Diet dan Nutrisi

8 Makanan yang Dipercaya Dapat Meningkatkan Libido, Apa Saja?

July 7, 2020 | Nik Nik Fadlah
feature image

Libido merupakan istilah yang digunakan terkait gairah dan aktivitas seksual. Salah satu cara untuk meningkatkan libido yakni dengan mengonsumsi makanan tertentu. Lalu, apa saja makanan untuk meningkatkan libido?

Ya, libido yang dimiliki oleh masing-masing orang berbeda dan tidak dapat disamakan. Namun tak perlu khawatir, karena libido dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi makanan ini.

Pilihan makanan untuk meningkatkan libido

Libido memang dapat juga ditingkatkan dengan mengatur pola hidup agar lebih sehat dan rajin berolahraga. Jika kamu malas berolahraga atau tidak memiliki waktu untuk berolahraga kamu dapat melakukan cara lainnya, yakni dengan mengonsumsi makanan tertentu.

Cara ini merupakan cara termudah yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan libido. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah makanan untuk meningkatkan libido.

Baca juga: Bisa Dijadikan Camilan Sehat, Ini 6 Manfaat Kacang Almond Bagi Tubuh

1. Kacang kenari

Kacang kenari kaya akan kandungan asam lemak omega-3 esensial, hal ini menjadikannya sumber lemak sehat yang baik dan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Tak hanya itu saja, lemak sehat yang terkandung di dalam kacang kenari juga dapat meningkatkan gairah seks.

Hal tersebut dikarenakan asam lemak membantu untuk meningkatkan arginin, yakni asam amino yang membantu mengendurkan pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi untuk mendukung gairah seks.

2. Ginseng merah

Ginseng, khususnya ginseng merah juga merupakan salah satu makanan yang dapat membantu libido rendah dan meningkatkan fungsi seksual.

Tak hanya itu saja, ginseng merah juga dapat meningkatkan produksi oksida nitrat, yakni senyawa yang membantu sirkulasi darah dan membantu otot-otot di penis rileks.

Namun jika kamu ingin mengonsumsi ginseng merah kamu harus berhati-hati, karena ginseng merah dapat menimbulkan efek samping tertentu, seperti sakit kepala dan sakit perut. Ginseng juga dapat berinteraksi dengan obat-obatan pengencer darah.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk mengonsumsi ginseng, sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu pada dokter.

3. Asparagus

Tak hanya memiliki rasa yang lezat, asparagus juga sangat bergizi karena memiliki kandungan folat yang tinggi. Folat bertanggung jawab untuk produksi histamin, yang merupakan bahan kimia yang dikeluarkan tubuh selama orgasme.

4. Pala, kayu manis, dan cabai rawit

Bumbu tidak hanya berfungsi sebagai penyedap rasa pada makanan saja, tetapi juga memiliki fungsi lain, salah satunya adalah dapat meningkatkan libido.

Sejak zaman kuno, banyak rempah-rempah seperti pala dan kayu manis telah digunakan sebagai bumbu pada makanan untuk meningkatkan gairah seksual.

Taburan cabai rawit juga dapat menambahkan rasa pada makanan, yang pada gilirannya dapat menghasilkan panas dan meningkatkan sirkulasi di dalam tubuh.

5. Cokelat

Tak hanya manis dan sering dijadikan camilan saja, cokelat juga dapat meningkatkan libido, lho!

Cokelat memiliki kandungan kokoa yang kaya akan phenylethylamine, yakni senyawa yang merangsang pelepasan hormon seperti endorfin dan dopamin.

Ketika senyawa tersebut melewati pembuluh darah, itu membuatmu merasa lebih baik dan dapat menurunkan hambatan ketika melakukan seks.

6. Semangka

Semangka dikenal sebagai buah yang dapat menyegarkan tubuh, maka tidak heran jika banyak minuman segar yang dibuat dengan buah semangka. Buah tropis yang memiliki kandungan air tinggi ini tak hanya mampu untuk membantu mengisi cairan di dalam tubuh saja.

Semangka memiliki kandungan citrulline yang tinggi, yakni senyawa yang mendukung relaksasi pembuluh darah dan mendorong aliran darah untuk mendapatkan gairah seksual yang lebih baik.

7. Pisang

Pisang merupakan sumber potasium dan mineral yang penting untuk relaksasi otot. Relaksasi otot merupakan kunci sukses untuk seks yang baik.

Bukan hanya sebagai sumber potasium dan mineral saja, pisang juga mengandung senyawa yang membantu menghasilkan testoteron, yang telah terbukti meningkatkan gairah seks pada wanita.

8. Tiram

Makanan lainnya yang dapat kamu konsumsi untuk meningkatkan libido adalah tiram. Tiram merupakan salah satu makanan peningkat libido yang paling populer dikonsumsi oleh pria.

Tak hanya memiliki kandungan zinc yang tinggi, yang digunakan untuk produksi sperma yang sehat, tiram juga memiliki kandungan asam amino yang memiliki efek pada kadar testosteron, yang dapat meningkatkan libido.

Jika kamu ingin meningkatkan gairah seksualmu, tak ada salahnya mengonsumsi makanan untuk meningkatkan libido yang sudah disebutkan di atas. Selain itu, kamu juga dapat berkonsultasi pada dokter terkait dengan masalah ini.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

E! (2019). Diakses pada 29 Juni 2020. 8 Suprising Foods That Will Boost Your Libido 

Healthline (2019). Diakses pada 29 Juni 2020. 7 Fascinating Foods and Supplements That Work Like Viagra

Medical News Today (2020). Diakses pada 29 Juni 2020. 10 Ways to Boost Libido 

News Medical Life Sciences. Diakses pada 29 Juni 2020. What Is Libido? 

    register-docotr