Diet dan Nutrisi

Pandemi Belum Berakhir Minum Wedang Uwuh Jangan Distop, Ini 7 Khasiatnya

September 3, 2020 | Muhammad Hanif S. | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Belakangan ini, nama wedang uwuh kian populer di tengah masyarakat, khususnya di masa pandemi COVID-19. Meski terbuat dari bahan-bahan alami, tak sedikit orang yang tertarik untuk merasakan berbagai khasiat wedang uwuh.

Apa sih sebenarnya wedang uwuh itu? Apa saja khasiat wedang uwuh untuk kesehatan? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Baca juga: Imunomodulator Buatan LIPI: Kombinasi Herbal untuk Ringankan Gejala COVID-19

Apa itu wedang uwuh?

Bahan wedang uwuh menyerupai sampah dedaunan. Sumber foto: shutterstock.

Wedang uwuh merupakan minuman tradisional yang berasal dari Imogiri, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dalam bahasa Jawa, ‘wedang’ memiliki arti minuman, sedangkan ‘uwuh’ adalah sampah.

Minuman ini disebut ‘uwuh’ karena komposisinya menyerupai sampah dedaunan yang dikumpulkan menjadi satu. Wedang uwuh terdiri dari kombinasi rempah alami khas Indonesia, seperti jahe, kayu secang, cengkeh, dan kayu manis.

Minuman ini terkadang juga mendapat tambahan seperti pala, serai, kapulaga, dan gula batu sebagai pemanis. Kombinasi bahan tersebut dipercaya bisa meningkatkan sistem kekebalan, sehingga tubuh akan lebih kuat untuk menangkal serangan penyakit.

Khasiat wedang uwuh untuk kesehatan

Bahan-bahan alami yang terdapat pada wedang uwuh memiliki manfaatnya masing-masing. Bukan sekadar anggapan dan perkiraan, komposisi rempah pada wedang uwuh telah diuji dan diteliti oleh sejumlah pakar. Berikut tujuh khasiat wedang uwuh untuk kesehatan yang perlu kamu tahu.

1. Meningkatkan sistem imun

Khasiat wedang uwuh yang pertama adalah bisa membantu meningkatkan sistem imun. Ini tak lepas dari komposisi jahe yang ada di dalamnya. Jahe, terutama yang berwarna merah, memiliki senyawa gingerol dan shogaol cukup tinggi. Keduanya berfungsi sebagai antioksidan alami bagi tubuh.

Saat daya tahan tubuh meningkat, sistem imun juga akan lebih optimal dalam melakukan perlawanan terhadap serangan zat asing dari luar, seperti virus dan bakteri.

2. Mengatasi peradangan

Selain meningkatkan kekebalan, jahe pada wedang uwuh juga berperan sebagai antiinflamasi. Artinya, minuman ini dapat digunakan untuk mengatasi peradangan. Bukan hanya yang ringan, senyawa antiinflamasi tersebut bahkan diyakini bisa meredakan peradangan di paru-paru.

Tak salah jika Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menggunakan jahe sebagai bahan utama pada imunomodulator untuk penanganan pasien COVID-19.

3. Mencegah penyakit degeneratif

Percaya atau tidak, ternyata wedang uwuh bisa meminimalkan risiko berbagai penyakit degeneratif, lho. Penyakit degeneratif adalah gangguan kesehatan yang muncul akibat faktor usia.

Menurut sebuah publikasi di Perpustakaan Kedokteran Nasional Amerika Serikat, kandungan fenolik pada jahe dapat menghambat aktivitas enzim asetilkolinesterase di dalam tubuh. Enzim inilah yang bertanggung jawab atas beberapa penyakit degeneratif, misalnya alzheimer.

Baca juga: Mengenal Penyakit Degeneratif yang Umum Dialami Lansia, Apa Saja?

4. Menurunkan kadar kolesterol

Kolesterol bisa persempit pembuluh darah. Sumber foto: www.esdoctor.com

Khasiat wedang uwuh berikutnya adalah dapat menjaga kadar kolesterol. Dilansir dari Health Day, cengkeh yang ada pada wedang uwuh bisa membantumu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam darah.

Hebatnya, tidak ada efek samping yang ditimbulkan untuk kolesterol baik (HDL). Kolesterol jahat di dalam darah perlu dikontrol, karena bisa memicu pembentukan plak di dinding pembuluh darah.

Saat aliran darah terganggu, otomatis jantung dipaksa bekerja lebih keras. Lama-kelamaan, kondisi ini bisa menurunkan fungsi terbaik organ tersebut.

5. Antibiotik alami

Salah satu khasiat wedang uwuh yang jarang diketahui adalah efektivitasnya sebagai antibiotik alami.

Mengutip The Health Site, serutan kayu secang pada wedang uwuh memiliki sifat antibakteri. Ini tak lepas dari berbagai kandungan di dalamnya seperti flavonoid, polifenol, brazilin, saponin, dan tanin.

Kandungan-kandungan tersebut juga efektif untuk menekan reaksi alergi yang muncul pada kulit.

6. Mengatasi masalah pencernaan

Khasiat dari wedang uwuh berikutnya adalah membantu mengatasi masalah pencernaan. Menurut sebuah penelitian pada 2015, hal tersebut tak lepas dari senyawa yang ada pada kayu manis.

Kayu manis dapat menekan gas berlebih di dalam lambung seperti karbon dioksida. Dengan rajin minum wedang uwuh, kamu bisa meminimalkan terjadinya kembung, mual, begah, masuk angin, dan masalah pencernaan lainnya.

Baca juga: Daftar Penyakit Sistem Pencernaan Manusia yang Umum Dialami, Yuk Simak Ulasannya!

7. Menstabilkan tekanan darah

Khasiat wedang uwuh yang terakhir adalah membantu menstabilkan tekanan darah. Sebuah riset yang dilakukan di Iran pada 2019 memaparkan, senyawa pada jahe berperan aktif dalam mengendurkan pembuluh darah serta menjaga sirkulasinya.

Kandungan felonik pada kayu manis juga dapat membantu menjaga kadar gula dalam darah, sehingga sirkulasinya bisa tetap stabil.

Nah, itulah tujuh khasiat wedang uwuh untuk menyehatkan badan. Kamu bisa minum wedang tersebut dalam kondisi hangat untuk mendapatkan sensasi melegakan. Tetap jaga kesehatan, ya!


Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. LIPI, diakses 30 Agustus 2020, Khasiat Jahe Merah.
  2. The Health Site, diakses 30 Agustus 2020, 6 health benefits of sappanwood or pathimugham.
  3. Health Day, diakses 30 Agustus 2020, Cinnamon, Cloves May Spice Up Health.
  4. Detikcom, diakses 30 Agustus 2020, Wedang Uwuh, Begini Cara Membuat dan Khasiatnya bagi Tubuh.
  5. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 30 Agustus 2020, Does ginger supplementation lower blood pressure? A systematic review and meta-analysis of clinical trials.
  6. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 30 Agustus 2020, Cinnamon: Mystic powers of a minute ingredient.
  7. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 30 Agustus 2020, Ginger (Zingiber officinale Roscoe) in the Prevention of Ageing and Degenerative Diseases: Review of Current Evidence.

    register-docotr