Diet dan Nutrisi

Kedelai Bisa Bantu Diet Sehatmu, Ini Fakta dan Tips Konsumsinya!

September 24, 2020 | Arianti Khairina | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Ketika kamu sedang melakukan program diet, tentu saja asupan makanan adalah salah satu yang menjadi faktor keberhasilannya. Tahukah kamu kedelai menjadi makanan yang bisa membantu menjaga berat badan? 

Manfaat kedelai 

Dilansir dari Healthline, kedelai atau kacang kedelai adalah sejenis kacang-kacangan asli Asia timur. Kedelai adalah komponen penting dari makanan Asia dan telah dikonsumsi selama ribuan tahun. 

Berbagai produk kedelai tersedia, antara lain tepung kedelai, protein kedelai, tahu, susu kedelai, kecap, dan minyak kedelai. Kedelai mengandung antioksidan dan fitonutrien yang memiliki berbagai manfaat kesehatan. 

Perlu kamu ketahui bahwa orang-orang yang mengikuti diet rendah kalori dengan cara makan biji-bijian empat kali dalam seminggu ternyata secara signifikan mengalami penurunan berat badan setelah empat minggu.

Ketika kamu melakukan diet, akan lebih efektif saat mengonsumsi biji-bijian salah satunya kedelai yang mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan.

Kandungan tersebut mampu mengurangi inflamasi di dalam tubuh yang berhubungan dengan pemicu obesitas. Ketika tubuh bisa memulihkan diri dari berbagai inflamasi, maka tubuh akan mendukung penurunan berat badan alami dan sehat.

Berikut ini beberapa manfaat mengonsumsi kedelai dilansir dari Healthline:

  1. Meningkatkan kesehatan jantung
  2. Dapat membantu menurunkan berat badan
  3. Dapat meningkatkan kesehatan tulang
  4. Dapat membantu meringankan gejala menopause
  5. Dapat mencegah faktor risiko kanker

Benarkah kedelai dapat menurunkan berat badan? 

Melansir penjelasan Science Daily, penelitian menunjukkan bahwa ketika konsumsi kedelai meningkat, justru berat badan akan menurun. Kandungan kedelai sebagian besar terdiri dari protein tetapi juga mengandung karbohidrat dan lemak dalam jumlah yang cukup.

Berikut ini fakta nutrisi untuk 3,5 ons (100 gram) kedelai rebus adalah:

  • Kalori: 173
  • Air: 63%
  • Protein: 16,6 gram
  • Karbohidrat: 9,9 gram
  • Gula: 3 gram
  • Serat: 6 gram
  • Lemak: 9 gram
  • Lemak jenuh: 1,3 gram
  • Lemak tak jenuh tunggal: 1,98 gram
  • Lemak tak jenuh ganda: 5,06 gram
  • Omega-3: 0,6 gram
  • Omega-6: 4,47 g

Kedelai adalah salah satu sumber protein nabati terbaik. Kandungan protein kedelai yaitu 36–56% dari berat. Satu cangkir (172 gram) kedelai rebus mengandung sekitar 29 gram protein. Nilai gizi protein kedelai tergolong baik, meski kualitasnya tidak setinggi protein hewani.

Jenis protein utama dalam kedelai adalah glycinin dan conglycinin, yang menyusun sekitar 80% dari total kandungan protein. Protein ini dapat memicu reaksi alergi pada beberapa orang. Konsumsi protein kedelai telah dikaitkan dengan sedikit penurunan kadar kolesterol. 

Kedelai diklasifikasikan sebagai biji minyak dan digunakan untuk membuat minyak kedelai. 

Kandungan lemaknya kira-kira 18% dari berat kering terutama asam lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal, dengan sedikit lemak jenuhnya. Jenis lemak yang dominan dalam kedelai adalah asam linoleat, yang mencapai sekitar 50% dari total kandungan lemak.

Cara menurunkan berat badan dengan kacang kedelai

Pola makan harian yang sehat dan seimbang mencakup karbohidrat, protein, dan lemak, adalah salah satu cara diet yang baik.

Demi menurunkan berat badan sebanyak satu pon, kamu perlu membakar sekitar 3.500 kalori, yang membutuhkan pengurangan kalori dan olahraga sedang secara teratur.

Tak hanya itu saja menambahkan makanan rendah kalori seperti kedelai ke dalam diet dapat mempermudah penurunan berat badan. Satu porsi setengah cangkir kedelai segar dan kalengan mengandung 14,3 gram protein, 8,5 gram karbohidrat, 7,7 gram lemak, dan 149 kalori.

Berikut beberapa cara mengolah kedelai untuk dikonsumsi saat diet seperti dilansir dari Chron:

  • Masak perlahan cabai rendah karbohidrat dan rendah lemak dengan kacang kedelai hitam dan tahu.
  • Masukkan kedelai hijau segar, yang disebut edamame, ke dalam semur, sup, kari, dan salad Anda. Kedelai segar ini tinggi protein dan serat serta rendah lemak, yang akan membantu Anda menurunkan berat badan.
  • Kukus kedelai hijau segar untuk membuat camilan edamame yang renyah. Masukkan kacang ke dalam taburan garam laut dan nikmati sebagai camilan yang menyehatkan. Makanlah makanan gurih ini daripada camilan tinggi lemak dan kalori tinggi seperti keripik.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline.com (2019) diakses pada 23 September 2020. Soybeans 101: Nutrition Facts and Health Effects
  2. Healthline.com (2019) diakses pada 23 September 2020. 6 Impressive Benefits of Soy Nuts
  3. Livehealthy.chron.com (2020) diakses pada 23 September 2020. How to Lose Weight with Soybeans
  4. Sciencedaily.com (2007) diakses pada 23 September 2020. How Does Soy Promote Weight Loss?
    register-docotr