Diet dan Nutrisi

Ini 7 Tips Menu Lebaran Sehat yang Patut Kamu Coba

May 24, 2020 | Husni Efendi
feature image

Mengetahui tips menu lebaran sehat tentu penting untuk menjaga kesehatan kamu tetap fit bersama keluarga. Jangan sampai salah mengonsumsi makanan membuat momen lebaran jadi berantakan.

Nah, berikut sejumlah tips makanan sehat yang perlu kamu tahu sebelum mengonsumsinya.

Tips makan dan minum sehat saat Lebaran

1. Pastikan kamu makan dalam porsi kecil saja

Menyantap makanan besar dan berat hanya dengan sekali dapat menyebabkan masalah pencernaan. Ada baiknya, konsumsilah makanan ringan, mengingat saat lebaran kamu pasti tidak hanya makan di satu tempat teman atau saudara.

Makanan yang ringan membuat lebih mudah untuk dicerna dalam metabolisme tubuh. Mengontrol porsi makan saat bersilaturahmi lebaran, tentu juga bisa menjaga berat badan kamu tetap terkendali. Menumpuk makanan di piring hanya karena nafsu saja, tentu bukan alasan yang tepat.

Selain itu, agar tidak membuang-buang makanan, cobalah dengan sopan menolak makanan kedua saat disajikan. Cara lain dengan mengajak saudara atau teman berbincang-bincang. Sehingga kamu lebih berkonsentrasi pada percakapan dan tidak tergoda pada makanan.

2. Coba dan pilih makanan yang dimasak dengan metode sehat

Makanan yang digoreng dapat menarik selera kamu, tetapi makanan tersebut tidak baik untuk tubuh kamu. Gantilah dengan makanan yang  proses memasaknya dengan proses dipanggang atau dibakar.

3. Pastikan kamu mengonsumsi makanan yang rendah garam

Penelitian menunjukkan bahwa kelebihan garam tidak baik untuk kesehatan. Jangan pernah menambahkan garam, sebagai gantinya, pilihlah makanan dengan berbahan rempah-rempah seperti kemangi, peterseli, thyme, rosemary, bubuk ketumbar, merica, atau cabai.

Jangan menggunakan susu kental dalam jumlah besar dan berhati-hatilah dengan gula saat membuat kudapan manis.

4. Jangan berlebihan mengonsumsi daging

Perayaan Lebaran tentu identik dengan makanan non-vegetarian, tetapi pastikan bahwa itu tidak menjadi bagian utama dari konsumi sehat kamu. Daging sulit dicerna dan memiliki banyak kalori, coba dan lakukan pemotongan yang lebih ramping dan hindari mengonsumsi terlalu banyak.

5. Perbanyak konsumsi buah & sayuran

Mungkin salad bisa menjadi pilihan menu sehat saat lebaran, karena salad menyatukan berbagai buah dan sayuran segar bernutrisi dan tentu bagus untuk pencernaan.

Kamu juga bisa mencoba membuat sendiri dengan selada, tomat, paprika, mentimun, lobak, wortel dan jagung manis. Campurkan buah-buahan seperti apel, pir, jeruk, pepaya atau delima untuk menambahkan sedikit rasa manis.

Tanpa kamu sadari, cara terbaik untuk mengendalikan dan mengurangi nafsu makan adalah dengan makan terlebih dahulu. Sayuran yang dikemas dengan nutrisi dan serat juga akan membuat kamu merasa kenyang.

Sehingga kamu bisa mengerem makanan dengan kalori tinggi yang bisa mengurangi risiko kegemukan.

6. Minum minuman sehat

Kamu mungkin menyukai minuman bersoda dan gula. Jangan biarkan minuman tersebut terlalu banyak kamu minum. Saat konsumsi makanan yang kamu makan sudah sehat, tentu sayang jika kamu minum yang tidak sehat. Pilihannya kamu  bisa minum teh hijau, air kelapa, atau infused water.

Perlu kamu ingat minuman yang dipenuhi dengan gula tidak bermanfaat bagi tubuh kamu. Alih-alih meneguk segelas minuman yang manis yang menggoda, minum segelas air putih dingin dengan daun mint di dalamnya akan membuat pencernaan kamu jauh lebih baik.

7. Makanlah hidangan buatan keluarga sendiri

Mungkin saat lebaran kamu akan tergoda  pergi ke restoran untuk merayakannya, kurangi hal tersebut. Jadikan perayaan lebaran momen buat kamu dan keluarga untuk memakan makanan rumahan yang lebih murah dan sehat.

Seluruh tips menu lebaran sehat di atas adalah cara yang bisa kamu pakai, supaya tidak gelap mata setelah melihat berbagai macam hidangan saat lebaran tiba. Ingatlah ketika kamu kenyang, itu adalah isyarat supaya kamu berhenti makan.

Ketika perut tidak lagi siap menampung makanan, ia akan mengirimkan sinyal ke otak. Perhatikan sinyal tersebut. Setelah selesai, tinggalkan meja, jangan berlama-lama supaya kamu tidak tergoda untuk makan.

Selamat lebaran dan tetap jaga kesehatan.


Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

register-docotr