Diet dan Nutrisi

Makanan Penangkal Bad Mood? Ada! Jajal Sederet Menu Sehat Berikut

September 1, 2020 | Putri Prima Soraya | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Apa yang kamu lakukan bila kamu sedang merasa bad mood ? Apakah makan? Ya, makan adalah obat terbaik dari beberapa permasalahan termasuk bad mood.

Ada beberapa makanan yang pas sekali untuk kamu santap jika kamu sedang bad mood, dan ingin mengembalikan keceriaan. Tidak hanya efektif menangkal bad mood, makanan ini juga sudah pasti sehat. Apa saja kah itu? Simak artikel berikut ini.

Baca Juga: Mood Sedang Tak Bagus? Coba Atasi dengan 7 Langkah Ini

Makanan penangkal bad mood

Ketika kita stres atau galau, ini membuat penurunan gula darah yang cepat dan mudah tersinggung, akhirnya kamu pun merasa bad mood.

Nah, jika kamu mungkin sedang mengalami hari kelabu karena bad mood yang membuat kamu tidak bisa beraktivitas dengan maksimal. Beberapa menu makanan di bawah ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menangkal semua bad mood.

1. Menu sarapan penangkal bad mood

Banyak orang yang suka melewatkan sarapan. Padahal, makan pagi sebelum beraktivitas punya manfaat yang begitu banyak, salah satunya sebagai antidepresi. Sebuah studi pada 2017 menemukan bahwa orang yang sarapan jarang merasa depresi atau juga mengalami bad mood

Sebagai menu sarapan agar tidak bad mood, pilihlah menu sarapan yang kaya serat, nutrisi, dan lemak baik. Beberapa menu sarapan yang bisa jadi pilihan, seperti:

1. Oatmeal

Oatmeal adalah salah satu menu sarapan yang efektif untuk menjaga mood kamu seharian. Ini karena oatmeal kaya akan serat larut, yang membantu melancarkan kadar gula darah dengan memperlambat penyerapan gula ke dalam darah dan memberikan suasana hati yang stabil.

Selain itu oat juga mengandung mineral selenium yang dapat meningkatkan mood. 

2. Pisang

Pisang punya kandungan triptofan dan asam amino yang bagus untuk meningkatkan kadar hormon serotonin. Saat kamu mengonsumsi pisang dengan makanan kaya serat, kandungan gula dalam pisang akan dilepas secara perlahan ke aliran darah.

Sehingga kadar gula darah kamu akan stabil dan mengontrol suasana hati jadi lebih stabil.

3. Kopi

Kopi adalah salah satu pilihan banyak orang untuk dikonsumsi pada pagi hari. Tidak hanya mengusir kantuk, ternyata kopi juga ampuh lho untuk menangkal bad mood

Mengonsumsi kopi meningkatkan pelepasan neurotransmiter yang meningkatkan suasana hati, seperti dopamin dan norepinefrin.

Sebuah studi yang dilakukan terhadap 72 partisipan juga menemukan bahwa kopi berkafein dan tanpa kafein secara signifikan meningkatkan suasana hati.

4. Beri

Buah beri mengandung berbagai antioksidan dan senyawa fenolik, yang memainkan peran penting dalam menangkal stres oksidatif atau ketidakseimbangan senyawa berbahaya dalam tubuh. 

Kandungan antosianin yang tinggi, yang memberi warna pada buah menurut sebuah studi mengurangi risiko gejala depresi mencapai 39 persen.

5. Telur

Makanan satu ini mengandung omega-3 yang dapat meningkatkan mood, zinc, vitamin B, dan iodida. Juga karena mengandung protein yang banyak, telur membuat kamu merasa kenyang lebih lama. 

Selain bagus sebagai makanan penangkal bad mood, telur juga sangat baik untuk kamu yang sedang diet

2. Menu makan siang penangkal bad mood

Banyaknya beban pekerjaan atau tugas kadang membuat mood kita menurun. Waktu makan siang adalah waktu terbaik kita untuk mengembalikan mood yang rusak. Nah, pilihan makanan siang berikut ini dipercaya bisa menjadi penangkal bad mood kamu.

1. Dada ayam

Dada ayam dapat meningkatkan asupan asam amino triptofan, sama seperti pisang, dapat meningkatkan produksi serotonin. Serotononin merupakan salah satu neurotransmiter terpenting dalam hal memengaruhi suasana hati. 

Dada ayam yang tanpa lemak juga mengandung asam amino lain yang disebut tirosin. Kandungan ini dapat membantu mengurangi gejala depresi dan membantu kamu menghindari perasaan galau. 

2. Ikan salmon

Ikan salmon kaya akan kandungan omega-3, di mana kandungan ini sangat penting untuk memenuhi kebutuhan lemak esensial. Lemak tersebut dipercaya dapat memperkuat sel-sel tubuh memproduksi hormon endorfin yang meningkatkan suasana hati.

3. Bayam

Tahukah kamu? Kekurangan vitamin B telah dikaitkan dengan depresi, karena produksi serotonin sebenarnya dapat terhalang oleh kadar vitamin B yang rendah. Vitamin B penting yang harus diperhatikan termasuk folat, vitamin B3, B6 dan B12.

Agar vitamin B kamu tercukupi, makan siang dengan sayur berdaun hijau seperti bayam bisa menjadi pilihan yang tepat. 

4. Sarden

Ikan sarden mengandung vitamin B12 tingkat tinggi, serta omega-3, selenium, protein, vitamin D, dan kolin. Sehingga sangat bagus untuk menjaga mood kamu hingga sisa hari.

Baca Juga: Gangguan Siklotimia Kerap Sulit Terdeteksi, Yuk Cari Tahu Bagaimana Cara Mengatasinya

3. Menu makan malam penangkal bad mood

Kelelahan beraktivitas membuat mood menurun. Tidak jarang kondisi ini membuat kita lebih mudah marah dan tersinggung. Agar bad mood kamu tidak berlarut dan merusak sisa harimu, cobalah beberapa makanan berikut ini sebagai menu makan malam.

1. Susu

Minum susu bisa jadi pilihan yang ideal untuk kamu melepas rasa lelah setelah seharian beraktivitas dan membuat kamu bad mood. Ini karena susu mengandung vitamin D yang punya peran penting untuk meningkatkan kadar serotonin, di mana kekurangan tersebut membuat kamu bad mood

2. Biji-bijian utuh

Jika kamu ingin menangkal bad mood tapi juga tidak ingin makan terlalu berat pada malam hari, biji-bijian utuh bisa menjadi pilihan terbaik. Biji-bijian utuh merupakan sumber vitamin B yang penting, nutrisi penting untuk kesehatan otak. 

Misalnya, thiamin (vitamin B1) terlibat dalam mengubah glukosa menjadi energi, asam pantotenat (vitamin B5) diperlukan untuk menghasilkan neurotransmitter asetilkolin (terlibat dalam pembelajaran dan memori).

Kemudian ada vitamin B6 yang membantu mengubah asam amino triptofan menjadi serotonin, dan vitamin B12 memproduksi serotonin dan dopamin.

Biji-bijian utuh yang bisa kamu pilih adalah beras merah, atau biji gandum.

3. Kepiting

Kepiting sebagai menu makan malam bisa menjadi penangkal bad mood yang efektif. Bagaimana tidak, dalam tiga ons kepiting mengandung 351 miligram omega-3. Selain itu, zat besi dalam kepiting juga tinggi.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

Net Doctor (2019). Diakses pada 31 Agustus 2020. The 11 best mood-boosting foods to beat seasonal affective disorder

Culinary Nutrition (2020). Diakses pada 31 Agustus 2020. 16 Mood Boosting Foods

Eat This (2020). Diakses pada 31 Agustus 2020. 50 Foods That Boost Your Mood

Verywell Mind (2020). Diakses pada 31 Agustus 2020. 7 Ways to Boost Your Mood With Food

Healthline (2020). Diakses pada 31 Agustus 2020. 9 Healthy Foods That Lift Your Mood

 

 

    register-docotr