Diet dan Nutrisi

Catat Moms, Ini Daftar Makanan Tidak Sehat untuk Anak

July 24, 2020 | Felicia Elfriestha
feature image

Banyak orang yang berpikiran makanan tidak sehat rasanya malah semakin nikmat. Berikut ini adalah daftar makanan tidak sehat yang sebaiknya Moms hindari untuk anak tercinta.

Mendapatkan nutrisi yang baik melalui makanan adalah hak setiap anak. Namun ini kerap juga menjadi tantangan bagi orang tua, karena makanan sehat seperti buah dan sayur-sayuran justru seolah jadi musuh bebuyutan anak.

Baca Juga: Si Kecil Terlalu Kurus? Ini Cara Menambah Berat Badan Anak

Daftar makanan tidak sehat yang harus dihindari

Meski rasanya lezat dan menggugah selera, sebaiknya makanan-makanan ini perlu Moms hindari agar anak terhindar dari berbagai penyakit.

Berikut daftar makanan yang tidak sehat yang wajib kamu ketahui, antara lain:

Makanan cepat saji

Siapa yang tidak suka dengan makanan yang satu ini? Selain simple, makanan cepat saji juga sangat menggugah selera anak kamu. Junk food atau makanan cepat saji merupakan makanan tidak sehat yang paling umum. 

Contohnya seperti kentang goreng, pizza, burger, ayam goreng, dan lainnya banyak digemari oleh anak-anak hingga orang dewasa. 

Junk food dikategorikan ke makanan tidak sehat karena mengandung kalori tinggi dan hanya memiliki sedikit kandungan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

Apabila kamu terlalu sering mengonsumsi junk food, akan berisiko mengalami berbagai macam penyakit, seperti obesitas, diabetes tipe 2, gangguan pencernaan, dan lain-lain. 

Roti putih

Roti putih juga termasuk ke dalam makanan tidak sehat untuk anak lho Moms. Hal ini dikarenakan roti putih terbuat dari karbohidrat olahan yang rendah dengan serat dan nutrisi penting lain. 

Selain itu, roti putih juga dapat menyebabkan kenaikan gula darah. Agar lebih sehat, kamu bisa mengganti roti putih dengan roti gandum utuh yang lebih menyehatkan karena lebih tinggi kandungan seratnya.

Kue dan makanan manis

Buat anak kamu yang gemar makan kue kering dan makanan manis lainnya, sebaiknya mulai sekarang dikurangi ya Moms. Hal ini dikareanakan kue kering dan makanan manis termasuk ke makanan yang tidak sehat.

Apalagi kue manis yang diproduksi dalam kemasan karena mengandung gula olahan, tepung terigu olahan, serta tambahan lemak. Meski rasanya memang sangat lezat, kue tersebut tidak memiliki nutrisi yang diperlukan tubuh.

Daging olahan termasuk makanan tidak sehat untuk anak

Daging olahan seperti sosis, nugget, dan makanan beku lainnya juga termasuk makanan yang tidak sehat untuk anak. Jenis makanan ini dapat membahayakan kesehatan apabila dikonsumsi secara berlebihan. 

Daging tersebut dikarenakan melalui berbagai macam proses pengolahan sehingga membuat kandungan gizinya berkurang. Selain itu, daging olahan sudah pasti menggunakan bahan pengawet agar dapat tahan lama.

Mengonsumsi daging olahan terlalu sering dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung, stroke, dan diabetes mellitus. Bahkan yang lebih parahnya lagi dapat menyebabkan kanker di kemudian hari.

Minuman bersoda

Biasanya minuman bersoda menggunakan gula sirup jagung (high fructose corn syrup /HFCS), yang lebih buruk dari gula biasa. HCFS menyebabkan kadar gula dalam tubuh berfluktuasi tajam. 

Selain itu, minuman bersoda juga merupakan minuman dengan kandungan asam paling kuat. Kandungan asam dalam soda dapat mengalahkan kandungan alkaline dalam tubuh yang cenderung basa. Hal ini dikhawatirkan bisa membuat tubuh lebih rentan diserang virus dan bakteri.

Makanan tidak sehat seperti sereal untuk sarapan

Buat kamu yang seringkali mengonsumsi sereal untuk sarapan sebaiknya jangan terlalu berlebihan. Hal ini dikarenakan, produk ini merupakan makanan yang tinggi gula. 

Gula yang digunakan pada produk ini juga gula jagung. Jika terlalu banyak mengonsumsi gula jagung dapat menyebabkan tumor.

Es krim

Meski rasanya sangat menggugah selera dan melegakan tenggorokan, ternyata es krim juga termasuk ke dalam makanan yang tidak sehat. Es krim memiliki kandungan gula yang tinggi.

Selain itu, produk susu ini juga memiliki kandungan kalori yang tinggi. Jika kamu mengonsumsi es krim sebagai hidangan penutup atau dessert, dapat meningkatkan kadar kalori di dalam tubuh yang kurang menyehatkan tubuh kamu. 

Baca Juga: Daftar Makanan Tinggi Serat untuk Puasa yang Baik Dikonsumsi

Low fat yoghurt

Mungkin sebagian dari kalian menyangka bahwa low-fat yoghurt lebih sehat dibandingan yoghurt biasa. Tetapi jika salah dalam memilih yoghurt tentu khasiat yang terkandung dapat berbeda.

Hal ini dikarenakan banyak yoghurt yang tidak menyediakan bakteri probiotik baik. Banyak produk yoghurt yang sering dipasteurisasi, yang membunuh sebagian besar bakteri.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

register-docotr