Diet dan Nutrisi

Ini 6 Makanan Sehat tapi Bikin Gemuk, Mana Favorit Kamu?

April 17, 2020 | Zai Alam
feature image

Ditulis oleh: Zai

Ditinjau oleh: dr. Vivi Puspita Hartono

Good Doctor – Pandangan umum biasanya orang mengonsumsi makanan yang cenderung sehat karena tidak ingin menjadi gemuk. Nyatanya ada kok makanan sehat tapi bikin gemuk.

Tidak semua orang ingin menurunkan berat badan. Sebagian yang lain justru ada yang ingin bertambah gemuk agar bisa mendapatkan bentuk tubuh yang lebih ideal. Tapi bagaimana caranya agar gemuk namun dalam kondisi yang tetap sehat.

Sederet makanan sehat tapi bikin gemuk

Nah deretan makanan-makanan ini mungkin bisa kamu pilih jika ingin memiliki tubuh gemuk namun tetap sehat.

1. Alpukat

Alpukat memiliki kandungan kalori dan lemak yang tinggi namun sehat. Sumber foto: https://www.medicalnewstoday.com

Jika kamu ingin gemuk, kamu patut memasukkan buah alpukat ke dalam menu diet Anda. Pasalnya, alpukat termasuk jenis buah yang padat kalori juga sarat akan kandungan lemak yang sehat sehingga cocok dijadikan sebagai menu makanan untuk menambah berat badan.

Selain itu, alpukat juga merupakan salah satu makanan dengan kandungan kalium tinggi. Alpukat ternyata mengandung 40% lebih banyak kalium daripada pisang. Adapun salah satu manfaat penting dari kalium adalah berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung.  

2. Telur

Kandungan protein tinggi dalam telur membantu pembentukan otot. Sumber foto: https://www.shutterstock.com

Telur tergolong sebagai salah satu makanan yang sehat tapi juga bisa bikin gemuk. Hal ini dikarenakan telur merupakan makanan dengan kandungan protein yang tinggi dan cocok untuk pembentukan otot. Tidak heran, sebagian atlet dan binaragawan sering memasukkan menu telur ke dalam diet mereka. 

Dalam setiap 50 gram telur rebus terkandung 5,3 gram lemak, dimana 1,6 gram diantaranya merupakan lemak jenuh. Kuning telur mengandung vitamin D, kolin, dan vitamin B yang mendukung fungsi hati, otak, saraf, dan otot. Selain itu, kuning telur juga mengandung berbagai fitonutrien lain, seperti lutein.

3. Susu

Minum susu dapat menambah berat badan secara efektif. Sumber foto: https://www.shutterstock.com

Selain memiliki rasa yang enak, susu adalah minuman yang efektif untuk menambah berat badan. Susu mengandung protein, karbohidrat, dan lemak baik dalam jumlah yang seimbang. Selain itu, susu juga merupakan sumber kalsium yang baik, mengandung berbagai vitamin dan mineral lainnya yang penting bagi tubuh.

Cobalah mengonsumsi 1-2 gelas susu setiap hari untuk mempercepat proses peningkatan berat badan. Namun, jika kamu tidak suka mengonsumsi susu secara langsung, maka masih bisa mengolahnya dengan cara lain seperti mencampurkannya ke dalam kopi, teh, jus buah, maupun hingga menambahkannya ke dalam snack sereal. 

4. Keju

Keju mengandung berbagai nutrisi yang penting untuk tubuh. Sumber foto: https://www.medicalnewstoday.com

Keju adalah makanan yang enak, bergizi, dan cocok untuk menambah berat badan. Hal ini karena keju pada dasarnya terbuat dari susu sehingga memiliki manfaat yang kurang lebih sama.

Keju merupakan sumber kalsium, vitamin B12, fosfor, selenium, dan berbagai jenis nutrisi lainnya yang penting untung tubuh. Untuk rasa yang lebih nikmat, kamu bisa menyajikan keju bersama dengan roti bakar, dijadikan sebagai topping martabak, atau dijadikan sebagai isian kue dan sandwich. 

5. Cokelat Hitam

Cokelat hitam dapat membantu menambah berat badan. Sumber foto: https://www.medicalnewstoday.com

Cokelat hitam adalah makanan dengan kandungan lemak yang tinggi sehingga mengonsumsinya juga bisa membuat berat badan kamu bertambah. Setiap 100 gram batang cokelat hitam mengandung sekitar 600 kalori dengan beberapa zat lainnya, seperti serat, zat besi, magnesium, tembaga, dan mangan.

Selain itu, cokelat hitam juga mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas dan mencegah penyakit kanker. 

6. Daging Merah

Daging merah memiliki berbagai kandungan nutrisi yang membantu penambahan berat badan. Sumber foto: https://www.shutterstock.com

Daging merah adalah makanan yang pas untuk menambah berat badan. Daging merah dikenal tinggi akan kandungan kalori, lemak, dan protein yang bisa dengan cepat menambah berat badan dan massa otot tubuh apabila dikonsumsi.

Jika kamu menyukai steak daging sapi, kamu bisa menyajikannya bersama dengan sayur selada, kol, buncis, kentang goreng, potongan tomat, dan saus mayones. 

Referensi:

Healthline (2018) diakses 16 Oktober 2019. The 18 healthy foods to gain fast weight

Healthline (2017) diakses 16 Oktober 2019. 10 high fat foods that are actually super healthy

Medical News Today (2018) diakses 16 oktober 2019. What are the most healthful high fat foods?

SELF Nutrition Data diakses 16 Oktober 2019. Milk, whole, 3.25% milkfat nutrition facts & calories

register-docotr