernaan bergerang dan mengatasi kembung atau apapun yang masih menumpuk di dalam pencernaan.
  • Mentimun. Kandungan airnya dapat membersihkan kelebihan air dan juga gas yang terperangkap di saluran pencernaan.

Makanan fermentasi dan olahan

  • Yoghurt. Probiotik dalam yoghurt mendukung proses pencernaan dan meredakan berbagai masalah di pencernaan.
  • Kefir. Jika kamu alergi laktosa, cobalah kefir, karena khasiatnya serupa dengan yoghurt namun bebas laktosa.
  • Kimchi. Makanan fermentasi ini memiliki kandungan probiotik yang baik untuk mengatasi masalah pencernaan, termasuk kembung.
  • Cokelat hitam. Coklat dengan kandungan 70 persen kakao adalah yang baik untuk saluran cerna kamu. Atau, pilihan lain mengonsumsi 100 persen bubuk kakao yang bisa dicampurkan ke dalam oat.

Rempah-rempahan

  • Adas. Dikenal sebagai diuretik alami, sehingga dapat membantu pembuangan gas di usus.
  • Jahe. Rempah dan herbal ini memiliki enzim zingibain yang baik untuk pencernaan dan dapat membantu meredakan kembung.

Makanan untuk perut kembung lainnya

Selain yang sudah disebutkan di atas, kamu juga bisa mencoba minuman atau makanan untuk kembung jenis lain seperti:

  • Beberapa jenis kacang: kacang putih. Kamu perlu hati-hati karena beberapa jenis kacang lainnya justru dapat menyebabkan perut kembung.
  • Umbi-umbian: seperti ubi jalar
  • Beberapa jenis teh: seperti teh peppermint

Selain mengonsumsi makanan untuk perut kembung, usahakan untuk mengurangi minuman berkarbonasi, mengunyah permen karet agar perut aman dari kembung. Demikian penjelasan berbagai macam makanan untuk perut kembung dan tips meredakan kembung.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar perut kembung? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Webmd, diakses 3 November 2020
Bloating 101: Why You Feel Bloated
Healthline, diakses 3 November 2020
What’s Causing My Abdominal Bloating, and How Do I Treat It?
Womenshealthmag, diakses 3 November 2020
The 34 Best Foods To Help Reduce Bloating And Gas
Eatthis, diakses 3 November 2020
15 Best (and Instant) Anti-Bloating Foods

    register-docotr