Diet dan Nutrisi

Tak Hanya Populer Dijadikan Bahan Olahan Makanan, Ini Manfaat Toge untuk Kesehatan

July 5, 2020 | Nik Nik Fadlah
feature image

Siapa yang tidak kenal dengan sayuran yang satu ini, toge. Sayuran kecil ini sering dimasukan ke dalam berbagai macam olahan makanan. Namun tahukah kamu bahwa toge menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan?  Apa saja manfaat toge untuk kesehatan?

Toge sendiri pada dasarnya merupakan benih yang telah tumbuh dan telah dibudidayakan sejak zaman kuno.

Baca Juga: Penuh Serat dan Protein, Ini Mengapa Quinoa Wajib Masuk dalam Diet Harian Kamu

Kandungan nutrisi toge

Toge memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Kandungan nutrisi itulah yang menjadi alasan utama mengapa toge memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Dilansir dari Healthline, berikut adalah kandungan nutrisi dari satu cangkir (7 ons atau 2020 gram) benih toge.

  • Kalori: 212 gram
  • Lemak: 0,8 gram
  • Protein: 14,2 gram
  • Karbohidrat: 38,7 gram
  • Serat: 15,4 gram
  • Folat (B9): 80% dari AKG
  • Mangan: 30% dari AKG
  • Magnesium: 24% dari AKG
  • Vitamin B1: 22% dari AKG
  • Fosfor: 20% dari AKG
  • Zat besi: 16% dari AKG
  • Tembaga: 16% dari AKG
  • Kalium: 15% dari AKG
  • Zinc: 11 % dari AKG
  • Vitamin B2, B3, B5, B6, dan selenium

Toge juga merupakan salah satu protein nabati terbaik. Mereka kaya akan kandungan asam amino esensial, seperti fenilalanin, leusin, isoleusin, valin, lisin, arginin, dan lain sebagainya.

Baca juga: Bisa Dijadikan Camilan Sehat, Ini 6 Manfaat Kacang Almond Bagi Tubuh

Apa manfaat toge untuk kesehatan?

Selain sering dijadikan bahan olahan makanan. Sayuran kecil ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Dilansir dari Smilizer, berikut adalah manfaat toge untuk kesehatan yang perlu kamu tahu.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Salah satu manfaat toge untuk kesehatan yang paling baik adalah mereka bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sistem kekebalan tubuh adalah apa yang membuatmu tetap fit, sehat, dan bebas dari penyakit. Jika kamu memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, kamu akan rentan terhadap berbagai macam serangan penyakit.

Sistem kekebalan tubuh dapat ditingkatkan dengan vitamin, mineral, antioksidan, dan nutrisi lain yang dimiliki oleh toge.

2. Baik untuk kesehatan pencernaan

Manfaat toge untuk kesehatan lainnya adalah mereka sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Toge kaya akan serat makanan yang membantu mendorong kesehatan pencernaan yang optimal.

Serat membantu penyerapan nutrisi aktif dari makanan yang kamu konsumsi, ditambah lagi ini memungkinkan kamu untuk menghindari masalah pencernaan seperti gangguan pencernaan jangka panjang atau yang disebut irritable bowel syndrome (IBS) dan refluks asam lambung.

3. Manfaat toge untuk kesehatan yakni menambah energi

Toge dikemas penuh dengan kandungan vitamin B. Vitamin B memiliki peranan yang penting untuk metabolisme seseorang, dalam artian bahwa vitamin B dapat meningkatkan sistem metabolisme.

Metabolisme bertanggung jawab untuk mengambil kalori, baik dari makanan yang kamu konsumsi ataupun dari lemak tubuh yang tersimpan. Kemudian mereka mengubahnya menjadi energi.

Maka dari itu, jika kamu merasa lelah dan lesu, satu porsi toge segar dapat membuatmu lebih bersemangat.

4. Meningkatkan sirkulasi darah

Sirkulasi yang bagus berarti dapat membantu untuk mengoptimalkan oksigen dan transportasi makanan di dalam tubuh. Ini juga membantu dalam meningkatkan kadar energi, performa atletis, dan pada dasarnya menjaga semua bekerja dengan benar sebagaimana seharusnya.

Nah inilah manfaat toge untuk kesehatan yakni bisa meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini karena kandungan zat besi yang dimiliki toge.

Zat besi memiliki peranan penting di dalam produksi hemoglobin dan sel-sel darah merah, yang pada dasarnya mengantarkan oksigen dan makanan di seluruh tubuh melalui aliran darah yang diberikan kepada sel-sel tubuh.

Baca Juga: Sambung Bulu Mata demi Mata Indah: Eits, Waspadai Efek Sampingnya Bisa Picu Gatal hingga Infeksi

5. Manfaat toge untuk kesehatan untuk mengatasi rasa lelah

Apakah kamu pernah merasa lelah dan lesu tanpa sebab yang jelas? Jika kamu pernah mengalaminya hal ini mungkin saja disebabkan oleh kurangnya zat besi atau vitamin B.

Pada umumnya, seseorang yang kekurangan zat besi atau vitamin B akan mengonsumsi suplemen atau bahkan menerima suntikan nutrisi untuk membuat tubuh mereka merasa lebih baik.

Sebaiknya jika kamu mengalami kekurangan nutrisi seperti zat besi atau vitamin B jangan langsung memutuskan kedua tindakan tersebut untuk memenuhi nutrisimu.

Sebaliknya kamu dapat mencoba terlebih dahulu untuk mengonsumsi toge. Hal tersebut dikarenakan toge kaya akan kandungan zat besi dan vitamin B.

Manfaat toge untuk kesehatan memang banyak sekali. Tidak heran jika sayuran ini menjadi bahan favorit dalam olahan makanan. Tak ada salahnya lho kamu memasukan toge ke dalam olahan makananmu untuk mendapatkan manfaat yang telah disebutkan di atas.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline (2018). Diakses pada 27 Juni 2020. 10 Impressive Health Benefits of Mung Beans 

Smilizer (2020). Diakses pada 27 Juni 2020. 16 Health Benefits of Bean Sprouts

    register-docotr