Diet dan Nutrisi

Ketagihan Mi Instan? Ketahui Cara-cara Tepat untuk Mengatasinya!

September 1, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Mi instan telah menjadi salah satu makanan favorit banyak orang, namun nyatanya bisa berdampak buruk bagi kesehatan jika dikonsumsi berlebihan lho!

Ya, ketagihan makanan merupakan kondisi ketika seseorang tidak bisa mengontrol diri seberapa keras mereka mencoba.

Kecanduan makanan bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius apabila tidak segera dihentikan. Nah, untuk menghindari kondisi tersebut yuk simak berikut beberapa cara tepat untuk mengatasi ketagihan mi instan.

Baca juga: Tips Mudah Bikin Rumah Aman untuk Balita dan Anak Bermain Seharian

Bagaimana cara tepat mengatasi ketagihan mi instan?

Dilansir Healthline, ketagihan makanan mirip dengan beberapa gangguan lain termasuk gangguan makan berlebihan, bulimia, serta makan berlebihan kompulsif. Oleh karena itu, banyak orang mulai melakukan penyembuhan dari kecanduan makanan namun tetap sulit dilakukan.

Kecanduan makanan bukan disebabkan oleh kurangnya kemauan, akan tetapi disebabkan oleh sinyal dopamin yang memengaruhi biokimia otak. Makanan cepat saji seperti mi instan memiliki efek kuat pada pusat otak yang disebabkan oleh neurotransmitter seperti dopamin.

Penanganan masalah kecanduan makanan biasanya menjadi tantangan seumur hidup. Hal ini dikarenakan otak membutuhkan waktu untuk menyeimbangkan kembali nutrisi dalam tubuh selama perawatan diri.

Nah, agar lebih mudah dilakukan berikut beberapa tips mengatasi kecanduan mi instan yang perlu diketahui:

1. Hentikan secara perlahan

Kecanduan mi instan harus segera dihentikan karena bisa memengaruhi kesehatan, termasuk obesitas. Nah, cara mengatasi kecanduan mi instan yang wajib diketahui adalah menghentikan kebiasaan tersebut secara perlahan.

Jangan pernah mencoba untuk langsung berhenti makan mi instan sama sekali karena justru bisa membuat rasa ingin bertambah besar.

Untuk itu, sebaiknya jika kamu mengonsumsi mi instan setiap hari, maka hentikan secara perlahan dengan mengurangi frekuensinya menjadi dua kali seminggu.

Jika sudah berhasil, maka lanjutkan dengan membatasi konsumsi mi instan sekali seminggu. Lakukanlah sampai kamu terbiasa menahan diri sehingga ketika muncul keinginan mi instan bisa ditahan.

2. Tidak menyimpan mi instan di rumah

Rasa ingin terus mengonsumsi mi instan sehingga menyebabkan kecanduan bisa dihentikan dengan tidak memiliki persediaan makanan tersebut di rumah. Biasanya, keinginan makan mi instan bisa menghilang setelah beberapa saat atau ketika sudah mengonsumsi makanan lainnya.

Selain itu, cara menghilangkan rasa ingin mengonsumsi mi instan adalah dengan minum banyak air putih. Perlu diketahui, tubuh sering salah mengira lapar sebagai haus dan tidak cukup minum air akan mengakibatkan makan berlebihan.

Air mendukung setiap fungsi dalam tubuh dan sangat diperlukan untuk kesehatan serta kebugaran yang optimal. Maka dari itu, segera ubah kebiasaan kamu dengan mengonsumi dua gelas air di antara waktu makan. 

3. Luangkan waktu untuk berolahraga

Langkah terbaik mengatasi ketagihan akibat mi instan adalah dengan meluangkan waktu untuk berolahraga setiap hari. Pilihlah jenis olahraga yang kamu sukai seperti berjalan santai, menari, yoga, berenang, atau bersepeda.

Mengintegrasi 30 hingga 40 menit peregangan dan olahraga secara rutin setiap hari bisa membantu mengurangi keinginan untuk makan. Gerakan melepaskan endorfin ketika berolahraga akan meningkatkan mood serta membantu tidur menjadi lebih nyenyak.

Olahraga harian dapat mendukung setiap fungsi tubuh yang diperlukan untuk mendapatkan kesehatan optimal. Untuk itu, segera lakukan kebiasaan berolahraga ini guna membantu mengatasi kecanduan serta meningkatkan kesehatan tubuh.

4. Cukup kebutuhan tidur dan istirahat

Kurang tidur bisa menyebabkan munculnya masalah stres dan berujung pada kecanduan makanan. Ketika tubuh lelah, makanan yang mengandung gula atau junk food akan dipilih karena dapat meningkatkan energi meski hanya sementara sehingga memberi efek kecanduan.

Nah, untuk mengatasinya maka kamu perlu menciptakan rutinitas bersantai di malam hari dan matikan semua perangkat elektronik satu jam sebelum waktu tidur.

Biasakan juga untuk tidur di ruangan yang tenang dan tanpa lampu karena dapat membantu tubuh bergerak lebih cepat menuju relaksasi total.

Baca juga: Jangan Diabaikan, Ketahui Faktor-faktor Penyebab Kaki Sering Kram Berikut Ini!

5. Pertimbangkan untuk mencari bantuan konsultan

Kebanyakan orang yang memiliki masalah kecanduan berusaha keras dengan caranya sendiri untuk berhenti meski membutuhkan butuh waktu panjang. Namun, terkadang tak jarang banyak yang menyerah karena terlalu sulit untuk dilakukan tanpa pendamping.

Oleh karena itu, cara tepat yang bisa kamu lakukan adalah bertemu dengan psikolog atau psikiater berpengalaman untuk menangani kecanduan makanan. Periksakanlah secara rutin bersama ahlinya agar kecanduan makan mie instan tersebut bisa menghilang total.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline (2019), diakses 31 Agustus 2020. How to Overcome Food Addiction
  2. Rivermend Health, diakses 31 Agustus 2020. 5 Ways to Help If You Think You Have a Food Addiction
  3. Foodaddictionresearch.org, diakses 31 Agustus 2020. How do I heal from food addiction?
    register-docotr