Diet dan Nutrisi

Jangan Dikonsumsi saat Ramadan Saja, Ini 10 Manfaat Kurma untuk Kesehatan

September 16, 2020 | Husni Efendi | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Kurma mungkin identik dengan bulan Ramadan, dan biasanya menjadi kudapan saat berbuka puasa. Tapi tidak ada salahnya mengonsumsi kurma selain di bulan suci, karena kurma ternyata banyak menyimpan manfaat untuk kesehatan.

Kurma adalah buah kering manis dan kenyal berwarna kecoklatan (phoenix dactylifera), buah kering ini adalah bahan umum dalam proses pembuatan beberapa makanan. Khasiat sari kurma sangatlah tinggi. Hal ini yang menjadikan kurma ideal sebagai penambah energi yang sehat.

Kurma juga memiliki zat besi yang tinggi dan bisa membantu melawan anemia. Kurma sekarang populer di seluruh dunia dan digunakan sebagai pemanis alami dalam smoothie, jus, bar nutrisi, dan produk panggang seperti kue dan muffin.

Baca Juga: Fatty Liver Adalah Silent Killer Berbahaya, Kenali Gejala, Penyebab dan Cara Pengobatannya!

Jenis-jenis kurma

Di pasaran, ada berbagai macam bentuk kurma yang bisa kamu temukan. Rata-rata kurma bisa dibagi ke dalam tiga tipe yakni yang lembut (lembap), semi-kering dan kering.

Nah untuk mengenalnya lebih lanjut, berikut ini ada penjelasan mengenai jenis-jenis kurma.

  1. Kurma Medjool. Jenis kurma ini adalah yang paling populer. Kandungan airnya tinggi, ukurannya besar dan dagingnya lembut.
  2. Kurma Adjwa. Jenis kurma ini memiliki tekstur daging buah yang lebih kering, berwarna hitam pekat dan mengandung banyak vitamin.
  3. Kurma Degleet noor. Jenis kurma ini teksturnya lebih kering, kencang, serta bentuknya memanjang. Warnanya juga cenderung ke arah kuning.
  4. Kurma Barhi. Jenis kurma ini merupakan kurma yang paling manis dan paling lembut. Rasa dagingnya adalah manis dengan sedikit pahit.
  5. Kurma Zahidi. Jenis kurma ini teksturnya semi-kering, warnanya kuning keemasan serta memiliki kulit yang berkilau.
  6. Kurma Khadarwi. Jenis kurma ini memiliki rasa yang tidak terlalu manis, warnanya oranye kecoklatan. Tekstur dagingnya terasa lebih keras.
  7. Kurma Halawy. Jenis kurma ini memiliki rasa manis seperti madu, teksturnya lembut serta warnanya coklat keemasan.
  8. Kurma Thoory. Jenis kurma ini memiliki tekstur keras, kering, mirip kacang dan rasanya manis.
  9. Kurma Dayri. Jenis kurma ini teksturnya lembut, aromanya kuat serta berwarna coklat kehitaman.
  10. Kurma Ruthab. Jenis yang satu ini paling dikenal sebagai kurma untuk ibu hamil. Rasanya tidak begitu manis, teksturnya renyah serta memiliki warna kuning keemasan.

Sebenarnya masih banyak jenis-jenis kurma di luar sana. Setidaknya tercatat bahwa ada 1500 jenis kurma yang dikelompokkan berdasarkan kandungan gula di dalamnya, bentuk, serta ukurannya.

Manfaat kurma untuk kesehatan tubuh

Banyak hal yang membuat kurma menjadi kudapan istimewa, karena kurma mempunyai sejumlah besar manfaat untuk kesehatan. Inilah alasan dan manfaat kenapa kurma bagus untuk kamu konsumsi.

1. Mempunyai nilai gizi tinggi

manfaat kurma
Manfaat kurma untuk kesehatan. Sumber Foto: food.ndtv.com

Dengan mengonsumsi satu buah kurma sehari, bagus untuk kamu yang sedang menjalani diet sehat dan seimbang. Ini tidak mengherankan karena kurma kaya akan vitamin, mineral, dan serat.

Satu studi menyimpulkan bahwa kurma hampir merupakan makanan yang ideal karena mengandung berbagai nutrisi penting dan manfaat kesehatan potensial.

2. Pengisi kadar gula alami tubuh

Ketika gula darah kamu rendah, biasanya kamu akan cenderung merasa lapar. Ini adalah persoalan, karena bisa menyebabkan kamu bernafsu mengonsumsi makanan secara berlebihan. Untungnya, nutrisi yang kaya akan gula alami ini ditemukan dalam kurma.

Karena kurma dapat dengan cepat mengisi kembali kadar gula darah untuk mengurangi rasa lapar. Jadi, sangat dirokemandasikan kurma dikonsumsi sebelum kamu makan makanan yang berat.

3. Meningkatkan energi

Kurma dapat memberikan kamu alternatif sebagai makanan yang bisa memberikan energi. Tentu kamu membutuhkannya saat beraktivitas.

Karena kurma mengandung banyak gula alami seperti glukosa, fruktosa dan sukrosa. Hal tersebut dapat dengan cepat meningkatkan energi dalam tubuh kamu, sehingga kamu tidak cepat merasa lemas.

4. Menjaga kesehatan usus

Kurma dikemas dengan kaya serat. Serat ini membantu metabolisme tubuh kamu dalam memindahkan hasil makanan dalam perut, karena hal tersebut membantu kerja usus untuk mencegah sembelit.

Kurma juga dapat meningkatkan pergerakan usus yang sehat. Ini juga bisa sebagai pencahar yang dapat membantu mereka yang sedang menderita sembelit.

5. Kaya magnesium

Keunggulan kurma yang lain adalah kaya magnesium. Kandungan magnesium sendiri telah membuktikan bisa untuk mengurangi peradangan, serta risiko penyakit terkait peradangan, seperti penyakit kardiovaskular, dan radang sendi.

6. Memperkuat tulang

Kurma juga mengandung selenium, mangan, tembaga, dan magnesium. Semua mineral ini membantu kamu menjaga dan memelihara tulang yang sehat, sekaligus melindungi dari osteoporosis.

7. Meningkatkan kesehatan jantung

Kurma juga kaya akan kalium, yang membantu dalam proses mengendalikan detak jantung dan tekanan darah kamu. Ini penting untuk sistem tubuh yang vital seperti jantung, otak, dan ginjal agar berfungsi dengan baik.

Jika tekanan darah kamu bagus, tentu hal tersebut bisa mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung lainnya, sehingga makan kurma secara teratur dapat meningkatkan kesehatan jantung kamu.

8. Meningkatkan kesehatan mata

Makan satu buah kurma sehari, bisa membantu kamu menjaga kesehatan mata dan melindungi dari rabun.

Alasan di balik ini adalah karena kurma mengandung vitamin A, beta karoten, lutein, dan xanthin dalam jumlah yang sehat, yang sangat penting untuk penglihatan sehat dan dapat membantu mencegah degenerasi makula.

9. Mencegah beberapa bentuk kanker

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kurma mengandung selenium. Mineral ini dipercaya dapat mencegah beberapa bentuk kanker.

Kurma juga telah ditemukan untuk mengobati kanker perut, serta melindungi paru-paru dan mulut karena kandungan vitamin A yang terkandung di dalamnya.

10. Mengobati anemia

Zat besi adalah komponen hemoglobin dalam sel darah merah dan menentukan berapa banyak oksigen yang ada dalam darah. Kurma mengandung zat besi dalam jumlah tinggi.

Mengonsumsi kurma merupakan cara yang bagus untuk mengobati kekurangan zat besi secara alami seperti anemia.

Baca Juga: Mengenal Operasi Hernia, dan Berapa Kisaran Biayanya?

Khasiat sari kurma untuk ibu hamil

Kurma juga menjadi buah yang banyak direkomendasikan pada ibu hamil karena memiliki sederet khasiat yang mendukung kesehatan janin maupun ibu. Baik semasa kehamilan hingga proses persalinan.

Berikut adalah penjelasan khasiat sari untuk ibu hamil secara lebih spesifik.

Membantu mencegah bayi cacat lahir

Kurma merupakan sumber folat yang baik. Folat dapat mencegah cacat bawaan yang berkaitan dengan otak dan sumsum tulang belakang.

Menjaga keseimbangan garam air

Kurma mengandung kalium, yang menjaga keseimbangan garam air. Hal ini penting bagi ibu hamil karena dapat membantu mengatur tekanan darah dan menghindari kram otot. 

Mengurangi risiko anemia

Kurma mengandung sejumlah zat besi dan dapat membantu mencegah anemia selama kehamilan. Di samping itu zat besi juga menjaga hemoglobin (protein darah) dalam tubuh dan memperkuat kekebalan sang ibu maupun bayi. 

Membantu proses melahirkan

Penelitian menunjukkan bahwa makan kurma selama beberapa minggu terakhir kehamilan dapat memberikan efek positif saat proses melahirkan. Pasalnya konsumsi buah kurma dapat membantu pematangan serviks sehingga mengurangi durasi persalinan. 

Dalam kata lain, kurma secara tidak langsung dapat menjadi induksi alami karena mampu mengurangi kebutuhan oksitosin dan prostaglandin. 

Memberi energi saat melahirkan 

Kandungan gula yang tinggi dalam kurma dapat memberikan energi selama proses persalinan. Di samping itu makan kurma dapat meringankan persalinan serta mengurangi insiden perdarahan postpartum.

Membantu produksi ASI

Tidak hanya sampai proses melahirkan, khasiat sari kurma juga bisa dirasakan saat ibu mulai menyusui. Kurma dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan ibu untuk menghasilkan ASI.

Setelah kamu tahu manfaat kurma untuk kesehatan, tidak ada salahnya kamu mengonsumsi kurma sebagai pengganti kudapan yang kurang sehat. Mengosumsi kurma untuk menjadi alternatif makanan sehat juga layak untuk kamu masukkan dalam daftar belanja.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
    register-docotr